Bagikan!

Tips Memilih Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat Dengan Anda

ganti oli mobil terdekat

Ganti Oli Mobil Terdekat – Sebagian besar orang tidak melakukan pemeliharaan mobil sendiri karena berbagai alasan, misalnya tidak paham atau tidak berpengalaman dengan mesin dan onderdi mobil lain, tidak punya peralatan montir yang memadai, atau tidak punya waktu. Solusinya simpel, cukup bawa mobil ke bengkel terdekat untuk direparasi. Salah satu servis yang paling sering dilakukan pemilik mobil adalah ganti oli.

Ganti oli mobil di Cakra Motor 11, cepat, mudah & banyak cashbacknya! Klik disini..

Mengapa ganti oli? Pasalnya oli adalah bagian vital yang mendorong kinerja mesin agar lebih baik dan lebih awet. Tanpa oli, bisa dipastikan mobil akan segera turun mesin. Oli berfungsi melumasi, melindungi, dan mendinginkan komponen-komponen mesin yang bekerja ketika kendaraan sedang berjalan. Tanpa oli, komponen-komponen tersebut akan bergesekan secara kasar dan akibatnya akan aus, kemudian rusak. Jadi oli samasekali tak bisa diremehkan keberadaannya.

Oli mobil wajib diganti secara berkala sesuai petunjuk buku pedoman (manual) mobil. Kebanyakan pemilik mobil memilih cara yang lebih simpel, yaitu menghitung jarak tempuh, waktu, atau running hours mesin. Yang terakhir sebenarnya adalah yang paling tepat dijadikan patokan. Tapi pemilihan oli yang tepat juga butuh wawasan dan pengalaman.

Memilih Oli Mobil

Salah satu tolak ukur utama dalam memilih oli adalah memperhatikan tingkat kekentalan alias viskositas. Ini dilambangkan dengan kode angka SAE (Society of Automotive Engineer) yang tertera di label oli. Semakin tinggi angkanya, maka semakin baik untuk mobil Anda. Meski begitu, bukan berarti semakin kental oli semakin baik untuk mobil Anda. Belum tentu!

Spesifikasi mesin setiap mobil berbeda, jadi tingkat kekentalan yang dibutuhkan juga tak sama. Anda sebaiknya membaca buku pedoman mobil atau datang langsung ke bengkel untuk menanyakannya. Montir yang berpengalaman akan memberikan rekomendasi jenis dan merk oli terbaik sesuai spesifikasi kendaraan Anda.

Ganti oli mobil di Cakra Motor 11, cepat, mudah & banyak cashbacknya! Klik disini..

Kemudian pilihlah oli yang bersertifikasi, bukan oli palsu atau abal-abal. Ada beberapa institusi internasional yang bertugas menyertifikasi oli, antara lain API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Pastikan oli yang Anda pilih asli, bukan oli palsu yang berwarna keruh dan berbau. Harga oli asli jelas lebih mahal daripada oli palsu, kualitas kemasannya pun beda jauh. Jadi Anda harus jeli dalam membedakannya.

Dimana Ganti Oli Mobil Terdekat Yang Paling Recommended

ganti oli mobil terdekat

Kembali ke pembahasan semula, ada banyak tempat di sekitar Anda untuk mengganti oli mobil. Ganti oli mobil terdekat bisa dilakukan di mana saja, tapi Anda harus pandai-pandai memilih bengkel dan montir. Di bawah ini kami uraikan beberapa rekomendasi untuk memilih bengkel mobil terdekat di sekitar Anda.

1. Punya nama dan reputasi baik

Cara termudah untuk memilih bengkel terbaik adalah memilih bengkel yang sudah punya nama besar, punya reputasi baik, selalu ramai pelanggan, dan sudah beroperasi selama bertahun-tahun (lebih dari lima tahun). Bengkel yang memiliki pelayanan baik akan selalu dituju oleh banyak pelanggan setia mereka, jadi Anda bisa tenang membawa mobil Anda ke sana juga. Mereka pasti menjual suku cadang yang orisinal dan harganya bisa jadi sedikit di bawah pasaran.

Ganti oli mobil di Cakra Motor 11, cepat, mudah & banyak cashbacknya! Klik disini..

2. Gali informasi

Nama besar sebenarnya bukan jaminan mutlak kualitas sebuah bengkel. Jadi ada baiknya Anda menggali informasi sebanyak-banyaknya, bisa dari anggota keluarga, tetangga, teman, rekan kerja, dan sebagainya. Mereka mungkin pernah punya pengalaman dengan bengkel tersebut dan akan memberikan penilaian jujur sebagai customer. Mereka pasti punya bahan pertimbangan lain mengapa mereka suka/tidak suka menyervis kendaraan mereka di bengkel tersebut.

3. Tes kualitas montir

Bengkel yang punya reputasi baik juga belum tentu memiliki montir yang handal. Bisa saja mereka dulu memang punya montir hebat, tapi kini sudah digantikan oleh orang baru. Oleh karenanya Anda bisa mencoba mengetes kualitas montir bengkel tersebut. Ajukan beberapa pertanyaan teknis seputar problem kendaraan Anda, simak bagaimana responnya. Apakah si mekanik diam, mencatat, dan paham tanpa bertanya lagi, ataukah mekanik itu balik bertanya pada Anda, ataukah dia justru terlihat bingung dan ragu?

Perhatikan juga cara kerja montir di bengkel tersebut. Apakah kerjaannya rapi dan sesuai prosedur ataukah asal-asalan? Bagaimana kecepatan pengerjaannya dan bagaimana hasilnya. Bila hasilnya tak memuaskan, maka tak ada alasan bagi Anda untuk kembali ke bengkel itu lagi.

 

Baca Juga : 7 Toko Oli Mobil Senayan Dengan Pelayanan Yang Memuaskan

 

4. Standar operasional jelas

Bengkel modern memiliki standar operasional yang jelas. Sejak pertama datang Anda akan disambut dengan ramah, baik itu oleh satpam, kasir, teknisi, atau staf lainnya. Anda akan dilayani sesuai prosedur, mulai dari konsultasi, diagnosa awal, pengerjaan, hingga quality control. Bila bengkel melayani Anda dengan asal-asalan, maka sebaiknya Anda mundur.

Sebagai pelanggan, Anda berhak mendapatkan pelayanan terbaik sekecil apapun keluhan mobil Anda. Bila bengkel merekomendasikan Anda untuk mengganti part-part yang sebenarnya tidak perlu diganti, sebaiknya hindari saja. Mereka hanya berusaha menjual produknya saja dengan mencari-cari kekurangan mobil Anda.

Ganti oli mobil di Cakra Motor 11, cepat, mudah & banyak cashbacknya! Klik disini..

5. Bandingkan harga

Setelah Anda mengetahui beberapa bengkel terbaik di sekitar Anda, kini saatnya memperbandingkan harga. Mana yang lebih murah? Adalah hal yang wajar bila pelangan selalu mencari perbandingan untuk menemukan harga terbaik. Jadi Anda bisa mengcross-checknya langsung. Bandingkan tarif servis dan harga spare partnya sebelum Anda menjadikan suatu bengkel sebagai rujukan utama Anda.

6. Periksa lingkungan bengkel

Bengkel yang sudah mapan hampir pasti selalu punya tempat usaha yang nyaman, meski tidak harus selalu besar. Ada ruang tunggu yang nyaman, sistem antrian yang jelas, ada hiburan atau snack untuk menemani Anda menunggu mobil diservis, dan sebagainya. Bengkel yang baik juga cenderung memilih lokasi strategis yang mudah dicari, yang artinya pemilik usaha telah berinvestasi cukup besar untuk memilih lokasi yang baik itu. Jadi bisa disimpulkan bahwa mereka bukanlah bengkel abal-abal yang hanya mengejar cuan sesaat.

Nah, salah satu contoh bengkel yang memenuhi semua kriteria itu adalah Cakra Motor 11, yang hadir di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang. Mereka sudah buka selama 30 tahun lebih dan terus berekspansi. Kini mereka juga sudah merambah dunia maya dengan membuka toko resmi di Tokopedia dan Blibli.

Ganti oli mobil di Cakra Motor 11, cepat, mudah & banyak cashbacknya! Klik disini..

Cakra Motor 11 berani menawarkan harga yang lebih bersahabat dibanding tempat lain. Pelayanannya dijamin 100% memuaskan, karena itulah mereka selalu menjadi rujukan utama. Spare part yang dijual pasti orisinal dan ready stock, so Anda tak perlu gamang. Cakra Motor 11 terbukti mampu menghadirkan pelayanan berkualitas yang konsisten selama bertahun-tahun.

Jika Anda tinggal di daerah-daerah yang disebut di atas dan kebetulan butuh mengganti oli, langsung saja meluncur ke bengkel Cakra Motor 11. Tapi bila Anda tinggal jauh, Anda bisa mendapatkan item di Cakra Motor 11 yang Anda inginkan dengan memesan di Tokopedia Official Store (https://www.tokopedia.com/cakramotor11)  resmi mereka. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 0877-777-96-334.

ganti oli mobil terdekat

Artikel Terbaru

Artikel Terkait