Bagikan!

Fungsi Degreaser dalam Mesin Mobil dan Cara Menggunakannya

fungsi degreaser mobil

Mesin mobil adalah pusat kekuatan kendaraan, jadi menjaga mesin tetap bersih dari minyak atau kotoran dan berfungsi dengan baik adalah langkah terbaik untuk memastikan kinerja mobil terus optimal. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi degreaser

Memangnya, apa itu degreaser? Seberapa penting penggunaannya pada mobil kesayangan Bosque? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Degreaser? 

Singkatnya, degreaser adalah cairan yang berguna buat mengangkat kotoran berminyak di dalam mesin mobil. Biasanya, degreaser mengandung senyawa sodium karbonat buat memecah kandungan minyak kemudian melarutkannya agar bisa keluar dari mesin. 

Ada banyak jenis degreaser yang beredar di pasaran, misalnya dalam bentuk botol spray, jadi Bosque bisa langsung menyemprotkannya ke area yang perlu dibersihin. Uniknya, sekarang fungsi degreaser udah canggih banget, karena ada produk yang pakai teknologi ultrasonik sehingga proses pembersihannya jadi lebih otomatis. 

Degreaser punya dua jenis berdasarkan komposisinya, yaitu degreaser alami dan cair. Jenis yang alami terbuat dari bahan seperti air cuka, soda kue, air lemon, sehingga bisa jadi alternatif jika Bosque nggak menemukan degreaser buatan pabrik. 

Cara membuat degreaser alami pun tergolong gampang banget, karena Bosque cukup siapkan satu sendok makan soda kue, masukkan ke dalam dua gelas air hangat dan kasih tetesan minyak esensial lemon. Lalu, masukkan ke botol semprot agar Bosque bisa pakai buat membersihkan mesin. 

Degreaser cair mengandung zat tambahan yang aktif buat membersihkan lemak sehingga bekerja lebih efektif daripada bahan alami. Adanya tambahan zat aktif bikin degreaser cair bersifat lebih keras, jadi Bosque harus lebih berhati-hati saat menggunakannya. 

Fungsi Degreaser 

Bagian mesin mobil biasanya sangat kotor karena ada sisa pelumasan, noda oli, atau kotoran dari permukaan jalan. Dengan fungsi degreaser, maka nggak cuma minyak yang mudah terangkat, tapi juga kotoran lain seperti debu, tanah, pasir, atau aspal yang masuk ke dalam ruang mesin mobil. 

Kalau kotoran pada mesin mudah terangkat, maka Bosque bisa mengurangi gesekan yang terjadi saat membersihkannya dengan cara menggosok komponen. Fungsi degreaser lainnya adalah menghambat perkembangan korosi di mesin karena adanya kandungan sodium karbonat yang memecahkan tumpukan kotoran. 

Jadi, Bosque nggak perlu khawatir, karena komponen-komponen yang berisiko tinggi terkena korosi seperti sistem pengereman bisa teratasi dengan degreaser. Jangan ragu untuk menggunakannya, ya!

Cara Menggunakan Degreaser 

Degreaser adalah pembersih kotoran berminyak yang mana bisa Bosque pakai dengan mudah, lho. Baca langkah-langkah penggunaannya di bawah ini: 

  1. Sebelum membersihkan ruang mesin, pastikan Bosque sudah mematikan mesin mobil dan mesin nggak lagi di kondisi panas.
  2. Cek semua konektor atau perangkat listrik. Bosque harus pastikan kalau semuanya sudah mati dan bebas dari air untuk menghindari terjadinya korsleting.
  3. Kalau Bosque pakai fungsi degreaser berbentuk cairan, Bosque harus pakai sarung tangan untuk melindungi tangan dari kandungan zat berbahaya di dalamnya.
  4. Lalu, tuang atau semprot degreaser secara perlahan pada komponen yang kotor.
  5. Diamkan selama beberapa menit sampai zat aktif pembersih bekerja dengan baik.
  6. Bersihkan degreaser dari permukaan mesin pakai lap microfiber dan pastikan nggak ada kotoran yang masih ketinggalan.
  7. Kalau mesin masih kelihatan kotor, Bosque bisa ulangi kembali langkah di atas sampai mesin benar-benar bersih dari kotoran berminyak. 

Baca juga; 4 Alasan Tidak Boleh Terlambat Ganti Oli Mobil

Tips Memilih Fungsi Degreaser untuk Mesin Mobil 

Sekarang, ada banyak banget produk degreaser yang bisa Bosque pilih. Tapi, Bosque tetap harus teliti sewaktu memilih agar sesuai sama kebutuhan mobil. Biar nggak salah pilih, baca tips memilih degreaser di bawah ini. 

1. Perhatikan Tingkat Flammability 

Biasanya, fungsi degreaser yang mengandung bahan alkohol dan pelarut hidrokarbon itu mudah terbakar. Makanya, untuk mencegah hal itu terjadi, Bosque harus pilih degreaser yang punya tingkat flammability rendah. 

Tapi, kalau Bosque kesulitan buat cari degreaser yang nggak mengandung alkohol, maka pastikan Bosque membersihkan mesin mobil pas mesin mobil sudah dingin untuk menghindari kebakaran. 

2. Kesesuaian Material 

Ada beberapa jenis degreaser yang efeknya bisa memicu reaksi tertentu saat Bosque memakainya di material berbahan plastik atau karet. Degreaser yang nggak cocok akan berakibat fatal karena bisa melunakkan plastik sampai bahkan menggores mesin. Tentu akan berbahaya karena komponen dalam ruang mesin punya segel dari material kuat. 

3. Kandungan Racun 

Fungsi degreaser memang ampuh buat bersihkan kotoran karena kandungan bahan aktifnya juga sangat kuat. Tapi, bahan aktif itu sering kali berbahaya untuk kesehatan. 

Bosque sebagai pengguna mobil bisa menghindari degreaser yang mengandung bahan Perchloroethylene, N-Propyl Bromide, Trichloroethylene. Ketiga bahan aktif itu punya tingkat toksisitas yang tinggi sehingga berisiko untuk kesehatan pengguna. 

4. Ramah Lingkungan 

Kandungan yang ada di dalam degreaser juga menjadi hal yang harus Bosque perhatikan, nih. Selain bisa membahayakan lingkungan, kandungan bahan dasarnya juga bisa merusak lingkungan. Sebaiknya Bosque menghindari degreaser yang menggunakan senyawa organik mudah menguap, ya.

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Filter Oli Mobil Bocor yang Wajib Diketahui

cakra motor 11

Sudah Mengerti Tentang Fungsi Degreaser

Itulah penjelasan lengkap mulai dari pengertian, tips memilih, dan fungsi degreaser yang harus Bosque ketahui. Pastikan sebelum menggunakannya, Bosque sudah baca petunjuk penggunaan agar Bosque nggak salah pakai dan mengurangi dampak yang mungkin muncul akibat pemakaian degreaser

Bosque bisa dapatkan segala produk perawatan dan aksesoris mobil sampai motor yang pasti ready dan original hanya di Cakra Motor 11. Mulai dari aki, oli mesin, cooler, filter AC, greaser, oli filter, minyak rem, dan lain-lain. Jangan khawatir harganya mahal, karena kami menjual produk berkualitas dengan harga paling pas di kantong.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait