Bagikan!

jual oli mobil terdekat

Jual Oli Mobil Terdekat – Semua orang tahu bahwa oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas di mesin alias dapur pacu kendaraan. Selama ini kebanyakan dari kita paling familiar hanya dengan oli mesin, padahal sebuah mobil atau kendaraan roda empat setidaknya memerlukan lima jenis oli berbeda yang masing-masing memegang peranan penting. Setiap oli memiliki kegunaan tersendiri dan masa pakai yang berbeda. Kita akan membahasnya di artikel ini.

Jenis Oli

jual oli mobil terdekatAnda tentunya tak ingin mobil Anda bermasalah di lain hari, bukan? Oleh karena itu Anda harus mengenal jenis-jenis oli yang diperlukan mobil Anda dan tahu kapan sebaiknya mengganti oli Anda.

1. Oli Mesin

Yang satu ini tentu Anda sudah sangat mengenalnya. Yang harus diketahui, oli mesin sebenarnya masih bisa dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan bahannya, yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan oli full sintentik. Oli mineral dibuat dari bahan minyak bumi murni sehingga ini dianggap sebagai oli yang paling aman untuk mobil secara umum. Oli semi sintetik adalah campuran dari oli mineral dan oli sintetik (bahan buatan), sedangkan oli full sintetik sepenuhnya dibuat dari bahan sintetik. Oli semi sintetik dan full sintetik didesain untuk memenuhi kebutuhan mesin pada mobil-mobil tertentu.

Penggantian oli mobil, khususnya oli mineral, sebaiknya dilakukan setiap 5.000 sampai 10.000 kilometer. Tapi banyak pakar menyarankan untuk mengganti oli berdasarkan acuan running hours mesin.

2. Oli Transmisi

Oli transmisi berfungsi melumasi sistem transmisi gigi mobil (manual atau matic) dan merawat komponen di dalamnya agar awet. Untuk mobil manual, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 30.000 hingga 40.000 kilometer. Sementara untuk mobil matic oli transmisi sebaiknya diganti di bawah jarak tempuh 30.000 kilometer.

3. Oli Power Steering

Oli power steering berfungsi melumasi kemudi atau setir mobil agar lebih nyaman dan terjaga keamanannya. Anda perlu mengganti oli ini bila setir kendaraan Anda mulai terasa agak berat dan kurang nyaan. Jika memakai patokan kilometer, oli ini bisa diganti setiap 40.000 sampai 50.000 kilometer. Jika sebelum mencapai jarak 40.000 kilometer oli power steering Anda sudah menghitam atau kotor, maka sebaiknya ganti saja.

 

Baca Juga : Daftar Toko Oli Alam Sutera Paling Recomended

 

4. Oli Gardan

Gardan (differential) merupakan komponen gear yang berfungsi meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Gardan berada di dalam transmisi atau di bagian bawah mobil dan membutuhkan pelumasan rutin dengan oli gardan agar kinerjanya menjadi lebih halus dan lancar. Oli gardan sebaiknya diganti setiap 50 ribu sampai 80 ribu kilometer.

5. Oli Rem

Banyak orang menyebut oli rem dengan istilah minyak rem yang berfungsi memperlancar sistem pengereman, lebih tepatnya menyalurkan tenaga agar rem lebih pakem. Minyak rem dikelompokkan menjadi beberapa tingakatan, misalnya DOT 2, DOT 3, dan DOT 4. Semakin tinggi angkanya, titik didih dan kualitasnya juga semakin tinggi. Minyak rem sebaiknya diganti antara dua sampai tiga tahun sekali. Jika oli sudah berubah warna menjadi cokelat atau hitam, maka sebaiknya segera ganti agar performa rem mobil Anda maksimal. Ingat, rem berperan sangat besar dalam menjaga keamanan Anda ketika berkendara.

Tips Memilih Oli Mobil

Memilih oli yang tepat untuk mobil Anda sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda bisa membaca informasinya di buku manual kendaraan atau bertanya pada montir di bengkel. Namun sebagai penambah wawasan Anda, berikut adalah tips singkat untuk memilih oli yang cocok dengan mobil Anda.

1. Perhatikan spek kendaraan

Seperti disinggung di atas, setiap mesin kendaraan butuh oli yang berbeda. Anda boleh memilih merk apa saja selama cocok dengan spesifikasi mobil Anda.

2. Perhatikan tingkat kekentalan

Tingkat kekentalan alias tingkat viskositas penting diperhatikan saat memilih oli. Anda bisa berganti-ganti merk oli, tapi tingkat kekentalannya harus selalu sama. Informasi tentang tingkat kekentalan oli yang dibutuhkan mobil Anda bisa Anda baca di buku manual mobil. Salah menentukan tingkat kekentalan bisa berakibat buruk bagi mesin, jadi Anda bisa juga bertanya pada mekanik di bengkel untuk memberikan rekomendasinya pada Anda.

3. Perhatikan kode oli

Oli memiliki kode tertentu seperti API. API SM dirancang khusus untuk mobil-mobil beteknologi baru yang memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik. Untuk mobil keluaran tahun 2004 ke bawah, dianjurkan memakai oli berkode SL. Sedangkan untuk mobil tahun 2001 ke bawah, sebaiknya memilih oli kode SJ.

4. Perhatikan jenis oli

Di atas sudah dijelaskan beberapa jenis oli. Saat ini oli sintetik adalah yang paling banyak diminati, tapi harus dicatat bahwa oli ini hanya cocok untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (turbo, supercharger, DOHC, dan lainnya) yang membutuhkan pelumasan lebih baik. Bila mobil Anda keluaran lama, Anda bisa memilih oli jenis mineral atau semi sintetik.

5. Perhatikan kode huruf W

Oli juga memiliki kode huruf “W” di belakang angka awal yang merupakan kependekan dari “Winter” alias musim dingin. Sebagai contoh, oli berkode SAE 15W-50 memiliki tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan spesifikasi semacam itu, oli mampu memberikan perlindungan maksimal saat mesin dinyalakan pada kondisi paling ekstrim sekalipun.

Kita sudah membahas jenis-jenis oli mobil dan tips memilih oli yang baik untuk mobil Anda. sekarang saatnya kita cari tahu di mana tempat membeli oli mobil yang paling terpercaya.

Tempat Jual Oli Mobil Terdekat

jual oli mobil terdekat

Anda bisa mendapatkan oli apapun yang Anda inginkan dari tempat jualan oli terdekat di sekitar Anda. Pergilah ke bengkel resmi, bengkel umum, toko onderdil, marketplace, atau toko online untuk mendapatkan oli yang Anda cari. Dan salah satu contoh tempat terbaik yang menjual oli asli berkualitas adalah Cakra Motor 11. Anda bisa menemukan bengkel Cakra Motor di lima tempat terdekat berikut:

1. Cakra Motor 11 Jakarta Selatan

2. Cakra Motor 11 Jakarta Barat

3. Cakra Motor 11 Jakarta Kota

4. Cakra Motor 11 Gading Serpong

5. Cakra Motor 11 Cinere

 

Mengapa harus membeli oli di Cakra Motor 11? Karena Cakra Motor 11 adalah sentra aki dan oli yang sudah sangat terpercaya selama bertahun-tahun. Mereka hadir di Jakarta dan sekitarnya dan kini tengah menjangkau pelanggan seluas-luasnya dengan membuka toko online di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Di Tokopedia, Cakra Motor 11 menjual beragam oli dan aki bermerk dan bergaransi dengan layanan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia.

Cakra Motor 11 memiliki staf yang berpengalaman dan akan melayani Anda sebaik-baiknya. Anda bisa bebas bertanya dan berkonsultasi tentang masalah apapun pada kendaraan Anda. Bawalah kendaraan Anda ke bengkel Cakra Motor 11 untuk diservis dan jangan khawatir kantong Anda akan jebol karena Cakra Motor 11 terbukti memiliki tarif termurah. So jangan ragu lagi, kunjungi Cakra Motor 11 sekarang juga.  Untuk informasi lengkap tentang produk atau bagi anda yang ingin berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait