Apa Arti SAE Pada Oli Mesin Mobil

Arti SAE Pada Oli Mesin Mobil

Apa sobat pernah bertanya seperti admin, apa arti SAE pada oli mesin mobil kita, dan kadang suka bikin bingung sendiri. Kalau pernah, yuk sama-sama belajar dan cari tahu apa sih SAE pada oli mesin mobil yang biasa kita beli.

arti sae oli mesin mobil

Ketika mengganti oli kendaraan roda empat atau roda dua, kita akan disuguhkan pada botol oli yang tertempel sticker kode besar yang di kombinasikan antara huruf dan angka. Meskipun kita terkesan abai nih sobat, sebetulnya kita harus tahu loh dan minimal memahami sedikit apa itu kode SAE pada botol kemasan oli mobil.

Contoh arti kode SAE 10W-40, kita bisa secara mudah membaca dan mengartikan bahwa oli mesin ini memiliki arti tingkat kekentalan suatu oli pada suhu dingin. Lalu pada huruf W setelah angka merupakan tingkat kekentalan mesin pada ketika dalam kondisi bekerja atau dalam keadaan panas. Mudah kan sobat, jadi beberapa pertanyaan mendasar seputar oli bisa sobat pahami setelah membaca artikel ini.

>>> Beli oli gratis biaya jasa penggantian oli di Bengkel Cakra Motor disini

Dalam artikel apa arti SAE pada oli mesin mobil kali ini tidak sampai di angka dan huruf depannya saja, tetapi pemahaman tambahan perlu sobat ketahui. Ketika semakin besar angka oli mobil tersebut semakin kental pula oli mobilnya, nah untuk wilayah yang bersuhu rendah, biasanya direkomendasikan oli dengan angka SAE 5w, lalu pada negara yang tropis seperti Indonesia, tingkat SAE oli yang disarankan disekitar 10W sampai 15W ya sobat.

Kekentalan oli mobil juga kami sarankan sobat cek pada manual book ketika sobat membeli mobil. Dengan begitu, sobat bisa mengetahui bahwa SAE oli mesin mobil kit aitu dengan tingkat kekentalan berapa, bisa 10W atau yang lainnya. SAE pada oli mobil sangat erat kaitannya ya sobat dengan rekomendasi pabrikan pada manual book mobil, jadi, kalau sudah tahu apa arti SAE pada oli mesin mobil, kini sobat jadi lebih mengerti akan perawatan mobil.

Beli oli mobil yang pasti-pasti aja, pasti Orinya dan pasti sehatnya, cuma di Cakra Motor 11, klik disini.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait