Aki Mobiil TekorApa saja yang menyebabkan aki mobil tekor? Aki merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Berkaitan dengan mobil, aki berguna untuk menghidupkan mobil dan untuk menyalakan lampu maupun semua yang membutuhkan energi listrik. Jika aki mobil mengalami kerusakan atau tekor, maka otomatis mobil tidak dapat dinyalakan atau distarter. Biasanya untuk mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Anda bisa melakukan jumper dengan cara menggunakan aki yang berasal dari mobil lain maupun juga melalui power bank jumper yang banyak ditemukan di pasaran.

Namun bagaimana jika ternyata cara-cara tersebut masih belum bisa mengatasi aki mobil anda yang tekor? Tentunya pilihan terakhir adalah anda harus membeli aki baru. Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk membeli aki mobil, anda terlebih dahulu harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab aki mobil tekor. Dengan begitu, kedepannya anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam merawat aki mobil agar tidak cepar rusak.

Penyebab Aki Mobil Tekor

aki mobil tekorBerikut ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab aki mobil tekor. Penyebabnya bisa mulai dari hal terkecil yang tanpa anda sadari sampai hal yang besar.

1. Mobil jarang digunakan

Salah satu penyebab umum mengapa aki mobil tekor adalah mobil anda jarang digunakan. Memang kondisi ini sangat sepele dan terkadang orang mengabaikan hal tersebut karena mungkin tidak tahu atau mungkin terlalu sibuk sampai tidak mengecek kondisi mobilnya. Mengapa aki tetap bisa rusak padahal mobil tidak digunakan? Penyebabnya karena aki tidak memperoleh suplai listrik yang cukup. Hal ini membuat kapasitas aki menjadi berkurang.

Maka dari itu, anda harus sesekali menghidupkan mesin mobil anda. Bisa juga anda sesekali mengendari mobil anda meskipun hanya sekedar memanaskan mesin. Jadi, anda bisa terhindar dari masalah yang satu ini.

2. Mobil terlalu sering digunakan

Penyebab yang kedua adalah aki mobil tekor bisa karena anda terlalu sering menggunakan mobil anda. Memang semua hal yang berlebihan akan memberikan dampak negatif. Begitu pula dengan ketika anda sering mengendari mobil. Perlu anda tahu bahwa mobil yang digunakan secara intens akan memerlukan daya listrik yang besar. Akibatnya, aki akan terus bekerja secara ekstra dan kemudian berdampak pada usia aki mobil itu sendiri. Selain itu, pada dasarnya semua komponen yang ada pada mobil memiliki masa pakainya. Ketika anda menggunakannya secara terus-menerus, maka akan cepat rusak.

Lalu bagaimana solusinya? Yang perlu anda lakukan adalah sesekali membawa mobil anda ke bengkel. Mintalah untuk sekaligus memeriksakan aki mobil anda. Jika aki mobil mulai mengalami masalah, maka bisa segera langsung diperbaiki agar tidak sampai menyebabkan kerusakan yang parah.

 

Baca Juga : Kenali Beragam Jenis Oli Mobil Shell untuk Mobilmu

 

3. Lupa mengisi air aki

Untuk penyebab aki mobil tekor yang satu ini hanya terjadi bagi anda yang sekarang masih menggunakan aki basah. Memang salah satu hal yang menjadi kelebihan aki basah adalah anda bisa mengisinya sehingga aki tersebut dapat anda gunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Akan tetapi, hal ini juga menimbulkan resiko. Resikonya yakni ketika anda terlalu sibuk sampai lupa tidak mengisi air aki.

Akibatnya, aki mobil anda tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Inilah yang kerap menyebabkan aki mobil soak atau tekor. Maka dari itu, anda harus melakukan pengecekan terhadap air aki secara berkala. Terutama ketika anda gunakan untuk bepergian ke luar kota yang tentunya memerlukan konsumsi air aki yang tidak sedikit. Dengan begitu, aki anda tidak akan mengalami soak.

4. Kapasitas aki yang terlalu kecil

Penyebab lain aki mobil mengalami kerusakan ketika kapasitas yang ada pada aki terlalu kecil. Maksudnya, beban yang harus ditanggung oleh aki mobil anda lebih besar dibandingkan dengan kapasitas aki itu sendiri. Kita tahu bahwa ada berbagai merk aki terkenal yang dijual di pasaran. Setiap merk aki tersebut hadir dengan tipe dan kapasitasnya masing-masing. Setiap mobil, tidak jarang membutuhkan kapasitas aki yang berbeda meskipun merk aki tersebut sama.

Maka dari itu, anda harus memastikan bahwa kapasitas yang ada pada aki mobil anda sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Untuk memastikannya, anda bisa meminta tolong pegawai tempat anda biasa servis mobil untuk memastikan apakah aki mobil yang anda gunakan sekarang benar-benar sudah pas atau kapasitasnya malah lebih kecil.

5. Usia aki yang terlalu tua

Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa setiap komponen yang ada pada mobil pasti memiliki usianya masing-masing. Anda tidak bisa menggunakannya selamanya karena kinerjanya akan semakin lama semakin menurun. Begitu pula dengan aki yang mana anda disarankan untuk mengganti aki anda kurang lebih 2 sampai 3 tahun sekali. Dengan begitu, mobil anda tidak akan mogok dan perjalanan anda akan lancar dan tidak terkendala apapun.

Cakra Motor 11, Pusatnya Aki Mobil Di Jakarta dan Sekitarnya

Untuk membeli Aki Mobil salah satu tempat terbaiknya yaitu di Cakra Motor 11, dengan jaringan bengkel yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, anda akan lebih mudah dalam bertransaksi dengan Cakra Motor 11. Dengan ribuan pelanggan setia Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli Aki mobil terbaik.

Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indonesia.

Tags: , , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Halo Cakra Motor 11
#SejutaPersenOriginal
Hallo, silakan order disini dan dapatkan Gratis Biaya Jasa penggantian oli sekarang.