Bagikan!

9 Komponen Rem Tromol Mobil Beserta Fungsinya

rem tromol mobil

 

rem tromol mobilKomponen rem tromol mobil adalah bagian penting pada sistem pengereman dan Bosque wajib menjaga kondisinya selalu prima. Setiap komponen saling bekerja sama sehingga mobil Bosque mendapatkan pengereman secara optimal.

Permasalahan pada salah satu komponen rem tersebut berpotensi mengganggu performa rem dan berpengaruh terhadap kenyamanan serta keamanan ketika berkendara. Lalu, terdiri dari apa saja komponen rem tromol pada kendaraan tersebut? Artikel ini bakal memberikan penjelasan selengkapnya.

Pengertian Rem Tromol dan Fungsinya

Rem tromol adalah komponen sistem pengereman yang fungsinya memperlambat kecepatan maupun laju kendaraan. Dengan begitu, kendaraan Bosque bisa dengan perlahan.

Secara umum, kendaraan roda dua yang lebih banyak menerapkan sistem pengereman tromol. Meskipun begitu, cukup banyak juga kendaraan roda empat yang masih memakai rem tromol.

Pabrikan mobil menggunakan rem tromol pada ban mobil bagian belakang. Fungsi rem tersebut pada mobil yaitu membantu pengeraman di ban belakang mobil.

Penggunaan rem tromol bakal kerasa banget waktu Bosque memarkirkan mobil, terlebih saat mobil ada di bidang bergelombang atau menurun. Mobil pun bisa tetap diam terparkir meski di atas bidang yang gak rata maupun menurun.

Inilah Komponen Rem Tromol Mobil dan Fungsinya

Simak pembahasan berikut tentang komponen pada rem tromol mobil lengkap beserta fungsinya!

1. Backing Plate

Backing plate adalah komponen tromol berbentuk piringan dan berbahan logam serta cukup tipis. Posisinya terletak pada belakang sistem rem tromol.

Fungsi backing plate adalah sebagai pelindung komponen rem tromol lainnya. Selain berbentuk piringan, terdapat juga lubang serta ada banyak tonjolan. Lubang-lubang tersebut berfungsi menyesuaikan part standar sistem tromol.

2. Silinder Roda

Komponen rem tromol mobil yang fungsinya mengubah tekanan fluida menjadi sebuah gerakan mekanis adalah silinder roda. Pada silinder roda juga terdapat bagian seperti bleeder nut, cylinder housing, spring, piston boot, serta piston. Jika salah satu komponen gak berfungsi dengan baik, maka bisa berpengaruh pada kinerja sistem pengereman tromol secara keseluruhan.

3. Kampas dan Sepatu Rem

Sepatu rem adalah komponen sebagai wadah meletakkan kampas rem untuk sistem hidrolik. Sepatu rem berbentuk seperti lingkaran dan ada 2 buah sepatu.

Keduanya sama-sama berbentuk setengah lingkaran. Sementara itu, kampas rem biasanya menggunakan bahan keramik organik dan bisa Bosque ganti waktu udah menipis.

4. Return Spring

Fungsi return spring yaitu membuat sepatu rem kembali pada posisi semula waktu udah melakukan pengereman. Ada 2 jenis return spring yaitu upper spring dan lower spring.

Upper spring adalah komponen untuk memosisikan sepatu rem agar kembali seperti semula. Kemudian lower spring bertugas menjaga posisi dari 2 sepatu rem sehingga bisa menekan adjuster.

5. Drum Tromol

Drum tromol adalah komponen rem tromol mobil yang punya tekstur keras dan bentuknya seperti drum atau tabung. Komponen ini juga sangat penting pada pengereman tromol dan terbuat dari baja tuang. Drum tromol berperan sebagai media gesek untuk kampas rem. Dengan begitu, putaran roda dapat berhenti di jalan.

6. Parking Brake Cable

Bagian ini berbentuk kabel baja dan sering dipakai untuk menarik rem. Untuk kabel yang dipakai gak jauh berbeda dibandingkan kabel lainnya. Fungsi utama parking brake cable yaitu sebagai penghubung antara gerakan tuas pada rem parkir dengan parking brake lever di sistem rem.

7. Parking Brake Lever

Komponen yang menjadikan konstruksi rem tromol terlihat rumit. Parking brake lever punya 2 buah lever yaitu park brake lever dan brake shoe link.

Pada park brake lever memakai salah satu dari ujung lengan dan punya engsel yang tersambung dengan brake shoe pada sisi atasnya. Lalu, untuk bagian ujungnya tersambung ke kabel rem. Sementara brake shoe link tersambung ke brake shoe serta park brake lever.

8. Brake Shoe Holder

Selanjutnya ada komponen rem tromol mobil bernama brake shoe holder. Fungsinya adalah menjaga sepatu rem agar tetap menempel ke backing plate. Komponen tersebut juga berfungsi mendukung gerakan pada sepatu rem. Brake shoe holder punya pin yang terdiri dari per, pengunci, serta pelat penekan.

9. Brake Shoe Adjuster

Bagian brake shoe adjuster pada rem tromol berbentuk sekrup serta ada di bagian bawah rem tromol. Fungsinya yaitu menyetel atau mengatur jarak kampas rem terhadap permukaan tromol saat pedal rem ditekan maupun saat tuas rem ditarik.

Pengereman menggunakan sistem tromol sangat bergantung dengan kemampuan brake shoe adjuster ini.

Jenis Rem Tromol

Rem tromol dibagi ke dalam beberapa jenis sesuai cara kerja piston maupun ketika tromol sedang menekan sepatu rem. Untuk tipe rem dengan berdasarkan pistonnya yaitu single piston serta dual piston. Perbedaannya lebih pada jumlah pistonnya. Kemudian ada 6 jenis rem tromol berdasarkan cara kerja dari sepatu rem, yaitu:

  • Single leading shoes: kendaraan yang menggunakan sistem penggerak mekanis di antara 2 sepatu rem biasanya menggunakan jenis tromol ini.
  • Leading and trailing shoes: menghentikan laju putaran serta meningkatkan sistem pengereman tromol.
  • Two leading shoes: terdiri dari kampas rem dan bergerak berlawanan arah.
  • Uni servo: cara kerjanya gak jauh beda dari leading and trailing shoe. Namun, untuk 1 silinder roda hanya punya 1 piston.
  • Dual servo: cara kerjanya seperti uni servo. Namun, dual servo ini punya 1 silinder roda serta 2 piston
  • Dual fixed cylinder: akan bekerja ketika Bosque menginjak pedal rem. Nanti permukaan kampas rem menempel ke permukaan tromol.

Sudah Tahu Komponen Rem Tromol Mobil dan Fungsinya?

Ternyata memang masing-masing komponen pada rem tromol tersebut punya fungsinya sendiri-sendiri. Sangat penting menjaga dan mengecek setiap komponen tromol tersebut. Dengan begitu, Bosque bakal mendapatkan pengereman yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait