Bagikan!

4 Tanda Charger Aki Penuh: Tips Praktis untuk Pemilik Mobil

Tanda Charger Aki Penuh

Aki merupakan salah satu komponen penting dalam mobil agar mesin bisa bekerja secara maksimal. Jadi, Bosque harus merawat aki agar performa mobil terjaga. Bosque juga perlu mengecek kondisi aki secara rutin agar tahu kapan harus mengecas agar kondisi aki tidak soak. Lalu bagaimana tanda charger aki penuh? Temukan jawabannya melalui artikel di bawah ini!

4 Tanda Charger Aki Penuh

Untuk menjaga performa aki, Bosque perlu mengisinya secara rutin agar aki tidak kosong. Ada beberapa hal yang menjadi tanda charger aki penuh, yang harus Bosque tahu. Mari kenali berbagai macam tandanya di bawah ini!

1. Charger akan Berhenti secara Otomatis

Saat ini, alat charger aki sudah semakin berkembang. Beberapa charger dengan model terbaru sudah menyediakan fitur otomatis untuk dapat berhenti dengan sendirinya jika dirasa aki sudah terisi penuh. 

Sensor otomatis ini bisa mendeteksi apakah daya yang terisi sudah cukup atau belum. Inilah yang menjadi salah satu tanda charger aki penuh sehingga Bosque tidak perlu repot-repot melihat dan memperhatikan secara manual.

2. Akan Terdengar Bunyi Alarm Otomatis

Saat ini, sebagian besar charger aki sudah menyediakan fitur timer, sehingga Bosque akan mendapati alarm yang berguna sebagai pengingat jika aki sudah terisi penuh. Alarm ini tentu tidak mendeteksi daya aki sudah penuh atau belum dengan sendirinya, namun Bosque harus menyesuaikan kebutuhan waktu pengisiannya. 

Tanda charger aki penuh adalah ketika Bosque mendengar bunyi alarm, dan Bosque harus segera mencabutnya secara manual.

3. Memperhatikan Lampu Indikator

Lampu indikator pada charger juga menjadi salah satu hal yang menandakan apakah daya aki sudah terisi penuh atau belum. Sensor yang bekerja akan mendeteksi daya yang ada di dalam aki. Bosque harus segera mematikan charger jika lampu sudah menyala karena menunjukkan bahwa daya aki sudah terisi penuh.

4. Memperhatikan Multitester

Hal terakhir yang bisa Bosque lakukan untuk melihat tanda charger aki penuh adalah dengan memperhatikan multitesternya. Alat ini memiliki fungsi agar Bosque bisa mengetahui dan mengetes daya di dalam aki. Caranya mudah, Bosque cukup meletakkan alat tester pada kedua kutub aki.

Untuk ukuran baterai normal jika mobil dalam kondisi mati, maka voltmeter pada multitester akan menunjukkan angka 12 hingga 12,5 Volt. Jika ternyata masih kurang, maka tandanya Bosque harus mengisinya lagi.

Baca juga; 4 Cara Memilih Ampere Aki Mobil untuk Performa Mesin Terbaik

7 Tips Mengisi Daya Aki Mobil yang Efisien

Selain mengetahui tanda charger aki penuh, Bosque juga harus bisa mengisi daya aki mobil sendiri. Ini akan memudahkan Bosque dan tidak perlu repot membawanya ke bengkel hanya untuk mengecek aki. Berikut merupakan tips mengisi daya aki mobil secara efisien.

1. Memilih Charger yang Tepat

Pertama-tama, Bosque harus memastikan jenis charger sudah sesuai dengan aki mobil, apakah menggunakan charger standar atau charger pintar.

2. Menyiapkan Tempat Mengisi Aki

Lebih baik Bosque memilih tempat yang aman dan terbuka saat mengisi daya aki mobil, dan tidak ada bahan yang mudah terbakar di sekitarnya.

3. Mematikan Seluruh Komponen Listrik

Pastikan Bosque mematikan peralatan listrik seperti lampu, AC, televisi, dan sebagainya, agar tidak ada beban tambahan saat mengisi aki.

4. Memeriksa Kondisi Aki

Sebelum dicharge, periksa kondisi aki terlebih dahulu. Jika menemukan masalah pada aki, maka lebih baik Bosque bawa ke bengkel terdekat.

5. Menyambungkan Charger dengan Benar

Bosque harus menyambungkan kabel charger ke terminal positif (merah) dan terminal negatif (hitam) pada aki dengan benar. Jika ada korosi, bersihkan terlebih dahulu sebelum mengisi daya. Pastikan juga untuk mengencangkan sambungannya.

6. Mengikuti Petunjuk Charger 

Selanjutnya, Bosque bisa membaca petunjuk yang tersedia, seperti arusnya, posisi charger, dan lainnya. Karena setiap charger mungkin ada perbedaannya. 

7. Awasi dan Tunggu Proses Pengisian hingga Selesai

Selama mengisi, Bosque bisa mengawasinya dengan memperhatikan indikator charger. Jika sudah penuh, maka bisa segera dihentikan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali akinya dan pastikan selama proses pengisian tidak terjadi kebocoran atau masalah lainnya.

Baca juga; Cara Menjaga Voltase Aki Mobil agar Performa Lebih Optimal

cakra motor 11

Tak Tahu Cara Isi Aki Mobil? Bawa Saja ke Cakra Motor 11!

Kalau Bosque sedang repot dan tidak ada waktu untuk cek kondisi aki, bisa langsung bawa ke Cakra Motor 11 saja. Cakra Motor 11 pasti akan memberikan pelayanan terbaiknya sampai Bosque bisa melihat tanda charger aki penuh

Atau, Bosque juga bisa mengunjungi website Cakra Motor 11 untuk melihat ketersediaan berbagai varian aki untuk berbagai jenis mobil yang terjamin asli.

Jangan lupa untuk mampir Cakra Motor 11 baik di toko offline maupun online, atau Bosque juga bisa menghubungi WA Cakra Motor 11 di 087777796334 untuk konsultasi produk lebih dahulu dan mendapat informasi lebih lengkap!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait