Bagikan!

4 Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Panas

rem cakram mobil panas

Apa saja tips cara memperbaiki rem cakram mobil panas? Overheating tidak hanya terjadi pada mesin mobil, tetapi juga kerap terjadi pada bagian pengereman mobil. Kok bisa? Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan rem mobil Bosque cepat panas/overheating, salah satunya adalah terlalu sering mengerem.

Namun, Bosque tidak perlu khawatir! Ada berbagai solusi yang bisa Bosque lakukan untuk mengatasinya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! 

3 Penyebab Rem Cakram Mobil Panas 

Rem cakram mobil Bosque sering mengalami overheating saat dipakai? Mungkin salah satu penyebabnya bisa Bosque ketahui melalui ulasan berikut ini. Lalu, apa saja kemungkinan penyebabnya? 

1. Mengerem Terus-Menerus 

Secara umum, penyebab utama rem mobil cepat panas adalah karena Bosque sering ngerem terus-menerus. Kebiasaan ini rupanya membuat kampas saling bergesekan dengan cakram atau tromol, sehingga membuat rem lebih cepat panas. 

Kalau Bosque terlanjur mengalami masalah ini, Bosque bisa mencari cara memperbaiki rem cakram mobil panas yang akan dijelaskan secara detail pada poin berikutnya. 

2. Oksidasi pada Minyak Rem 

Penyebab lain yang bisa memicu rem mobil cepat panas adalah minyak rem. Umumnya, minyak rem berfungsi sebagai medium penghantar dalam sistem hidrolik. Apabila minyak rem mengalami oksidasi, tentu akan menurunkan tekanannya dan membuat rem gagal bekerja. 

3. Setelan Rem Tidak Sempurna 

Ternyata, setelan rem yang tidak sempurna juga bisa menyebabkan rem mobil menjadi gampang panas. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kampas dan tromol terlalu rapat, sehingga rem menjadi cepat panas dan mengeluarkan asap. 

Meskipun begitu, Bosque tetap bisa mengatasinya dengan menerapkan tips memperbaiki rem cakram mobil panas, misalnya dengan melakukan penyetelan rem sesuai standar. 

Baca juga; 5 Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Mengatasinya

4 Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Panas 

Sudah tahu apa saja penyebab terjadinya rem mobil cepat panas? Kalau sudah, segera lakukan perbaikan agar kondisinya tidak semakin parah. Nah, coba lakukan beberapa tips di bawah ini sebagai solusinya! 

1. Berhenti Mengendarai Mobil 

Ternyata, berhenti mengendarai mobil selama beberapa jam bisa menurunkan kadar suhu rem mobil yang overheating. Namun, jangan hentikan laju mobil secara mendadak. 

Menghentikan laju mobil secara mendadak justru akan membuat rem menjadi semakin panas. Makanya, kurangi laju kecepatan mobil secara bertahap hingga semakin melambat dan berhenti. 

2. Kurangi Kecepatan 

Segera hentikan laju kendaraan jika rem cakram sudah dipakai secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Cara memperbaiki rem cakram mobil panas ini penting dilakukan untuk mengembalikan rem cakram ke suhu normal. 

Lagipula, menghentikan laju kendaraan bisa membuat daya kerja mesin menurun dan memberi jeda bagi rem mobil untuk beristirahat.  

3. Pakai Kampas Rem yang Original 

Mulai sekarang, ganti kampas rem cakram mobil yang palsu dengan yang original. Mengapa? Salah satu penyebab rem cepat panas adalah kampasnya palsu atau tiruan. Makanya, belilah kampas rem yang asli dan berkualitas buatan dari pabrik agar koefisien gesekannya baik. 

4. Dinginkan Rem dengan Angin  

Kemudian, Bosque juga bisa mendinginkan rem cakram yang panas dengan modal tiupan angin. Sebelum melakukan cara memperbaiki rem cakram mobil panas ini, pastikan bahwa laju kendaraan Bosque dalam posisi berhenti. 

Carilah posisi strategis untuk memarkirkan mobil. Setelah itu, diamkan mobil di luar ruangan selama beberapa saat agar terkena tiupan angin. Sebaiknya, lakukan cara ini saat malam hari karena anginnya lebih kencang.  

2 Cara Mencegah Rem Cakram Mobil Panas 

Rem mobil yang mengalami overheating bisa menyebabkan kecelakaan jika tidak segera diatasi. Sebelum bahaya terjadi, segera cegah dengan melakukan beberapa tips berikut ini! 

1. Jangan Injak Pedal Rem saat Tidak Dibutuhkan 

Supaya Bosque tidak melakukan cara memperbaiki rem cakram mobil panas, maka hindari menginjak pedal rem mobil saat sedang tidak digunakan. Saat Bosque sedang memarkir mobil, beralihlah memakai engine brake untuk menurunkan posisi gigi ke transmisi yang paling rendah.  

2. Istirahatkan Mobil Setiap 3 Jam Sekali 

Ketika Bosque menempuh perjalanan jauh, rem cakram mobil akan menjadi lebih cepat panas. Maka dari itu, usahakan untuk mengistirahatkan rem mobil setiap 3 jam sekali di sela-sela perjalanan. 

Baca juga; 10 Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Sudah Tahu Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Panas

Jangan anggap sepele kondisi rem mobil yang sering mengalami overheating! Faktanya, rem mobil yang cepat panas bisa memicu penurunan cara kerja rem, sehingga membuat rem menjadi blong. 

Salah satu faktor yang menyebabkan rem mobil cepat panas adalah terjadi oksidasi pada minyak rem. Sebelum kondisi yang lebih buruk terjadi, coba lakukan cara memperbaiki rem cakram mobil panas, misalnya dengan mengganti oli remnya.  

Nah, salah satu rekomendasi oli rem terbaik yang bagus untuk kampas dan rem cakram mobil adalah TMO Gear Differential SAE 90 GL-5. Bosque bisa membeli oli rem ini dengan harga terjangkau di situs web Cakra Motor 11. Yuk, buruan beli oli remnya sekarang! 

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait