Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Oli Mobil?

ganti oli mobil

Waktu Untuk Ganti Oli Mobil cakramotor11.com/blog – Sobat cakramotor, gimana kabar Anda? Semoga tetap sehat dan sukses selalu ya. Kalau Anda sebagai owner sudah sehat, apakah mobil Anda beserta mesinnya dalam keadaan sehat? Salah satu kesehatan mobil itu dinilai dan dilihat dari oli yang digunakan dan perawatan oli tersebut.

Pada dasarnya oli itu harus diganti secara berkala, setidaknya setiap beberapa km yang dianjurkan seperti 6 bulan sekali, 5.000 KM untuk oli dengan campuran mineral, 10.000 KM untuk oli dengan full sintetik. Oli mobil berperan penting dalam menjaga umur serta performa kendaraan itu sendiri, tanpa oli mesin akan rusak dan komponen akan menjadi tergores antar komponen lainnya, maka dari itu pelumas oli penting!

Mulai dari kondisi jalan, gaya berkendara sampai bahan bakar dan oli itu mempengaruhi umur mesin mobil agar tetap baik dan tidak mengalami kerusakan. Waktu penggantian oli juga harus diperhatikan, dilakukan secara rutin serta disarankan juga menggunakan oli baru yang berkualitas baik. Disarankan untuk membaca buku manual kembali untuk menyesuaikan mesin dengan SAE oli yang sesuai.

Secara mudah ada salah satu cara melihat keadaan oli mobil kita masih dalam keadaan baik atau tidak dari saat kita menghidupkan mesin mobil indicator oli mati dalam waktu kurang dari 3 detik. Jika indicator oli mati dalam waktu dibawah 3 detik, boleh diartikan oli masih dalam keadaan baik sobat. Namun ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan dalam mengetahui waktu yang tepat untuk ganti oli mobil.

Kapan Waktu Untuk Ganti Oli Mobil yang baik?

  • Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Oli Mobil? Ketika Mesin sudah mulai kasar.

ganti oli mobil
Ganti oli mobil ketika suara mulai kasar

Oli mesin mobil sudah harus diganti olinya ketika suara mesin sudah mulai agak kasar sobat hal ini penting untuk sebagai indikator. Karena perputaran mesin sudah mulai berat, diakibatkan oli sudah tidak mampu lagi melumasi dengan baik, disaat itulah oli mesin sudah mulai bisa diganti. Penggantian oli mesin itu harus secara rutin, jenis oli mobil harus sesuai, agar tidak memberatkan kinerja mesin.

  • Kapan Waktu Untuk Ganti Oli Mobil? Ketika berubahnya warna oli.

ganti oli mobil ketika oli berubah warna
ganti oli mobil ketika oli berubah warna

Pengecekan yang selanjutnya adalah perubahan pada warna olinya. Jika ada waktu lebih, Anda bisa mengecek sendiri warna oli mobil Anda sekarang, karena jika oli mobil sudah mulai gelap menghitam serta teksturnya encer, maka oli mobil sobat cakramotor harus diganti sekarang.

  • Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Oli Mobil? Ketika jarak tempuh semakin jauh.

Nah memang ini sudah banyak yang tahu sobat, tetapi selain dua faktor di atas, sobat cakramotor pun harus mulai memperhatikan ketika jarak tempuh mobil sudah mulai tinggi. Karena jarak tempun semakin tinggi, akan membuat kualitas oli menurun, dimana penggantian oli disarankan ketika mobil sudah mencapai 4.000-6000 KM. Jarak tempuh tersebut dirasa paling safe untuk mobil yang digunakan harian.

  • Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Oli Mobil? Ketika oli sudah berkurang dari indicator tongkat blok oli mesin.

ganti oli mobil ketika oli berkurang
ganti oli mobil ketika oli berkurang

Pastikan mesin mobil sudah dingin dan mobil terpkarkir di permukaan yang rata ya sobat. Lalu langkah selanjutnya adalah menarik stick oli, bersihkan ujungnya dan perhatikan jangan sampai terbalik ya posisinya, biar kita tahu oli berada pada level apa, karena pada stick tersebut ada dua keterangan yaitu Full dan Empty. Langkah selanjutnya, masukan kembali hingga ke ujung dan tarik kembali sticknya, lalu lihat ketinggilan oli berada dimana? Dengan keterangan, Oli rendah berada di bawah huruf L, oli harus ditambah.

>>> Baca Juga Yang Menarik : KELEBIHAN MOLEKUL CERDAS CASTROL MAGNATEC DIESEL 10W30

Cakra Motor 11, Toko Oli Mobil Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Bagi Anda yang berminat untuk mencari bengkel oli mobil terbaik di Jakarta, Anda dapat membelinya di Cakra Motor 11. Bengkel resmi Cakra Motor 11 berlokasi di kawasan Jabodetabek. Karena memiliki banyak bengkel resmi, Anda dapat dengan mudah menemukan bengkel oli mobil terbaik di Jakarta dan sekitarnya ini.

Review Beli Oli Terbaik di Jakarta

Berikut alamat bengkel resmi Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya:

  • Cakra Motor 11 Jakarta Barat

Untuk lokasinya berada di Jl. Taman Surya Boulevard No. 3, RT. 13 / RW. 03, Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11830, nomor telepon/WhatsApp 087877708891.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Kota

Untuk lokasinya berada di Jl. Ratu Kemuning No.26, RT. 09 / RW.13, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520, nomor telepon/WhatsApp 087877708892.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Jl. Sultan Hasanudin Blok B Nomor 9, RT. 03 / RW. 01, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160, nomor telepon/WhatsApp 087877708893.

  • Cakra Motor 11 Cinere, Depok

Untuk lokasinya berada di Pasar Segar Ruko AutoPart Blok ROA No.3, RT 01,RW 08, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514, nomor telepon/WhatsApp 087777796335.

  • Cakra Motor 11 Gading Serpong, Tangerang

Untuk lokasinya berada di Jl. Raya Kelapa Puan Blok AD14 no 16&17, Pakulonan Bar., Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810, nomor telepon/WhatsApp 087777796334.

  • Cakra Motor 11 ITC Fatmawati, Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Ruko ITC Fatmawati (Sebelah MOR) Blok B1 No 6 Cipete Utara – Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, nomer telepon/whatsapp 0878-7770-8893

Bagi yang berada di luar Jabodetabek Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100%  pasti original, selalu ready stock, dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Jadi percayakan segala keperluan mobil Anda pada Cakra Motor 11. Bila Anda ragu, Anda bisa menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711 untuk menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan kendaraan Anda.

 

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait