Bagikan!

Komponen Master Rem Mobil: Pengertian dan Fungsinya

rem mobil

Mobil yang sering Bosque pakai punya banyak komponen penting, agar bisa bergerak dan bekerja dengan baik. Salah satu komponen pentingnya, yaitu master rem atau brake master cylinder. Apa sebenarnya komponen master rem mobil itu? Lalu, apa saja komponen-komponen dan bagaimana cara perawatannya? Yuk, simak di sini!

Apa Itu Komponen Master Rem Mobil?

Master rem yaitu komponen pada mobil yang berfungsi untuk memberikan tekanan hidrolik pada rem, sehingga mampu mengurangi laju kendaraan. Bentuknya silinder dan terbuat dari bahan besi.

Fungsi dan kinerjanya sangat penting untuk keselamatan pengendara. Oleh sebab itu, Bosque harus melakukan perawatan pada komponen master rem mobil dengan baik, agar kinerjanya selalu optimal.

10 Komponen Master Rem Mobil dan Fungsinya

Apa saja komponen master rem? Berikut pembahasan beserta dengan fungsi-fungsinya!

1. Reservoir Tank

Reservoir tank adalah komponen yang berfungsi untuk menampung cadangan minyak rem. Selanjutnya, minyak rem dalam reservoir tank akan dipakai untuk mendorong piston menuju kaliper. Maka, cakram rem nantinya akan terjepit oleh kampas rem.

2. Diafragma

Diafragma adalah penutup reservoir, agar master rem terhindar dari korosi. Jadi, fungsi utama dari diafragma, yaitu membantu melindungi minyak rem agar tidak terkontaminasi oleh udara luar yang menyebabkan korosi.

3. Master Silinder Body

Master silinder body adalah komponen yang berfungsi sebagai tempat yang isinya komponen lain, seperti reservoir tank, piston, dan juga seal. Semua komponen akan bekerja di dalam master silinder body, untuk menghasilkan tekanan hidrolik.

4. Inlet Port

Fungsi inlet port yaitu sebagai pintu masuk atau lubang pengisian minyak rem dari reservoir tank atau tangki cadangan. Selanjutnya, minyak akan menuju ke ruang tekanan. 

5. Outlet Port

Kebalikan inlet port tentu saja adalah outlet port. Fungsinya yaitu sebagai pintu keluar atau lubang pengeluaran minyak rem. Setelah menuju ruang tekanan, minyak rem akan menuju bagian komponen piston kaliper atau silinder roda.

Baca juga; Daftar Lengkap Komponen Rem Cakram Mobil dan Fungsinya

6. Level Sensor

Komponen master rem mobil selanjutnya yang perlu Bosque ketahui adalah level sensor. Fungsinya untuk memberi isyarat saat minyak rem akan habis. Saat minyak rem mulai sedikit, nanti akan muncul warning light, rem mulai blong, sampai minyak yang menetes.

7. Return Port

Return port merupakan komponen yang berperan terhadap penanggulangan risiko kebocoran pada minyak rem. Jika kinerjanya baik, maka return port mampu mencegah kebocoran minyak rem. Cara kerjanya yaitu menutup katup ruang tekanan, sehingga minyak rem bisa kembali ke reservoir tank

8. Primary Piston

Primary piston adalah piston utama yang berfungsi mengkompresi minyak rem di dalam master rem. Saluran ini ada di bagian depan. Kendaraan bertipe FR umumnya memakai pipa konvensional, sementara kendaraan bertipe FF menggunakan saluran pipa diagonal.

9. Secondary Piston

Fungsi secondary piston sama seperti primary piston, yaitu mengkompresi minyak rem. Namun, secondary piston memiliki saluran di bagian roda belakang. 

10. Return Spring

Komponen terakhir bernama return spring. Fungsi dari return spring yaitu mengembalikan posisi primary dan secondary piston saat melepas pedal. Komponen return spring ini juga sering disebut dengan pegas. 

Baca juga; 10 Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

3 Tips Merawat Komponen Master Rem Mobil

Sebenarnya, cara merawat komponen master rem tidak sulit. Berikut tips merawatnya yang bisa Bosque terapkan!

1. Cek Ketebalan Kampas dan Kualitas Minyak Rem

Saat perawatan berkala pada mobil Bosque, pastikan Bosque melakukan pengecekan pada bagian kampas rem dan kualitas minyak rem. Pasalnya, kedua komponen ini adalah komponen yang paling penting pada master rem mobil. 

Bosque bisa mengecek kampas dan kualitas minyak rem sendiri. Namun, jika ada suara asing saat menginjak rem, pastikan Bosque meminta bantuan pada teknisi.

2. Bersihkan Kampas Rem dan Kaliper

Tips merawat komponen master rem mobil selanjutnya yaitu membersihkan kampas rem dan kaliper. Pakai cairan khusus untuk membersihkannya, agar hasilnya maksimal. 

Setelah membersihkan kampas rem dan kaliper, Bosque perlu memberi pelumas, agar tidak mudah panas. Selain itu, pelumas juga membuat komponen mobil tidak mengeluarkan bunyi. 

3. Ganti Minyak Rem Secara Berkala

Hal terpenting yang tidak boleh Bosque lupakan, yaitu mengganti minyak rem secara berkala. Cara kerja rem yaitu memakai sistem hidrolik atau tekanan dari minyak rem.

Oleh sebab itu, Bosque harus memakai minyak rem yang tepat dan berkualitas. Lakukan penggantian secara berkala untuk memastikan rem bekerja dengan optimal. 

Baca juga;  9 Komponen Rem Tromol Mobil Beserta Fungsinya

Sudah Tahu Apa Itu Komponen Master Rem Mobil?

Jadi 10 komponen master rem mobil, yakni mulai dari reservoir tank yang berfungsi menampung cadangan minyak rem hingga return spring yang berguna mengembalikan posisi primary dan secondary piston saat melepas pedal.

Semua komponen master rem wajib Bosque rawat dengan produk yang berkualitas. Pasalnya, produk yang berkualitas lebih tahan lama dan bekerja dengan baik. Rekomendasi tempat beli komponen mobil yang murah dan berkualitas adalah Cakra Motor 11

Selain berkualitas, kelebihan lain, yaitu cepat, mudah, gratis konsultasi, home service, dan lain sebagainya. Bosque bisa membeli produknya di marketplace Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak. Yuk, pilih Cakra Motor 11!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait