Bagikan!

Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar dan Cara Mengatasinya

penyebab pedal rem mobil bergetar

Bosque, pernah nggak waktu ngerem mobil, pedalnya jadi bergetar? Kalo iya, mungkin komponen rem mobil Bosque bermasalah, nih. Ini bahaya, lho. Soalnya, rem adalah bagian penting buat ngatur kecepatan selama perjalanan. Makanya, Bosque perlu tahu apa penyebab pedal rem mobil bergetar biar bisa mengatasinya.

Nah, ternyata ngecek alasan kenapa pedal rem mobil bergetar itu gampang, lho. Bahkan, bisa Bosque lakuin sendiri di rumah. Pengen tau caranya? Yuk, simak pembahasan ini selengkapnya!

Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar

Adanya getaran di pedal rem bisa jadi indikasi masalah mobil yang serius, makanya Bosque kudu paham dulu apa penyebab pedal rem mobil bergetar. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Cakram Aus atau Tidak Rata

Dalam pengereman mobil, cakram rem bertugas menerima gesekan dari bantalan rem. Lalu, energi kinetik bakal berubah jadi energi panas buat mengurangi kecepatan mobil. 

Sayangnya, kalo terlalu lama dipakai, cakram bisa aus atau jadi tidak rata karena gesekan saat pengereman. Jadi waktu menginjak pedal rem, getaran tersebut sangat terasa oleh kaki.

2. Roda Tidak Seimbang

Roda nggak seimbang juga bisa jadi penyebab pedal rem mobil bergetar saat diinjak, Bosque. Biasanya disebabkan oleh pemasangan ban yang nggak rata. Jadi, berat roda mobil jadi nggak seimbang. 

Buat tahu penyebab getaran karena roda yang nggak seimbang, Bosque bisa mengecek apakah kemudi dan pedal rem bergetar di saat yang sama waktu ngerem atau nggak.

3. Permasalahan pada Baut Kaliper

Kaliper jadi komponen mobil yang penting banget. Baut kaliper inilah yang akan ngepasin bantalan rem ke cakram roda. Kalo baut kaliper mengendur atau rusak, kaliper jadi nggak bisa terpasang dengan baik pada cakram. Akhirnya, pedal rem jadi bergetar saat diinjak. Makanya, baut kaliper harus dicek secara rutin, Bosque.

4. Permasalahan pada Pin Kaliper

Nggak cuma baut, pin kaliper juga jadi komponen yang penting saat pengereman. Kalau bagian ini aus dan kotor, maka bisa jadi penyebab pedal rem mobil bergetar

Pin kaliper sendiri berfungsi buat menggerakan kaliper dengan bebas dan bisa menyesuaikan posisi waktu rem diinjak. Maka dari itu, pin kaliper harus Bosque cek secara rutin dan beri pelumas.

5. Penyebab Lainnya

Selain keempat penyebab di atas, ada pula penyebab lain Bosque. Misalnya karena sistem suspensi, ausnya bantalan rem, sampai keausan di bagian kemudi. Nah, kalo Bosque menemukan ketidakseimbangan suspensi mobil, biasanya getarannya bakal terasa sampai pedal rem.

Di sisi lain, bantalan rem yang aus juga bisa menyebabkan getaran. Soalnya, bantalan rem yang aus akan mengurangi kepakeman rem dan menyebabkan getaran saat diinjak.

Baca juga; Perbedaan Rem ABS dan Non ABS: Mana yang Lebih Bagus?

Cara Mengatasi Pedal Rem Mobil Bergetar

Setelah mengetahui penyebab pedal rem mobil bergetar, Bosque juga harus tahu gimana mengatasinya. Cara mengatasi pedal bergetar saat ngerem memang beragam, tergantung penyebabnya. Nah, berikut beberapa solusinya.

1. Perbaiki Baut dan Pin Kaliper

Kalau permasalahan pedal rem mobil bergetar karena baut dan pin kaliper, maka Bosque harus identifikasi dulu nih keadaan keduanya. Apakah baut terpasang dengan baik dan tidak kendur? Apakah pin kaliper bisa bergerak dengan lancar? 

Nah, kalau masalahnya kendor atau aus, maka Bosque bisa bawa ke bengkel buat diberi pelumas atau ganti komponen.

2. Cek Cakram Rem

Pengecekan cakram rem perlu Bosque lakukan. Saat penyebab pedal rem mobil bergetar adalah cakram yang aus dan tidak rata, Bosque bisa pertimbangkan buat ganti cakram rem mobil.

3. Periksa Ketidakseimbangan Roda

Cara selanjutnya yang bisa Bosque lakukan adalah cek ketidakseimbangan roda. Ini bisa Bosque lakukan dengan mengangkat mobil, putar roda secara manual, dan amati apakah ada getaran yang nggak wajar. 

Kalau Bosque menemukan hal yang nggak wajar, bawa ke bengkel buat periksa pemasangan ban atau seimbangkan ulang. Bosque juga bisa ganti ban baru kalau ingin lebih cepat.

Baca juga; Komponen Master Rem Mobil: Pengertian dan Fungsinya

Cara Mencegah Pedal Rem Mobil Bergetar

Setelah tau penyebab pedal rem mobil bergetar dan cara mengatasinya. Apa sih pencegahan yang bisa Bosque lakuin? Simak di sini!

1. Pemeliharaan Berkala

Tiap barang yang kita punya tentu harus diberi perawatan, termasuk mobi. Perawatan ini bisa Bosque lakukan mulai dari pemeriksaan baut kaliper, pin kaliper, cakram rem, dan berbagai komponen lainnya. Rajin membawanya ke bengkel juga bisa jadi solusi terbaik.

2. Pemasangan Ban yang Seimbang

Selanjutnya, Bosque harus pastikan kalau ban sudah dipasang dengan seimbang dan rodanya sejajar. Sebab pemasangan yang benar bakal berpengaruh ke kinerja rem mobil, Bosque.

3. Gunakan Rem Berkualitas

Kalo Bosque pilih rem dengan kualitas tinggi, otomatis akan mengurangi keausan pada cakram dan kanvas rem. Nah, hal ini juga bakal mencegah terjadinya getaran pada pedal rem yang berbahaya dan mengganggu.

Baca juga; 4 Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Panas

promo pelanggan baru cakra motor 11

Sudah Memahami Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar?

Rem jadi komponen penting dalam keselamatan berkendara. Kalau Bosque menemukan pedal rem bergetar, maka bisa lebih berhati-hati. Nah, untuk membeli berbagai produk atau melakukan perawatan pada rem, Bosque bisa mempercayakan ke bengkel Cakra Motor 11

Bengkel ini memiliki layanan profesional dan terpercaya, sehingga perawatan mobilmu ada di tangan yang tepat. Cabangnya sendiri ada di Gading Serpong, Bekasi, Jakarta, dan masih banyak lagi. Yuk, segera kunjungi cabang terdekatnya!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait