Bagikan!

Mengenal Fungsi Minyak Rem dan Jenis-Jenis Minyak Rem

menambah minyak rem

Fungsi minyak rem haruslah diketahui oleh seluruh pengguna kendaraan. Pasalnya, minyak rem merupakan salah satu hal yang berkaitan dengan sistem kerja pengereman pada kendaraan. Berikut fungsi dari minyak rem yang harus Bosque ketahui! 

Fungsi Minyak Rem 

Walaupun tidak sepopuler komponen lainnya, tetapi minyak rem ini memiliki peran penting dalam mengendalikan kendaraan. Berikut fungsi minyak rem yang harus Bosque ketahui!

1. Sebagai Pelumas pada Sistem Pengereman 

Fungsi minyak rem yang utama pada kendaraan ialah untuk memberikan pelumas yang cukup pada komponen logam terutama di bagian cakram dan kampas. 

Perlu Bosque ketahui bahwa ketika cakram dan kampas saling bertemu untuk menghentikan maupun mengurangi kecepatan kendaraan. Hal tersebut akan menimbulkan panas, sehingga menyebabkan keausan pada komponen yang terlibat. 

Nah, dengan adanya minyak rem inilah gesekan yang terjadi antara kedua komponen logam tersebut menjadi lebih tahan panas dan tidak gampang kering. 

2. Penghantar Sistem Hidrolik

Selain berfungsi sebagai pelumas pada komponen rem, minyak rem juga memiliki peran sebagai penghantar pada sistem hidrolik. 

Sifat yang dimiliki minyak rem ini hampir sama dengan fluida yang memungkinkan minyak rem mengalir dan mentransmisikan tekanan dengan efektif. Oleh karena itu, minyak rem juga mempunyai peran sebagai penghubung komponen yang dapat mengaktifkan sistem hidrolik. 

3. Membersihkan Kotoran pada Sistem Pengereman 

Fungsi minyak rem selanjutnya yaitu sebagai pembersih kotoran pada sistem pengereman kendaraan. Cara kerjanya ialah minyak rem ini nanti akan membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada komponen pengereman kendaraan. 

Kemudian, minyak rem akan mengeluarkan kotoran tersebut, sehingga sistem pengereman kendaraan akan menjadi bersih dan dapat berfungsi dengan baik. 

4. Dapat Menyeimbangkan Tekanan 

Ketika kendaraan tengah mengerem, minyak rem ini dapat menyeimbangkan tekanan pada seluruh komponen yang ada pada sistem pengereman, sehingga saat mengerem kendaraan, otomatis semua roda kendaraan dapat berhenti bersama. 

Jenis-Jenis Minyak Rem 

Perlu Bosque ketahui bahwa jenis-jenis minyak rem ini sangatlah banyak, tidak hanya satu saja. Berikut jenis-jenis minyak rem yang harus Bosque ketahui! 

1. DOT 3 

Jenis minyak rem pertama ialah DOT 3. Minyak rem jenis ini mengandung polyglycol ether yang memiliki sifat mampu menyerap air. Kalaupun tercampur dengan air, wujudnya pun tetaplah sama. 

Kelebihan lain yang dimilikinya ialah jenis minyak rem DOT 3 ini mudah didapatkan di pasaran. Namun, sayangnya kekurangan dari minyak rem jenis ini ialah dapat merusak karet alami, cat, dan dapat menimbulkan karat apabila tidak diganti secara berkala.

2. DOT 4 

Jenis minyak rem yang satu ini kerap dipakai kendaraan, utamanya mobil keluaran tahun lama. Kelebihan yang dimiliki oleh sistem ini ialah mudah dicari dan titik didih yang dimilikinya lebih tinggi dibanding DOT 3. 

Oleh karena itu, dengan kelebihan yang dimilikinya ini, DOT 4 tidak akan sulit bekerja pada sistem rem dengan suhu tinggi. Namun, kekurangan dari jenis minyak rem ini ialah tidak mudah menyerap air, dapat merusak cat, harga cenderung mahal, dan dapat menimbulkan korosi pada sistem pengereman. 

3. DOT 5 

Selanjutnya ada jenis minyak rem DOT 5. Jenis minyak rem yang satu ini berbahan silikon, tidak akan merusak cat, serta tidak dapat menyerap air, sehingga cocok dipakai dalam keadaan lembap, dan cocok untuk seluruh jenis karet rem. 

Namun, kekurangan dari jenis minyak rem ini ialah daya pelumas DOT 5 kurang baik, memerlukan tenaga yang besar ketika ingin melakukan pengereman, dan tidak cocok untuk mobil dengan fitur rem ABS. 

4. DOT 5.1 

Jenis minyak rem terakhir ialah DOT 5.1. DOT 5.1 menjadi versi terbaru dari minyak rem DOT 5. Perbedaan keduanya ada pada bahan dasar pembuatannya. Pada DOT 5 memakai silikon, sedangkan DOT 5.1 memakai glycol. 

DOT 5.1 ini mirip dengan DOT 4, tetapi kualitasnya jelas lebih tinggi. Titik didih dari DOT 5.1 ini lebih tinggi, sehingga tetap tahan lama. Selain itu, DOT 5.1 juga cocok untuk berbagai formulasi karet rem, sehingga dapat Bosque gunakan pada mobil dengan keluaran terbaru. 

Cara Memilih Minyak Rem 

Perlu Bosque garis bawahi bahwa sebelum membeli minyak rem, Bosque harus pintar-pintar memilih minyak rem yang tepat untuk kendaraan yang Bosque miliki. Berikut cara memilih minyak rem yang dapat Bosque lakukan! 

1. Membaca Buku Panduan 

Setiap kendaraan pasti memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, jenis dan fungsi minyak rem yang digunakan pun juga akan berbeda. Oleh sebab itu, sebaiknya Bosque membaca dahulu buku panduan untuk mengetahui minyak rem yang seperti apa yang cocok dengan kendaraan. 

2. Memperhatikan Kode Standar Internasional 

Pada umumnya, minyak rem menggunakan kode standar, seperti DOT (Department of Transportation) lalu menggunakan angka seperti DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Minyak rem DOT 3 memiliki titik didih maksimal mencapai 205 derajat celcius, DOT 4 mencapai 230 derajat celcius, dan DOT 5 mencapai 270 derajat celcius. 

Semakin tinggi titik didihnya, maka semakin tinggi pula kemampuan minyak rem ini dalam menghadapi suhu kerja yang ekstrem. Namun, risiko yang dihadapinya ialah semakin tinggi performanya maka semakin tinggi pula kemampuan minyak rem dalam menangkap air.

3. Kenali Dahulu Kandungan Minyak Rem 

Terdapat dua kandungan yang ada dalam minyak rem, yaitu glycol based dan silicone based. Glycol based memiliki kandungan berupa mineral oils, glycol ester, esters, dan synthetic oil. Sementara itu, minyak rem silicon based mengandung bahan utama silikon.

Kedua kandungan ini memiliki efektivitas yang berbeda sehingga juga akan memengaruhi performa pengaplikasiannya pada sistem pengereman kendaraan.

Sudah Tahu Fungsi Minyak Rem?

Nah, itu tadi ulasan mengenai fungsi minyak rem dan penggunaannya. Untuk mendapatkan perawatan rem untuk kendaraan kesayangan, Bosque dapat mengganti minyak rem secara berkala dengan Cakra Motor 11

Bersama Cakra Motor 11, Bosque akan mendapatkan minyak rem yang sesuai dengan tipe kendaraannya.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait