Bagikan!

Rem Tangan Mobil: Untuk Roda Depan atau Belakang? 

Rem Tangan Mobil: Untuk Roda Depan atau Belakang

Rem tangan mobil adalah sistem rem tambahan yang ada pada kendaraan roda empat. Sayangnya, belum banyak orang yang tahu fungsi rem tangan mobil untuk roda depan atau belakang. Padahal, fungsi rem tangan bukan cuma untuk parkir mobil saja, lho.

Pasalnya, Bosque bisa juga menggunakan rem tangan untuk mencegah mobil meluncur ke bawah saat berada di tanjakan yang curam. Jadi, penting banget buat Bosque untuk tahu fungsi dan kegunaan rem tangan ini. Biar lebih paham, simak artikel ini sampai akhir!

Rem Tangan Mobil untuk Roda Depan atau Belakang?

Sebenarnya, rem tangan adalah sistem rem tambahan yang ada di sebelah kiri atau kanan kursi pengemudi mobil. Salah satu hal yang sering jadi pertanyaan adalah tentang penggunaan rem tangan mobil untuk roda depan atau belakang.

Jadi, umumnya sistem rem tangan terhubung dengan roda belakang. Namun, produksi  mobil terbaru mulai banyak yang menghubungkan sistem rem tangan dengan roda depan.

Meski begitu, sebenarnya rem tangan mobil bekerja secara independen. Artinya, sistem rem ini terhubung dengan pedal rem. Jadi, ketika Bosque menarik rem tangan, maka sistem rem utama tidak terpengaruh dan bisa berfungsi secara normal.

Selain itu, biasanya rem tangan mobil juga sudah dilengkapi dengan tuas atau tombol pelepas. Hal inilah yang memudahkan Bosque untuk mengoperasikan sistem rem tangan dengan mudah dan cepat.

Dari sini sudah terlihat jelas kegunaan rem tangan mobil untuk roda depan atau belakang. Jadi, diharapkan kini Bosque nggak salah lagi, ya.

Baca juga; 10 Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Rem Tangan Mobil

Setelah tahu fungsi rem tangan mobil untuk roda depan atau belakang, Bosque juga perlu tahu nih apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakan rem tangan. Soalnya masih banyak orang yang salah kaprah saat menggunakan rem tangan. Akhirnya, kondisi rem jadi kurang pakem atau mengalami masalah lain.

Nah, berikut ini adalah berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan rem tangan mobil. Pastikan disimak baik-baik ya, Bosque!

1. Penggunaan yang Bijak

Penggunaan yang bijak sudah pasti jadi hal pertama yang harus Bosque perhatikan dengan baik. Sebaiknya rem tangan tidak Bosque gunakan setiap kali berhenti. Khususnya pada kondisi di lampu merah atau mobil hanya berhenti sesaat.

Kenapa begitu? Karena penggunaan yang berlebihan justru bisa membuat keausan pada kampas rem. Kondisi ini tentu akan membuat efektivitas rem jadi menurun. 

Bukan cuma itu aja, apabila rem tangan digunakan terlalu lama, maka kampas rem akan menjadi lengket pada tromol. Dalam dunia otomotif, kondisi seperti ini berisiko membuat kampas rem lepas.

2. Klikan yang Tepat

Hal berikutnya yang harus Bosque perhatikan saat menggunakan rem tangan mobil ada pada klikan yang tepat. Jadi, saat menarik tuas rem parkir, pastikan Bosque sudah mendengar suara ‘klik’.

Hal ini karena suara klik tersebut menjadi indikator sejauh mana rem mobil sudah diaktifkan. Idealnya, Bosque harus mendengar antara 4-7 suara klik. Sebab, jika suara klik lebih dari itu, maka bisa jadi pertanda rem harus distel ulang di bengkel.

3. Menggunakan Pengganjal Roda

Buat Bosque yang sering memarkirkan mobil di permukaan yang miring, sangat disarankan untuk menggunakan pengganjal roda. Hal ini karena menggunakan rem tangan saja belum cukup untuk menahan beban mobil.

Oleh karena itu, penting bagi Bosque untuk menyiapkan pengganjal roda, agar beban kerja rem menjadi lebih ringan. Bukan cuma itu saja, pengganjal roda ini juga dapat membuat mobil tetap aman dan gak meluncur.

4. Keadaan Basah

Apabila kampas rem berada dalam kondisi basah dan digunakan terlalu lama, maka akan muncul risiko kampas rem menjadi lengket pada tromol. Kondisi ini tentu bisa berakibat fatal, karena berpotensi merusak komponen lain atau menyebabkan kampas rem terlepas.

Jika Bosque tahu bahwa rem atau kampasnya dalam keadaan basah, disarankan untuk menggunakan pengganjal roda. Terutama jika Bosque berencana memarkir mobil dalam jangka waktu lama.

5. Jangan Menarik secara Berlebihan

Hal terakhir yang harus Bosque perhatikan saat menggunakan rem tangan adalah gak menggunakan kekuatan yang berlebih. Hal ini karena menarik rem secara berlebihan akan membuat tekanan kampas rem dan komponen lain jadi bertambah.

Jika kondisi ini Bosque lakukan secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan kerusakan mekanisme rem. Apalagi kebiasaan ini juga bisa memengaruhi keseimbangan antara rem depan dan belakang.

Jadi, jika dibiarkan, sudah pasti akan mengurangi efektivitas pengereman dan menambah risiko kecelakaan lalu lintas.

Baca juga; 5 Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Mengatasinya

cakra motor 11

Cari Kebutuhan Mesin Mobil? Beli di Cakra Motor 11 Aja!

Jadi, jawaban dari pertanyaan rem tangan mobil untuk roda depan atau belakang adalah tergantung jenis mobil Anda. Namun, pada umumnya rem tangan terhubung pada roda belakang.

Nah, untuk Bosque yang sedang mencari kebutuhan mesin mobil, terutama oli dan aki, bisa beli langsung di Cakra Motor 11. Karena Cakra Motor 11 merupakan bengkel spesialis oli dan aki mobil sejak tahun 1990.

Produk yang dijual pun telah terjamin orisinilitasnya. Jadi, sudah pasti Bosque akan mendapatkan produk resmi dengan kualitas terbaik. Harganya pun relatif terjangkau dan bervariasi, tergantung dari merek dan tipe yang Bosque pilih. Jadi, tunggu apalagi? Beli kebutuhan mesin mobil ya di Cakra Motor 11 pilihannya!

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait