Bagikan!

4 Cara Memilih Ampere Aki Mobil untuk Performa Mesin Terbaik

cara memilih ampere aki mobil

Aki adalah sumber kelistrikan yang dibutuhkan oleh mobil buat nyalain lampu mobil, AC, starter mobil, membunyikan klakson, dan bahkan menyuplai sistem pengapian mobil. Saking pentingnya, Bosque jadi harus tahu cara memilih ampere aki mobil agar performa aki mobil kesayangan tetap berfungsi dengan baik dan awet.

Tapi, cara pemilihan ini cukup tricky sehingga Bosque harus memastikan beberapa faktor penting lainnya. Nggak usah bingung! Artikel ini bakal menjelaskan semua yang perlu Bosque tahu dalam memilih ampere aki mobil.

Apa Itu Ampere Aki Mobil?

Bagi Bosque-Bosque yang belum tahu, ampere aki mobil adalah ukuran kapasitas arus listrik maksimal yang aki mobil hasilkan dalam waktu satu jam buat bisa bertahan sebelum habis. Satuan ampere aki mobil adalah ampere hour (Ah). 

Setiap mobil punya kapasitas aki yang berbeda. Kalau mobil Bosque pakai ukuran aki yang terlalu kecil, maka kelistrikan mobil bisa mengalami masalah. Tapi, kalau mobil Bosque pakai ukuran ampere yang terlalu besar, bisa-bisa konsumsi bahan bakar mobil Bosque jadi boros dan bikin aki nggak awet.

4 Cara Memilih Ampere Aki Mobil

Jadi, sebenarnya gimana sih caranya biar tahu ukuran ampere aki mobil yang Bosque butuhkan agar sesuai dengan kebutuhan mobil? Ikuti jawabannya di sini, ya!

1. Cek Informasi Ukuran pada Body Aki

Buat menjawab pertanyaan di atas, cara memilih ampere aki mobil yang pertama gampang banget. Caranya adalah Bosque bisa lihat langsung ukuran yang tertulis di body aki. Nggak cuma informasi ukuran ampere, di sebelahnya juga ada keterangan ukuran tegangan aki yang pakai satuan Volt (V).

Contohnya nih, Bosque lihat informasi berupa 12 V 40 Ah. Artinya dari angka-angka itu adalah aki bisa ngeluarin arus listrik maksimal 12 Volt dan tegangan 40 Ampere dalam waktu 1 jam.

Bosque juga perlu cek bagian atas aki yang ada kode dan merek pabrikan aki tersebut. Sampai sekarang, ada dua kode yang terkenal di Indonesia, yaitu ETN (standar buatan Eropa) dan JIS (standar buatan Jepang). 

2. Cek dengan Alat Ampere Meter

Cara memilih ampere aki mobil berikutnya adalah dengan mengecek ukuran ampere aki pakai ampere meter. Alat itu bisa buat Bosque tahu berapa kapasitas ampere yang dihasilkan aki. 

Misalnya, ada yang punya kapasitas 40 Ah, 45 Ah, 60 Ah, dan sebagainya. Pastikan Bosque pilih ukuran yang sesuai sama kebutuhan mobil agar performa mobil bisa bekerja optimal.

3. Mengetahui Besar Daya Listrik pada Aki

Setelah tahu besaran tegangan dan ampere aki, Bosque juga bisa coba cara memilih ampere aki mobil dengan cara mencari tahu berapa besar daya listrik pada sebuah aki mobil, yaitu pakai rumus P = V x l.

P adalah daya listrik (Watt), V adalah tegangan listrik (Volt), dan I adalah arus listrik (Ah). Misalnya, body aki punya kode 12 V 40 Ah, berarti daya listriknya adalah P = 12 V x 40 Ah = 480 W. Dalam bahasa orang awam, aki tersebut bisa ngehasilin daya listrik sebesar 480 Watt.

4. Sesuaikan Aki dengan Dinamo Starter

Cara memilih ampere aki mobil yang terakhir adalah dengan melihat dinamo starter aki. Komponen ini sangat penting pada proses starter mobil karena berguna sebagai penggerak pemutar gigi saat mesin mobil akan menyala. Dinamo starter butuh daya listrik untuk menyalakan mobil.

Supaya Bosque tahu seberapa besar ampere aki yang sesuai sama kebutuhan mobil, pakai kebalikan rumus di atas, yaitu: I = P / V. Semisal dinamo starter punya daya listrik 480 Watt dan tegangan aki 12 Volt, maka arus listrik atau ampere aki yang dibutuhkan sebesar 40 Ah.

Baca juga; 11 Merk Aki Mobil Terbaik yang Cocok Untuk Mobil Kamu

5 Rekomendasi Merek Aki Mobil Berkualitas

Merek aki mobil yang berkualitas bisa menentukan performa mobil Bosque, lho. Yuk, intip beberapa rekomendasi merek aki mobil terbaik di bawah ini!

1. Aki Mobil Amaron

Merek aki berkualitas yang pertama kita bahas adalah Amaron. Merek aki dari India  ini cocok digunakan mobil yang berada di iklim panas. Dengan teknologi Silver and Alloy di dalam sel baterai, aki ini bisa menyimpan daya lebih lama, memberi arus listrik yang lebih stabil, dan lebih kuat dalam urusan starter

Tipe aki Amaron yang populer di pasaran adalah Hi Life Duro dan Hi Life Pro. Bosque bisa cari aki Amaron ini di Cakra Motor 11 di mana sudah tersedia buat banyak merek mobil. Jadi, Bosque bisa beli lalu pakai aki sesuai cara memilih ampere aki mobil di atas dan standar bawaan merek mobil.

2. Aki Mobil GS Astra 

Rekomendasi aki mobil selanjutnya adalah GS Astra, produk keluaran Astra Group. Aki ini unggul karena cocok dipakai di iklim tropis, nggak butuh perawatan yang ribet, punya desain yang kokoh, dan punya daya start yang tinggi. Jenis aki GS Astra yang bisa Bosque dapatkan di pasaran adalah VRLA, Hybrid, dan Premium.

3. Aki Mobil Bosch

Produk aki keluaran Bosch yang jadi andalan banyak pecinta otomotif adalah AM Hightec Silver AMS. Aki ini diklaim bebas perawatan, proses pengisian yang lebih cepat, dan bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar. 

Bahkan, aki Bosch ini punya daya tahan tinggi terhadap pengisian daya yang tinggi. Sehingga, aki bisa menghasilkan starter bertenaga dan risiko mobil mogok akan berkurang.

4. Aki Mobil Incoe

Merek aki terbaik selanjutnya adalah aki Incoe Gold NS60. Aki ini unggul karena mudah dirawat, tenaga lebih besar karena aki hybrid, dan tingkat penguapan lebih rendah. Jadi, Bosque nggak perlu sering menambahkan air aki dan sudah bersertifikasi SNI dan lolos standar Japan Industrial Standard (JIS).

5. Aki Mobil Yuasa

Aki ini dibuat menggunakan bahan baku berkualitas dan melalui proses perakitan yang detail serta ketelitian yang baik. Sambungan platnya presisi dan sempurna, sehingga bikin kualitasnya terjamin. Ada tiga jenis aki Yuasa, yaitu Maintenance Free AMB, New Perfecta, dan DIN Type untuk mobil produksi Eropa. 

Baca juga; 7 Perbedaan Aki Hybrid dan Premium yang Perlu Bosque Ketahui

cakra motor 11

Sudah Paham Cara Memilih Ampere Aki Mobil yang Terbaik?

Intinya, pahami cara memilih ampere aki mobil di atas supaya performa aki tetap bekerja dengan baik, optimal, dan tahan lama. Bosque juga perlu memperhatikan toko yang menjual aki, pastikan aki yang dijual terpercaya kualitas dan keasliannya. Ingat, jangan coba-coba membeli aki bekas ya, Bosque!

Kalau Bosque butuh aki, Bosque bisa datang ke cabang toko Cakra Motor 11 terdekat. Cakra Motor 11 jual banyak merek aki berkualitas dan terjamin keasliannya. Bosque juga bisa beli secara online di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. Yuk, beli sekarang!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait