Bagikan!

10 Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

rem mobil

Sumber: IDN Times

Rem mobil bunyi memang sangatlah mengganggu ketika berkendara. Mungkin hal ini juga dialami oleh Bosque. Oleh karena itu, ketahui penyebab rem mobil bunyi beserta cara mengatasinya lewat penjelasan di bawah ini!

Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Mungkin bagi beberapa orang, rem yang berbunyi menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Namun, tidak semua rem mobil bunyi ini pertanda ada suatu kerusakan. Oleh karena itu, simak penyebab rem mobil bunyi berikut ini! 

1. Terkena Debu dan Kotoran 

Penyebab pertama rem mobil bunyi ialah terkena debu dan kotoran (biasanya debu dan kotoran ini bentuknya padat). Pasalnya, sistem rem pada mobil ini mempunyai desain yang tertutup, sehingga debu dan kotoran yang mengendap dalam sela-sela rem umumnya disebabkan adanya kikisan kampas rem.

Selain itu, rem mobil juga dapat kotor ketika musim hujan tiba. Hal ini terjadi karena air hujan masuk ke bagian rem dan membawa material berupa debu atau pasir lalu mengisi celah antar kampas dan cakram. 

Cara mengatasi rem yang terkena debu dan kotoran ini ialah dengan membersihkannya menggunakan kain atau lap yang tidak menyebabkan baret pada permukaan cakram atau kampas rem. 

2. Adanya Tetesan Oli pada Rem 

Oli memang menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan. Namun, ketika oli menetes pada sela-sela cakram atau kampas rem, hal ini akan menimbulkan suara decitan yang cukup mengganggu. 

Jangan sampai menganggap remeh hal ini, ya! Sebab, tetesan oli pada kampas rem dapat menyebabkan kecelakaan karena saat melakukan pengereman roda kendaraan akan menjadi susah untuk berputar dengan benar.

Tapi tenang saha, hal ini dapat Bosque atasi dengan cara membersihkan cakram menggunakan sabun lalu bilas hingga bersih.

3. Kampas Rem yang Menipis 

Buat Bosque yang belum tahu, kampas rem merupakan salah satu komponen bagian pengereman pada mobil yang fungsinya untuk menekan cakram, sehingga muncul gaya gesek yang memperlambat dan menghentikan roda. 

Apabila kampas rem menipis, maka dapat menyebabkan cakram rem secara langsung bergesekan dengan besi. Hal inilah yang menimbulkan suara decitan dari rem.

Jika dirasa kampas rem telah menipis, sebaiknya segera ganti kampas rem dengan yang baru lagi ya, Bosque!

4. Kurang Pelumas pada Pedal Rem 

Kurangnya pelumas pada pedal rem menjadi penyebab rem mobil bunyi. Engsel yang ada pada bagian rem, haruslah secara rutin dilumasi. Jika tidak, maka akan menimbulkan bunyi decitan saat berkendara. Indikasi dari masalah ini dapat Bosque rasakan ketika menginjak pedal rem tapi tidak bisa lancar.

Masalah yang satu ini dapat Bosque atasi dengan melakukan pengecekan serta perawatan pada rem secara berkala, sehingga apabila rem dirasa perlu ditambahi pelumas lagi, Bosque dapat langsung membelikan pelumas yang bagus. 

5. Air Mengenai Rem 

Pada beberapa kejadian, seperti saat mengendarai mobil ketika hujan, mungkin Bosque kerap menyadari jika saat itu rem mobil sering berbunyi. Percikan dari air yang mengenai piringan cakram inilah yang menjadi penyebab tersebut.

Namun, Bosque tidak usah khawatir, sebab nantinya bunyi tersebut akan hilang sendiri seiring mengeringnya air yang mengenai rem.

6. Kampas Rem yang Kurang Berkualitas 

Apabila Bosque sudah mengganti kampas rem, tetapi masih saja muncul suara decitan tersebut, sebaiknya segera mengecek apakah merek kampas rem yang Bosque pakai baik atau tidak. 

Hal ini disebabkan oleh banyaknya suku cadang yang ada di aftermarket yang dibanderol harga murah, tetapi kualitasnya kurang baik. Oleh karena itu, jangan sampai tergoda oleh harga kampas rem yang murah ya, Bosque! 

7. Macet pada Rem Mobil

Macetnya rem pada mobil biasanya disebabkan karena piston rem yang mengalami masalah. Hal inilah menjadi salah satu penyebab rem mobil bunyi dan membuat sistem kerja rem pada mobil menjadi tidak sempurna.

Tidak hanya menyebabkan rem mobil berbunyi, piston rem yang bermasalah ini juga akan menyebabkan mobil terasa berat ketika dikendarai meski pedal telah dilepaskan. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Bosque mengecek piston rem secara berkala. Apabila piston telah rusak, Bosque bisa segera mengganti kaliper rem dengan yang baru lagi.

8. Permukaan pada Rem yang Tidak Rata 

Beberapa jenis mobil dengan penggerak roda depan sesekali mengalami masalah pada rem depan mobil yang mengeluarkan bunyi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh permukaan rem yang tidak rata. 

Tidak hanya dialami oleh rem yang menggunakan cakram, peristiwa ini juga dialami oleh mobil dengan rem yang masih menggunakan tromol. Cara mengatasi permasalahan ini ialah Bosque dapat mengganti rem cakram atau tromol yang baru. 

9. Minyak Rem yang Lama Tidak Diganti

Penyebab rem mobil bunyi selanjutnya ialah minyak rem yang sudah lama tidak diganti. Agar kinerja sistem rem dapat bekerja secara maksimal, idealnya minyak rem harus dikuras dan diganti secara berkala tiap 40.000 kilometer. Apabila hal ini tidak dilakukan, dapat menyebabkan timbulnya bunyi pada rem mobil.

10. Menggunakan Rem Tangan Terlalu Lama 

Apabila Bosque sedang tidak menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya Bosque tidak langsung menarik rem tangan, apalagi jika mobil terparkir tanpa pelindung. 

Mengapa? Hal ini dapat mengakibatkan rem menjadi berkarat dan mengeluarkan bunyi atau bahkan mengakibatkan hentakan ketika digunakan lagi untuk pertama kalinya. 

Namun, Bosque tidak perlu khawatir, karena masalah ini akan hilang dengan sendirinya setelah digunakan beberapa saat.

Sudahkah Paham Penyebab Rem Mobil Bunyi

Setelah membaca ulasan di atas mengenai penyebab rem mobil bunyi, apabila Bosque mengalami hal serupa, segeralah untuk mencari tahu penyebab tersebut, kemudian lakukan cara-cara untuk mengatasinya!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait