Jenis Service Berkala Mobil, Para pecinta otomotif dan sobat Cakra Motor 11 semua yang memiliki mobil baru sudah dijelaskan tentang service berkala mobilnya? Jika sudah, tidak ada salahnya kami mengingatkan kembali jenis service berkala mobilnya. Dan bagi yang lupa atau belum mengetahui jenis service mobil secara berkala, Cakra Motor 11 akan berikan beberapa jenis service berkala untuk mobil kesayangan Anda pada artikel berikut ini.

Mobil baru menjadi kebangaan tersendiri bagi seseorang, apalagi mobil baru itu adalah mobil pertama mereka. Namun kesalahan biasa para pemilik mobil baru atau pemula yang baru memiliki first car-nya adalah minim pengetahuan. Salah satunya adalah minim akan pengetahuan beberapa jenis service berkala mobilnya. Ketika minim pengetahuan akan service berkala mobil, maka akan berdampak kurang baik nih bagi kondisi mobilnya. Cakra Motor 11 akan berikan Anda sebagai pemilik mobil baru yang memang baru memiliki mobil, kami memberikan referensi pengetahuan jenis service berkala mobil yang wajib Anda lakukan ya sobat.

Jenis Service Berkala Mobil:

  • Mulai dari 5.0000 Km

jenis service berkala mobilMobil baru yang sobat miliki biasanya disarankan untuk melakukan perawatan berkala ketika menginjak 5.000 Km. Pasalnya setelah mobil mencapai jarak tempuh 1.000 Km hingga 5.000 Km ini akan melakukan service perawatan secara berkala. Komponen-komponen pada Km 5.000 ini akan diganti, salah satunya adalah oli pada mesin ya sobat. Pengecekan selanjutnya pada service berkala mobil adalah pengecekan kampas rem, steering dan cairan pada mobil. Setelah itu ada juga penggantian filter oli supaya sirkulasi tetap baik.

  • 10.000 Km

jenis service berkala mobilJenis service berkala mobil yang telah menginjak 10.000 Km biasanya ada banyak nih service berkala mobil dan penggantian onderdilnya. Tidak hanya penggantian, pengecekan pun juga lebih banyak, biasanya mobil baru itu sudah melewati lebih dari 1.000 KM dan penggunaan lebih dari 6 bulan. Ini dia jenis service berkala mobil ketika sudah menginjak 1.000 KM. Pertama pengecekan rotasi ban, spooring dan balancing hingga pengecekan pembersihan rem di semua rodanya. Oli mesin dan oli transmisi juga tidak luput diganti pada pemeriksaan ini.

  • Service Berkala 15.000 KM

Pada service berkala mobil di 15.000 ini sebetulnya mirip sobat dengan pengecekan seperti di 5.000 Km, dimana pengecekan dan penggantian oli mesin adalah yang utama. Selanjutnya adalah cek elemen yang menjadi penyangga rangka mobil yaitu kekuatan atau kekencangan baut, pengurangan minyak, air radiator lalu suspensi juga tidak luput dari pemeriksaan service berkala mobil.

  • Service Berkala Mobil 20.000 Km.

20.000 Km setara dengan penggunaan mobil 1 tahun, Anda sebgai pemilik mobil dianjurkan melakukan pengecekan atau melakukan service berkala mobil. Dimana ketika menempuh jarak 20.000 Km pengecekannya punya waktu yang relatif lebih lama daripada sebelumnya. Pengecekan lebih banyak dan pembersihan juga semakin banyak sobat. Mulai dari bagian semua rem, klep, throttle body, filter AC, busi, balancing dan juga spooring.

Baca Juga : OLI MOBIL DIBAWAH 400 RIBU ADA MEREK APA AJA?

Disarankan Tune Up.

jenis service berkala mobilKalau pemakaian sudah lebih dari 1 tahun disarankan melakukan tune up ya sobat. Sebetulnya tune up itu sama saja pengecekan seperti beberapa point diatas, namun akan dilakukan pengecekan secara lebih efisien terhadap mana komponen yang harus diganti mana yang tidak. Mengganti filter bahan bakar, pengaturan sensor oksigen dalam mobil hingga membersihkan semua injector, menggunakan cairan pembersih pada system bahan bakar mobil. Biaya tune itu relative ya sobat, ada yang mematok medium ada yang mematok mahal, ya semua tergantung dari pabrikan atau merk mobil Anda sobat.

Ada beberapa range harga tune up sobat, ada yang paling murah di angka Rp 300.000 dan ada yang mencapai Rp 1.000.000 per satu kali tune up. Semua itu akan berbeda pada setiap bengkel mobil dan pabrikan. Dan sekedar tips sobat, kami ingin memberitahu Anda tips ringan guna membawa mobil Anda pada umur yang lebih panjang dan mendukung service berkala mobil. Gunakan juga bahan bakar yang sesuai standar, jika disarankan oktannya tinggi, gunakan oktan tinggi, bukan pada bahan bakar dengan oktan rendah, sebab secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi mobil kedepannya, dan membuat biaya tune up akan membengkak.

Kesimpulan dari jenis service berkala mobil:

Nah itu dia 4 Jenis Service Berkala Mobil yang biasanya dilakukan untuk para pemilik mobil. Pemilik mobil baru tetap dituntut jeli ya sobat dalam perawatan mobilnya, jangan mentang-mentang mobil baru, malah dibawa santai tuh service berkala mobilnya. Pentingnya mengetahui jenis service berkala mobil membuat Anda lebih jeli dalam perawatan mobil Anda. Selain itu ketika memasuki jadwal service berkala mobil, Anda tidak merepotkan montir untuk menjelaskan ketidaktahuan Anda itu.

Perawatan mobil pada service berkala mobil membawa mobil pada performa terbaik setiap dikendarai, performa mesin, komponen tidak akan terhalang kotoran yang mebuatnya terhambat. Jadi, lakukan service berkala mobil Anda sekarang juga ya sobat. Mengganti oli mobil dan beli oli mobil, di Cakra Motor 11 tempatnya, 100% asli.

Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.