Oli Transmisi Manual Mobil dan Fungsinya

rekomendasi oli transmisi manual mobil

Oli Untuk Transmisi Manual Mobil, cakramotor11.com/blog – Berkendara dengan mobil itu asik, saking asiknya banyak orang yang abai sama perawatan mobilnya. Siapa yang begitu? Coba absen di komentar ya ke bang ori, ada satu point penting dalam perawatan mobil yaitu oli mesin yang utama beserta turunannya seperti gear oil atau oli transmisi pada mobil manual.

Sebagai pemilik mobil, kita perlu mengetahui nih bosque mesin mobil kita dalam keadaan sehat atau tidak. Cara ceknya mudah saja, seperti melakukan perpindahan gigi masih smooth atau tidak, sampai pada bunyi suara mesin kita bosque. Setiap mobil itu punya kebutuhan liter oli yang berbeda, ada yang cukup 3 liter, ada yang cukup banyak sampai 4 liter, bukan 1 liter ya bosque.

Selain oli mesin seperti yang biasa kita ketahui, kita juga perlu mengetahui ada satu jenis oli lagi yang dibutuhkan, terutama pada mobil manual, yaitu oli transmisi, oli transmisi mobil manual ini punya spesifikasi tertentu.

Fungsi transmisi pada mobil:

transmisi gigi mobil
Tranmsmisi Mobil Manual

Kita perlu tahu dulu nih bosque apa itu transmisi pada mobil, transmisi itu merupakan bagian dari kendaran yang berfungsi mengubah kecepatan dan juga putaran mesin jadi berbeda sedikit dengan oli gardan mobil. Sistem dari transmisi akan bekerja melakukan perpindahan dari tenaga yang berasal dari diferensial.

Kerjasama yang unik dari mesin, transmisi dan juga kampas koplingnya perlu diperhatikan. Ciri oli transmisi itu seperti apa, oli transmisi biasanya memiliki SAE yang besar minimal 40 atau di atasnya.

Fungsi oli transmisi:

Oli transmisi bekerja supaya pelumasan gear jadi baik, oli transmisi akan melakukan pelumasan pada gear percepatan, synchromesh dan juga komponen lain dan berguna mencegah keausan komponen. Perbedaan oli transmisi dan oli gardan itu pada komponen yang dilumasi dan cara kerja dari oli itu sendiri.

Kalau oli transmisi akan melumasi komponen dan system transmisi mobil, dengan cara mengubah perbandingan dari rasio kecepatan.

Berapa sih SAE oli transmisi manual ini?

Oli untuk transmisi manual ini biasanya menggunakan SAE 40, 80 atau juga SAE 90. Jadi berapa sae oli transmisi manual? 40, 80 dan juga 90 ya bosque. Lalu harga oli transmisi ini bearapa? Untuk harganya sendiri memang bervariasi, untuk di Cakra Motor 11 sebagai toko oli mobil terbaik, harganya mulai dari Rp 70.000 saja, dan paling mahal hanya Rp 100.000.

Memang harga oli transmisi mobil ini tidak terlalu mahal. Untuk mengganti oli transmisi disarankan langsung ke bengkel langganan terbaik seperti Cakra Motor 11.

Ukuran oli transmisi berapa liter?

Ada perbedaan pada objek yang dilumasi maka takaran oli transmisi mobil manual pun berbeda. Biasanya nih bosque, kapasitas oli transmisi pakai rasio 1 sampai 1,2 liter oli ya.

Rekomendasi ganti oli transmisi mobil:

Oli transmisi mobil manual ini disarankan diganti pada inverval rata-rata 40.000 sampai pada 80.000 untuk transmisi mobil matic secara berkala. Oli yang biasanya paling sering digunakan adalah sae 80-90 untuk mobil-mobil saat ini. Waktu ganti oli transmisi mobil manual maksimal 80.000 km sekali.

Rekomendasi yang disarankan:

Oli transmisi mobil manual di Cakra Motor 11 sangat beragam, bosque bisa membeli sesuai dengan kebutuhan mobil bosque, bisa saja misalnya bosque ganti oli transmisi manualnya di Cakra Motor 11 secara langsung ataupun membeli di Tokopedia secara online.

  • Shell Spirax S3 G80 1LT

oli transmisi spirax

Oli transmisi mobil manual pertama adalah dari Shell dengan varian Spiraxnya. Oli ini memiliki spesifikasi SAE 80W dan juga API GL-4. Harga oli transmisi manual dari Shell ini di Cakra Motor 11 Rp 90.000.

  • Speedline Super Gear LSD GL5 75W90 1LT.

speedline gear oil

Pelumas transmisi yang selanjutnya ada dari Speedline nih bosque, oli ini memiliki spesifikasi yang juga cukup untuk transmisi mobil kamu. Spesifikasi oli Speedline ini adalah SAE 75W-90 dan juga API GL-5. Oli ini juga bisa digunakan semua mobil manual ya bosquee. Kalau harganya sendiri sih di Cakra Motor 11 sangat terjangkau, Cuma Rp 100.000 untuk 1lt.

  • Mobil Lube HD 80W-90 1LT.

rekomendasi oli transmisi manual mobil

Ada juga dari Mobil, brand mobil ini juga gak kalah bagus dalam mengeluarkan oli transmisi. Untuk spesifikasinya adalah SAE 80W-90 dan API GL-5 dengan harga yang sangat terjangkau di Cakra Motor 11, Rp 90.000 saja.

  • Castrol MTF GL4 80W90 1LT.

castrol gear oil transmission

Oli transmisi manual selanjutnya adalah Castrol MTF, Cakra Motor 11 juga merekomendasikan Castrol ini. Rekomendasi kami selain oli transmisi mobil manual ini terjangkau, dia juga membali teknologi wear protection. Spesifikasi Castrol MTF GL4 80W90 ini adalah SAE 80W-90 dan API GL-4. Castrol ini juga cocok untuk transmisi manual mobilmu bosque.

Kesimpulan:

Oli transmisi ini sangat berperan penting bosque, pasalnya dengan oli transmisi ini yang akan melumasi transmisi mobil kita. Transmisi mobil secara berkesinambungan melakukan perpindahan percepatan dari mobil sehingga kita bisa melaju dengan kondisi yang disesuaikan.

Mulai dari gigi terendah sampai gigi tertinggi itu yang melumasi adalah oli transmisi mobil ini. Perlunya memilih oli transmisi mobil manual yang bagus untuk mobil.

Pilihan oli transmisi mobil baik manual dan juga matic bisa diperoleh di Cakra Motor 11 bisa dibeli secara online maupun datang ke cabang-cabang dari Cakra Motor 11 yang tersebar lebih dari 5 cabang yang ada di Jakarta, Depok, Tangerang, dan lainnya. Harga oli transmisi mesin mobil ini bervariasi dimulai dari Rp 70.000 saja.

Beli oli transmisi mobilmu sekarang, klik disini…

Artikel Terbaru

Artikel Terkait