Bagikan!

Bahaya Akibat Minyak Rem Mobil Kurang dan Cara Mengatasinya

akibat minyam rem mobil kurang

Akibat minyak rem mobil kurang sangatlah berbahaya untuk kendaraan. Pasalnya, minyak rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus dicek secara berkala agar tetap terjaga fungsinya, Bosque! Berikut ulasan mengenai akibat minyak rem mobil kurang!

Akibat Minyak Rem Mobil Kurang 

Sebaiknya, minyak rem pada mobil ini diganti setelah mencapai 30-40 ribu km atau dua tahun sekali ya, Bosque! Hal ini diharapkan apabila minyak rem mobil diganti secara berkala, maka sistem pengereman pada mobil akan terjaga. Berikut penjelasan mengenai akibat minyak rem mobil kurang!

1. Rem Mobil Blong 

Akibat minyak rem mobil kurang yang pertama ialah rem mobil bisa blong. Rem blong menjadi salah satu kondisi pada mobil yang ditakuti oleh seluruh pengendara. Hal ini dikarenakan apabila rem tidak dapat bekerja dengan semestinya atau tidak berfungsi sama sekali, dapat mengakibatkan kecelakaan. 

Nah, apabila Bosque tidak mengecek minyak rem secara berkala, maka sewaktu-waktu rem mobil bisa blong. 

2. Kampas Rem Menjadi Tipis 

Selanjutnya, apabila minyak rem mobil kurang, maka akan membuat kampas rem menipis. Akibatnya, kampas rem jadi aus dan menyebabkan brake shoe akan bergesekan langsung dengan rem tromol yang berasal dari besi. 

Gesekan keduanya tidak akan menimbulkan braking (pengereman), tetapi akan menimbulkan efek terbakar yang ditandai dengan terciumnya bau sangit khas gesekan dua buah logam. 

Hal ini akan mengakibatkan tidak maksimalnya pengereman dan hanya akan membahayakan pengendara. 

3. Piston Kaliper Rem Menjadi Macet 

Piston kaliper rem macet juga merupakan akibat minyak rem mobil kurang yang lainnya. Minyak rem berfungsi untuk mendorong kaliper agar kampas dapat menjepit cakram. Apabila minyak rem berkurang, maka gerak balik piston dalam melepas tekanan akan terhalang. 

Hal ini lah yang akan membuat gesekan antara kampas dan cakram terus terjadi hingga mengakibatkan cakram mengalami kerusakan. 

4. Tekanan Hidraulis Tidak Dapat Bekerja Maksimal 

Agar dapat bekerja maksimal, tekanan hidraulis membutuhkan minyak rem. Minyak rem inilah yang akan disalurkan ke pipa-pipa silinder yang ada di sisi rem pada tiap roda mobil.

Ketika pedal rem ditekan, secara otomatis tuas rem akan terhubung dan mendorong piston ke master silinder untuk mengubah gaya tekanan menjadi hidraulis. Nah, akibat minyak rem mobil kurang ini membuat tekanan hidraulis tidak mampu bekerja maksimal dalam menghentikan roda mobil. 

Baca juga; Baca juga; 10 Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Tanda-tanda Mobil Kekurangan Minyak Rem 

Sebelum terlambat, Bosque sebaiknya mengetahui tanda-tanda mobil yang kekurangan minyak rem berikut ini.

1. Pedal Rem Terasa Blong Ketika Diinjak 

Tanda mobil kekurangan minyak rem pertama yang bisa Bosque rasakan ialah ketika Bosque menginjak pedal rem, rasanya seperti blong. Biasanya hal ini akan terasa ketika Bosque tengah menghidupkan mobil atau tengah berkendara di turunan.

Apabila Bosque telah merasakan kejanggalan tersebut lebih awal, sebaiknya Bosque haruslah waspada dan segera mengecek kondisi minyak rem. 

2. Indikator Rem Menyala 

Ciri yang kedua ialah lampu indikator rem menyala. Biasanya indikator ini menyala apabila terjadi suatu masalah pada sistem pengereman. Oleh sebab itu, apabila Bosque menyadari bahwa indikator rem menyala, maka sebaiknya segera mengeceknya. Hal ini dapat menunjukkan masalah pada minyak rem yang berkurang. 

3. Terdapat Tetesan Minyak di Bawah Mobil 

Perlu Bosque lihat dengan seksama apabila terdapat tetesan minyak tepat di bawah mobil. Bisa saja awalnya Bosque berpikir bahwa tetesan tersebut merupakan tetesan dari oli mesin maupun cairan lainnya. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Bosque lihat cairan tersebut secara dekat, bisa saja cairan tersebut merupakan tetesan dari minyak rem karena terdapat kebocoran pada selang rem. 

4. Sudah Masuk Waktu Ganti Minyak Rem 

Pada umumnya pegawai bengkel akan menuliskan tanggal atau catatan kilometer selanjutnya yang digunakan sebagai patokan untuk mengganti minyak rem. Oleh sebab itu, sebaiknya cermati catatan tersebut agar tidak lupa mengganti minyak rem.

Cara Mengatasi Mobil Kekurangan Minyak Rem 

Cara mengatasi mobil yang kekurangan minyak rem ini tentunya dengan mengganti minyak rem secara berkala. Bosque dapat mengganti minyak rem ini di bengkel resmi atau bengkel khusus mobil yang terdekat dengan kawasan domisili.

Atau, apabila Bosque tidak memiliki banyak waktu untuk mengganti minyak rem ini, Bosque dapat mengunjungi Cakra Motor 11 untuk mendapatkan minyak rem yang cocok dengan mobil Bosque.

Baca juga; Mengetahui Ciri-Ciri Rem Mobil Habis Serta Tips Meminimalisir Kecelakaan

cakra motor 11

Sudah Tahu Dampak dari Kurangnya Minyak Rem pada Kendaraan?

Nah, itu tadi ulasan mengenai akibat minyak rem mobil kurang. Berani membeli dan memiliki suatu kendaraan pastinya harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai perawatan dari kendaraan tersebut. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Bosque rajin melakukan perawatan kendaraan bersama Cakra Motor 11 untuk mendapatkan pelayanan lengkap, bersahabat, dan tentunya memuaskan.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait