Bagikan!

Cara Buang Angin Rem Mobil, Praktis untuk Kinerja Optimal Rem     

cara buang angin rem mobil

Sebagai pemilik mobil, Bosque wajib mengetahui rangkaian cara buang angin rem mobil. Cara ini perlu dilakukan agar kinerja rem mobil bisa berjalan optimal. Lantas, apa saja cara yang harus Bosque lakukan untuk mengatasi sistem hidrolik rem mobil yang kemasukan angin? Berikut adalah 6 caranya! 

6 Cara Buang Angin Rem Mobil 

Gelembung udara atau angin palsu kerap mengganggu sistem hidrolik rem mobil. Itu sebabnya, Bosque perlu membuang angin palsu tersebut dengan menerapkan langkah-langkah praktis di bawah ini! 

1. Parkir Kendaraan di Posisi Datar

Pertama-tama, Bosque harus mencari area dengan permukaan yang datar untuk memarkir mobil. Posisi permukaan yang datar akan memudahkan Bosque saat mendongkrak mobil guna melakukan pengecekan angin di rem mobil. 

2. Cek Oli Rem 

Cara buang angin rem mobil berikutnya adalah dengan mengecek oli rem. Biasanya, kondisi minyak rem yang kotor dan hampir habis akan memicu sistem hidrolik terkena angin palsu. 

Maka dari itu, Bosque perlu mengecek minyak/oli rem dengan membuka tutup reservoir tangki minyak remnya. Lakukan pengecekan ini secara berkala guna memastikan minyak rem masih dalam kondisi penuh dan bagus. 

3. Persiapkan Kunci Nipel Rem 

Sebelum mengganti minyak rem dengan yang baru, sebaiknya persiapkan dulu nipel dan satu botol berisi minyak rem. Kemudian, pasang selang dalam posisi bagian ujungnya tercelup oli rem. Sedangkan sisi ujung lainnya terpasang di nipel rem. 

Saat memasang selangnya, pastikan bahwa diameter selang yang terpasang sudah pas, sehingga tidak perlu perbaikan lagi. 

4. Lakukan Bleeding

Apa itu bleeding dalam rangkaian cara buang angin rem mobil? Secara umum, bleeding rem adalah proses membersihkan sistem hidrolik mobil dari udara yang terperangkap di dalamnya. 

Sederhananya, proses ini bertujuan untuk mengeluarkan gelembung udara dari sistem pengereman agar rem bisa berjalan optimal kembali. Cara bleeding cukup mudah, yaitu dengan memutar nipel rem sebanyak setengah putaran dan melawan arah jarum jam. 

5. Posisikan Transmisi Rem di Kondisi Netral 

Bagi jenis kendaraan yang memakai booster rem, disarankan untuk memposisikan transmisi rem pada kondisi netral dan rem tangan non aktif. Cara ini dilakukan untuk menghindari kendaraan bergerak secara tiba-tiba. 

Selanjutnya, mintalah bantuan seseorang untuk menginjak pedal rem sebanyak 3 – 5 kali. Di posisi tersebut, Bosque harus segera memutar nipel rem sebanyak setengah putaran dan berlawanan dengan arah jarum jam. Dalam sekejap, semprotan selang akan terbuka dan mengeluarkan udara palsu. 

6. Bersihkan Sisa Minyak Rem 

Lakukan tahapan cara buang angin rem mobil tersebut berulang-ulang sampai gelembung udara pada rem keluar. Kemudian, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa minyak rem berceceran agar tidak merusak bagian rem lainnya. 

Baca juga; 10 Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

3 Penyebab Angin Masuk ke Saluran Rem Mobil 

Bukan hanya manusia, ternyata rem mobil juga bisa mengalami masuk angin atau kemasukan angin. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut! 

1. Kurang Minyak/Oli Rem 

Tangki reservoir yang dibiarkan kosong dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan gelembung udara lebih gampang masuk ke sistem pengereman. Daripada Bosque melakukan cara buang angin rem mobil, lebih cegah dengan tidak membiarkan tangki reservoir kehabisan minyak/oli rem. 

2. Akibat Mengganti Komponen Hidrolik Rem 

Apabila tidak dilakukan oleh ahlinya, mengganti komponen sistem hidrolik rem seperti pompa ABS ternyata bisa memicu masuknya angin palsu. Cara terbaik untuk meminimalisir masalah ini adalah mengganti komponen rem dengan teknik pemasangan yang benar. 

3. Akibat Penggantian Minyak Rem 

Mengganti minyak rem juga tidak boleh dilakukan oleh orang sembarangan. Jadi kalau Bosque belum ahli, daripada melakukan cara buang angin rem mobil, lebih baik mintalah bantuan tukang bengkel untuk mengganti minyak rem Bosque dengan yang baru. 

Apabila dalam prosesnya Bosque merasa remnya kempos, mungkin disebabkan oleh udara yang ikut masuk ke dalam sistem pengereman. Maka dari itu, jangan asal-asalan saat mengganti minyak rem baru.  

Baca juga; Daftar Lengkap Komponen Rem Cakram Mobil dan Fungsinya

Cara Buang Angin Rem Mobil dengan Oli Cakra Motor 11, Bisa? 

Kalau kinerja rem mobil Bosque terasa kurang optimal, segera lakukan pengecekan agar remnya tidak blong. Sebenarnya, rem yang kurang optimal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gelembung udara yang masuk ke dalam sistem hidrolik rem. 

Maka, solusi terbaik yang wajib Bosque lakukan adalah membuang angin tersebut dari sistem pengereman mobil. Ada banyak cara buang angin rem mobil yang bisa Bosque lakukan, misalnya mengecek oli rem. 

Apabila oli rem di mobil Bosque habis, segera ganti dengan minyak/oli rem yang baru. Situs web Cakra Motor 11 telah menyediakan berbagai produk minyak rem terbaik dengan harga terjangkau. Jika tertarik membeli, Bosque bisa kunjungi Cakra Motor 11 untuk mendapatkan minyak rem original dan berkualitas!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait