Bagikan!

Komponen Gardan Mobil: Penjelasan, Fungsi, dan Tips Merawatnya

mengganti oli gardan mobil

Peran komponen gardan mobil penting banget untuk performa dan kenyamanan. Apalagi kalau harus menempuh perjalanan jauh seperti untuk liburan. Letak komponen tersebut memang agak tersembunyi yaitu di antara 2 roda bagian belakang.

Setiap komponen pada gardan mobil tersebut punya peran masing-masing. Kalau ada salah satu komponen bermasalah, bisa jadi berpengaruh pada komponen yang lain. Lalu sebenarnya apa saja komponen pada gardan mobil? Simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Komponen Gardan Mobil?

Gardan mobil adalah komponen yang fungsi utamanya yaitu meneruskan tenaga putar dari mesin menuju roda. Itulah mengapa mobil dapat bergerak maju maupun mundur. Selain itu, komponen gardan tersebut juga dapat memperbesar tenaga yang dihasilkan. Komponen-komponen gardan pada mobil antara lain:

  • Drive Pinion Shaft
  • Drive pinion gear
  • Ring gear
  • Spider gear
  • Side gear
  • Spider gear shaft
  • Differential carrier atau differential case
  • Differential oil tube
  • Axle shaft bearing
  • Axle shaft housing
  • Bearing cap
  • Axle shaft housing cap
  • Universal joint flange
  • Adjuster nut
  • Gasket

Fungsi Masing-masing Komponen Gardan Mobil

Seperti penjelasan sebelumnya, masing-masing komponen punya fungsinya tersendiri. Simak informasi secara lebih detail di bawah ini!

1. Drive Pinion Shaft

Komponen yang satu ini merupakan bagian poros pada roda gigi pinion dan menyatu dengan drive pinion gear. Untuk fungsinya sendiri yaitu merupakan poros pemutar dan bakal mengalirkan poros propeller maupun putaran.

2. Drive Pinion Gear

Roda gigi yang punya bentuk seperti nanas. Fungsinya adalah roda gigi pemutar dan bakal mengalirkan tenaga yang berasal dari poros propeller menuju bagian rangkaian gardan.

3. Ring Gear

Komponen gardan mobil berikutnya adalah ring gear. Komponen ini punya bentuk seperti cincin dan ukurannya pun cukup besar. Fungsinya yaitu menjadi penerima putaran drive pinion gear.

4. Spider Gear

Fungsi spider gear adalah sebagai gigi pembeda putaran. Jumlahnya ada 2 serta diletakkan pada tingkat kemiringan mencapai 90º dari side gear. Inilah yang menjadikan mobil tersebut punya tumpuan yang agak ke sisi dalam waktu berbelok ke kiri maupun kanan.

Baca juga: 61 Komponen Mesin Mobil: Fungsi dan Detail Lengkap

5. Spider Gear Shaft

Pergerakan dari spider gear terasa lebih mudah karena ada komponen yang satu ini. Meski terdapat 2 spider, tapi poros gear cuma terdapat 2 bagian saja.

6. Differential Carrier atau Differential Case

Fungsi komponen ini yaitu sebagai rumah untuk meletakkan berbagai komponen gardan mobil. Artinya, ukurannya memang lebih besar dibandingkan komponen-komponen lainnya.

7. Differential Oil Tube

Waktu Bosque melakukan pengisian oli gardan, pastinya bakal menuangkan oli pada lubang pengisian. Nah, nama lubang tersebut adalah differential oil tube.

8. Axle Shaft Bearing

Selanjutnya ada axle shaft bearing. Sebuah komponen yang bakal berputar pada axle shaft housing yang diam. Komponen ini jumlahnya 2 dan masing-masing ada di side gear kanan dan kiri.

9. Axle Shaft Housing

Sebuah komponen gardan mobil ini tugasnya menutup sistem gardan. Fungsinya memang penting banget karena merupakan penutup utama.

10. Bearing Cap

Komponen yang bernama bearing cap ini punya fungsi menahan bearing as roda di sisi side gear.

11. Axle Shaft Housing Cap

Bentuk dari komponen ini yakni seperti tutup serta terdapat baut yang menjadi penutup housing. Komponen ini membuat oli gardan dapat dikeluarkan dengan mudah.

12. Universal Joint Flange

Komponen gardan mobil selanjutnya adalah universal joint flange. Tugasnya adalah penerus putaran yang berasal dari propeller shaft differential biar bisa meredam perubahan sudut. Bukan itu saja, komponen tersebut juga bisa melembutkan perpindahan tenaga.

13. Adjuster Nut

Komponen ini berbentuk mur dan dipakai untuk menyetel celah pada final gear maupun gerakkan pinion gear yang umumnya berputar sebelum komponen final gear bergerak.

14. Gasket

Lalu ada komponen bernama gasket. Komponen ini fungsinya mencegah terjadinya kebocoran pada setiap sambungan waktu ada tekanan. Kebocoran oli gardan pun bisa dihindari berkat gasket ini.

Baca juga: 14 Komponen AC Mobil: Fungsi Harga, dan Cara Kerjanya

Tips Merawat Komponen Gardan Mobil

Beberapa tips penting untuk menjaga biar komponen gardan gak bermasalah yaitu:

1. Ganti Oli Secara Rutin

Tips yang pertama yaitu pastikan Bosque mengganti oli gardan secara rutin. Biasanya penggantian yang direkomendasikan gak lebih dari 2 tahun atau waktu mobil sudah menempuh 40.000 km.

2. Gunakan Oli Gardan Sesuai Spesifikasi Mobil

Gak kalah penting, pastikan Bosque benar-benar pakai oli sesuai spesifikasinya. Setiap mobil punya spesifikasi oli gardan yang berbeda. Biasanya penentuannya berdasarkan viskositas dan API Service. Silakan Bosque cek buku manual atau tanya ke bengkel untuk mengetahui oli gardan yang pas.

3. Hindari Pakai Ban dengan Merk serta Ukuran Berbeda

Salah satu cara menjaga keawetan gardan adalah dengan gak pakai ban yang punya merek serta ukuran berbeda, khususnya poros kanan dan kiri roda. Perbedaan ban bakal sangat mempengaruhi performa gardan sehingga Bosque harus menghindarinya.

4. Hindari Selip Berlebihan

Bosque juga perlu menghindari selip ban secara berlebihan. Apalagi kalau sampai terlalu memaksakan roda berputar pada porosnya dengan kondisi gak ada beban. Khawatirnya bakal mengakibatkan ban selip berlebihan.

Akibatnya, terjadi panas di gardan yang menimbulkan kerusakan oli gardan dan komponen gardan mobil. Kalau memang dalam kondisi terpaksa dan gak ada alat bantu, lebih baik hentikan putaran roda beberapa saat. Tujuannya agar komponen gardan menjadi dingin.

Baca juga: 9 Komponen Rem Tromol Mobil Beserta Fungsinya

Sudah Paham Komponen Gardan Mobil dan Fungsinya?

Sekian informasi seputar komponen gardan beserta fungsinya. Kalau Bosque butuh rekomendasi oli gardan berkualitas, silakan beli di Cakra Motor 11. Di sini tersedia oli gardan dari berbagai merek dan dijamin 100% asli. 

Terkait harga, pastinya sesuai dengan kualitas yang bakal Bosque dapetin. Info selengkapnya bisa langsung mengunjungi website Cakra Motor 11. Semoga bermanfaat.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait