Bagikan!

4 Alasan Tidak Boleh Terlambat Ganti Oli Mobil

Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang

Terlambat ganti oli mobil bisa berdampak buruk pada mesin kendaraan, Bosque. Sebab, oli adalah komponen penting pada kendaraan yang berperan sebagai pelumas, pelindung, juga pendingin mesin. Jadi, sangat penting untuk Bosque rutin menggantinya. Yuk, cari tahu fungsi, jenis, dan alasan gantinya lebih dalam!

Fungsi Oli Mobil ke Mesin

Oli punya beberapa fungsi yang penting banget buat kinerja mobil. Salah satunya adalah sebagai pelumas mesin mobil yang bergerak. Oli mesin punya peranan sangat penting buat mencegah keausan dan kerusakan pada komponen mesin mobil. Lantas, apa saja fungsi lain dari oli mobil?

  1. Pelumas untuk setiap komponen pada mesin mobil. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang mobil.
  2. Meredam getaran pada kendaraan dengan peredam kejutan. Sebab, karakteristik oli yang dingin dan kental membuatnya bisa menyerap getaran dengan peredam kejutan ketika mesin bekerja.
  3. Perekat komponen mesin untuk menggerakkan semua komponen pada mobil. Jadi, jangan sampai Bosque terlambat ganti oli mobil.
  4. Mencegah kebocoran gas pada ruang bakar mobil. Ini bisa saja terjadi karena oli punya kemampuan buat melumasi setiap komponen dalam mesin. 
  5. Mendinginkan mesin mobil dan menjaga mesin dalam keadaan stabil.
  6. Mencegah terjadinya korosi pada komponen mesin mobil karena paparan polusi yang menempel di mesin mobil.

Jenis Oli Mobil

Selain jadi salah satu komponen vital dan buat Bosque nggak boleh terlambat ganti oli mobil. Tapi, Bosque tahu nggak kalau oli mobil itu punya jenis yang lumayan beragam? Apa aja sih jenisnya? Yuk, kenalin di sini!

1. Oli Gardan

Oli gardan atau differential berfungsi buat melumasi gigi di gardan mobil. Jenis pelumas yang satu ini bisa buat melindungi pinion gear biar nggak sampai bergesekan sama bearing. 

Perlu Bosque tahu juga kalau oli gardan harus diganti setiap menempuh jarak 40.000 km dan kelipatannya. Terus, Bosque juga wajib ganti oli gardan kalau kedengaran bunyi dengung waktu mobil berbelok.

2. Oli Transmisi

Ada juga oli transmisi yang berfungsi sebagai pelumas di sistem transmisi mobil. Karena itu, Bosque nggak boleh sampai terlambat ganti oli mobil satu ini. Tujuannya biar proses transmisi bisa Bosque lakukan dengan mudah dan juga halus. 

Di sistem transmisi yang otomatis, jenis oli ini bakal bekerja pada bagian clutch dan torque. Sementara jenis oli yang digunakan di mobil bertransmisi manual biasanya punya konsistensi yang lebih kental. 

Intinya, akan lebih baik kalau Bosque rutin melakukan penggantian oli. Buat mobil manual adalah yang sudah menempuh jarak 10.000 km. Kalau buat mobil matic gantinya setelah menempuh jarak 20.000 km.

4 Alasan Tidak Boleh Terlambat Ganti Oli Mobil

Dampak terlambat ganti oli mobil sangatlah buruk, baik buat kendaraan itu sendiri maupun buat keamanan Bosque sebagai si pengendara. Lantas, apa aja sih alasan dan dampak kalau Bosque telat ganti oli mobil? Ini penjelasan lengkapnya!

1. Mesin Cepat Panas

Kalau Bosque sampai telat ganti oli mobil bisa buat mesin jadi cepat panas. Terlebih lagi kalau Bosque sering melakukan perjalanan jauh yang bakal buat mesin kerja lebih berat. 

Nah, buat mencegah hal itu terjadi, Bosque harus rutin melakukan penggantian oli sesuai dengan jadwal yang seharusnya. Jadi, mobil bakal tetap nyaman dan aman buat Bosque pakai sehari-hari.

2. Suara Mesin Kasar

Terlambat ganti oli mobil juga berpengaruh ke suara mesin, lho. Kenyamanan pengendara tentunya bakal terganggu karena suara kasar di mesin mobil. Kalau hal ini Bosque biarkan, tentunya akan memperparah kondisi mobil. Salah satunya bakal menimbulkan kerusakan pada mesin lebih cepat.

3. Boros Bahan Bakar

Oli memang bisa jadi pendingin mesin, tapi itu berlaku kalau olinya bersih. Oli yang kotor justru bakal buat tarikan mesin jadi lebih berat. Jadi, bakal berakibat ke besarnya pembakaran yang terjadi. Akibatnya, mesin bakal bekerja lebih keras dan menyebabkan borosnya bahan bakar. 

4. Menurunnya Kinerja Mesin pada Mobil

Terlambat ganti oli mobil juga bakal berpengaruh ke menurunnya kinerja mesin, karena buat mesin jadi kering. Selain kering, oli yang nggak segera Bosque ganti juga bakal bercampur sama kotoran yang menyebabkan oli jadi lebih kental. Sehingga pelumasan pun nggak bisa bekerja dengan baik.

Hal inilah yang kemudian jadi sebab kinerja mesin lebih berat karena gesekan yang lebih di dalam mesin. Akibatnya, bagian dalam mesin mobil pun bakal rusak dan berpengaruh ke kinerjanya yang nggak maksimal.

cakra motor 11

Rugi Jika Sampai Bosque Terlambat Ganti Oli Mobil!

Ada banyak akibat atau dampak kalau Bosque sampai malas dan terlambat ganti oli mobil. Nggak cuma berdampak buruk ke kendaraan, tapi juga bakal sangat membahayakan Bosque sendiri sebagai pengendara. 

Karena itu, yuk segera lakukan penggantian oli mobil sesuai jadwal yang seharusnya. Selain bisa ganti oli di bengkel, Bosque bisa ganti sendiri dengan beli oli di Cakra Motor 11. Kenapa sih harus beli Cakra Motor 11? 

Soalnya, Cakra Motor 11 menyediakan banyak banget jenis oli yang bisa Bosque sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, Cakra Motor 11 juga memiliki banyak cabang. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, hubungi contact center cabang terdekat Cakra Motor 11 dan dapatkan penawaran terbaiknya!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait