Tekanan Ban Mobil Yang Tepat Itu Berapa?

Tekanan Ban Mobil Yang Tepa

Hi bosque menjelang mudik di tahun 2023 ini kamu mudik nggak? Kalau mudik, udah siapin kendaraan kamu belum, termasuk ganti oli, cek kondisi aki mobil dan juga ban mobil. Bosque perlu tahu ya kalau tekanan ban mobil itu jangan terlalu keras dan juga jangan terlalu lembut. Kenapa begitu, karena tekanan angin ban sebetulnya sudah di atur dan kita sebagai pengguna mobil tinggal mengikuti rekomendasinya saja bosque.

Ada beberapa hal yang memperngaruhi dari tekanan ban mobil ya bosque, seperti misalnya jenis mobil, berat mobil, hingga aktivitas berkendara yang dilakukan oleh kita sebagai pemilik mobil. Nah berdasarkan hal-hal tersebut lah tekanan angin ban mobil itu berbeda ya bosque.

Tekanan ban mobil yang ideal berapa?

  1. Tekanan angin ban mobil itu sudah di atur sesuai standar dari pabrik sesuai jenis dari mobil yang kita beli bosque. Seperti MPV, SUV, biasanya juga di atur sehingga dapat tekanan angin yang ideal, namun untuk rata-rata tekanan ban mobil di Indonesia adalah di antara 28 sampai 36 psi.
  2. Di lihat juga dari berat kendaraan, jadi berat ini punya pengaruh yang cukup tinggi akan tekanan angin ban mobil. Berat ditentukan dari banyaknya jumlah dari penumpang yang ada, seperti contoh tekanan rekomendasi di angka tekanan 33 psi, namun ketika membawa penumpang penuh dengan jarak cukup panjang akan direkomendasikan naik ke 36 psi.

Acuan tekanan angin ban sesuai jenis kendaraan:

  1. tekanan ban mobil yang tepatMobil City Car di angka 30 sampai 33 psi.
  2. Mobil Sedan di angka 30 sampai 33 psi.
  3. Mobil MPV di angka 33 sampai 36 psi.
  4. Mobil SUV di angka 35 sampai 40 psi.

Berapa sih umur ban mobil yang ideal?

ganti ban mobilSeperti yang kita ketaui ya bosque, kalau mau mudik kita juga perlu tahu juga nih ban mobil kita itu masih layak pakai atau harus diganti. Karena pada dasarnya ban juga punya umur loh bosque, jadi kapan sih waktunya ganti ban dan umur ban mobil yang ideal untuk di pakai.

  1. Umur Lebih Dari 3 Tahun.

Oke mungkin kita perlu ingat kembali dan buka catatan pembelian ban mobil kita bosque, karena sifatnya ban mobil itu terdiri dari karet elastis, kelenturannya akan terkikis. Kelenturan akan berkurang dan kekuatannya akan berkurang, usia idelnya ketika sudah sampai penggunaan di tahun ke 3 perlu di ganti.

  1. Mencapai 40.000.

Ketika kendaraan sudah mencapai angka genap di 40.000 biasanya kita disarankan ganti ban mobil. Karena mobil sudah dianggap melewati banyak sekali perjalanan dan juga perlu di ingat ban bisa mengalami keausan. Jadi ketika sudah mencapai 40.000, boleh ganti ban mobilnya ya bosque, biar tetap aman dan nyaman di jalan nanti.

  1. Tapak Ban mobil Mencapai Batas TWI.

Ban mobil itu sudah dibekali dengan indikasi TWI atau Tread Wear Indicator bosque, TWI ini adalah batas dari keausan yang wajar untuk tetap digunakan. Tetapi jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, itu artinya ban udah harus segera diganti bosque.

Perawatan kendaraan harus menyeluruh.

Pentingnya melakukan perawatan mobil secara meluruh demi umur mobil lebih panjang. Mulai dari rutin ganti oli mobil dan juga mengganti ban setiap 3 tahun sekali. Ganti oli mobil di bengkel ganti oli mobil terdekat dan terbaik hanya di Cakra Motor 11. Atau mau beli oli dan aki online di Tokopedia Cakra Motor dan dapetin cashbacknya sekarang, klik disini.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait