Bagikan!

Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun dan Solusinya

Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun

Pernah mengalami minyak rem mobil yang gak mau turun? Bosque harus segera cari tahu penyebab minyak rem mobil tidak mau turun tersebut. Lalu, berusaha cari tahu solusi yang tepat.

Pasalnya, minyak rem adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengereman. Jika minyak rem gak bekerja dengan baik, maka sistem pengereman juga akan bermasalah. 

5 Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun yang Perlu Bosque Tahu

Simak apa saja penyebab minyak rem mobil tidak mau turun berikut ini!

1. Sistem Hidrolik Rem Masuk Angin

Istilah masuk angin mungkin sudah sangat sering Bosque dengar. Bukan cuma pada manusia saja, masuk angin juga bisa terjadi pada komponen mobil.

Pada komponen mobil, istilah masuk angin mengacu pada masuknya udara atau angin ke sistem pengereman. Hal tersebut terjadi ketika volume minyak rem pada reservoir sangat sedikit, sehingga terisi oleh gelembung udara. 

Bosque harus mengeluarkan gelombang udara dan menambah minyak rem untuk mengatasinya. Cara mengeluarkan udara, yaitu dengan membuka bleeder nipple

2. Minyak Rem Mengalami Kebocoran

Minyak rem adalah komponen yang sangat penting pada sistem pengereman. Saat terjadi kebocoran, biasanya minyak rem gak mau turun. Maka dari itu, Bosque harus mendeteksi kebocoran pada minyak rem sejak dini.

Cek bagian-bagian mobil untuk mengetahui rembesan rem di pipa, tabung penyimpanan, ataupun ABS (Anti Lock Braking System). Apabila ada jejak minyak rem, maka Bosque harus segera membawanya ke bengkel untuk mengatasinya.

3. Master Rem Mengalami Kerusakan

Penyebab minyak rem mobil tidak mau turun selanjutnya, yaitu master rem mengalami kerusakan. Master rem merupakan komponen yang fungsinya menekan, agar minyak rem bisa masuk ke bagian brake caliper.

Tekanan minyak rem akan mengubah tekanan pedal rem menjadi tekanan hidrolis. Jika master rem mengalami masalah, maka minyak rem akan berkurang drastis, sehingga berisiko menyebabkan blong. Solusinya yaitu membawa mobil ke bengkel untuk mengganti master rem. 

4. Booster Rem Mengalami Kerusakan

Booster rem merupakan komponen yang berfungsi mengatur tekanan pedal, agar lebih ringan. Jadi, kaki pengemudi tidak akan mudah lelah. Saat ini, sebagian besar mobil sudah memanfaatkan booster rem ini.

Booster rem yang rusak juga bisa membuat minyak rem gak mau turun lho. Bosque bisa mendeteksi kerusakan pada booster rem dengan cara menekan pedal rem.

Jika pedal rem lebih keras dari biasanya, maka kemungkinan booster rem sedang rusak. Bagian ini jarang rusak, namun harus dibersihkan agar lebih tahan lama. 

5. Kampas Rem Sudah Tipis Banget

Terakhir, kampas rem yang sudah tipis banget, bisa menyebabkan minyak rem gak mau turun. Biasanya, kampas rem akan menipis seiring penggunaannya.

Saat sudah sangat tipis, maka fungsi kampas rem jadi gak maksimal. Bosque harus segera menggantinya, agar sistem pengereman kembali bagus.

Baca juga; Bahaya Akibat Minyak Rem Mobil Kurang dan Cara Mengatasinya

3 Cara Mengatasi Minyak Rem Mobil Gak Mau Turun

Setelah mengetahui penyebab minyak rem mobil tidak mau turun, selanjutnya Bosque perlu mengetahui cara mengatasinya berikut ini!

1. Trik Suntik

Cara pertama yang bisa Bosque terapkan, yaitu memakai trick suntik. Bosque bisa memanfaatkan alat bantu berupa suntikan yang nantinya tersambung ke selang transparan. Sebelum itu, Bosque perlu mengisi suntikan dengan minyak rem. 

Selanjutnya, sambungkan selang dengan nepel pada kaliper. Siapkan kunci sesuai ukuran nepel, namun biarkan kunci pembuka pada nepel berada di posisi semula. Nantinya, minyak rem akan mulai turun.

2. Trik Hisap

Teknik satu ini umumnya dipakai saat melakukan pengisian minyak rem. Namun, ada juga yang memakainya sesudah menukar selang dan master rem atau mengisi kaliper yang pistonnya dua. 

Bosque bisa mengatasi minyak rem yang gak mau turun dengan cara menghisap. Lakukan dari bagian bawah, agar minyak rem bisa turun dengan cepat dan mudah. 

Berhati-hatilah, jangan sampai minyak rem masuk ke dalam mulut Bosque. Saat melakukan trik hisap, Bosque harus melihat minyak rem yang keluar. Bosque bisa berhenti, jika minyak rem yang keluar udah gak ada gelembungnya lagi. 

3. Cara Tekan

Penyebab minyak rem mobil tidak mau turun cukup banyak, begitu pula cara mengatasinya. Cara lain yang bisa Bosque coba, yaitu cara tekan. Biasanya, dilakukan saat membersihkan kaliper hingga melepaskan piston.

Sebelum memasang piston, jangan lupa mengisi minyak rem sampai penuh. Lalu, pencet menggunakan piston sambil memasangnya. Usahakan minyak remnya jangan sampai penuh, apalagi tumpah. 

Baca juga; Mengetahui Ciri-Ciri Rem Mobil Habis Serta Tips Meminimalisir Kecelakaan

cakra motor 11

Sudah Tahu Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun dan Solusinya?

Itulah informasi penyebab minyak rem mobil tidak mau turun. Mulai dari sistem hidrolis rem yang masuk angin sampai kampas rem yang tipis.

Solusi terbaik untuk meminimalisir masalah pada minyak rem, yaitu memilih produk berkualitas. Cakra Motor 11 merupakan toko online yang menyediakan berbagai macam pilihan minyak rem.

Kelebihan beli minyak rem di Cakra Motor 11, yaitu garansi 100% original, kerusakan produk, dan garansi pengiriman. Selain di website resminya, Bosque juga bisa beli minyak rem dari Cakra Motor 11 di marketplace.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait