Bagikan!

Cara Menjaga Voltase Aki Mobil agar Performa Lebih Optimal

cara menjaga voltase aki mobil

Dalam dunia otomotif terutama pada komponen mobil, Bosque pasti mengenal istilah aki, bukan? Komponen yang merupakan jantung dari mesin kendaraan ini memiliki pengaruh besar dalam menyimpan sumber listrik mobil. Selain itu, aki juga memiliki tingkat voltase normal. Lalu, bagaimana cara menjaga voltase aki mobil?

Penasaran tips apa saja yang bisa membuat voltase aki selalu stabil dan memiliki performa yang handal? Yuk, pelajari penjelasan berikut ini!

3 Fungsi Voltase Aki Mobil

Mengingat aki adalah perangkat kelistrikan kendaraan yang memerlukan perhatian khusus, kira-kira apa saja sih fungsi dari voltase aki mobil? Berikut merupakan daftar fungsinya yang perlu Bosque ketahui.

1. Penyimpanan Energi Listrik

Seperti yang kebanyakan orang tahu, aki adalah sumber energi listrik untuk menyalakan mesin mobil atau kendaraan. Aki yang memiliki voltase, digunakan sebagai komponen awal agar mesin mobil bisa hidup pertama kali. 

Apabila mesin mobil telah menyala, peran aki sebagai penyedia energi listrik akan digantikan oleh alternator (sistem pengisian). Selanjutnya di saat bersamaan, alternator juga memiliki fungsi untuk mengalirkan energi listrik ke dalam aki mobil. 

Energi listrik dimasukkan ke dalam aki mobil dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi kimia.

2. Penjaga Stabilisator Tegangan Listrik Mobil

Besarnya voltase atau tekanan aki mobil menjadi jurus pamungkas agar mesin dan komponen kelistrikan mobil tetap berjalan optimal. Perlu Bosque catat bahwa salah satu cara menjaga voltase aki mobil yaitu mempertahankan voltase aki normal mobil sekitar 12 sampai 12,5 volt dan ketika proses starter mesin minimal  11,5 volt.

Sedangkan pada saat mesin menyala dan alternator sedang bekerja, aki yang dalam kondisi pengisian tersebut maka voltasenya antara 13 sampai 14,3 volt.

Selama proses pengisian, aki memiliki peran penting sebagai stabilisator tegangan listrik mobil, sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada komponen maupun perangkat elektrikal kendaraan.

3. Pemasok Listrik Ketika Mesin Mobil Mati

Saat mobil dalam kondisi mati, maka tegangan aki menjadi satu-satunya sumber utama sebagai penyedia listrik dalam jumlah besar. 

Dengan adanya aki, komponen kelistrikan kendaraan bisa tetap aktif, seperti alarm, lampu, klakson, musik, dan sensor kendaraan lainnya. Tetapi ketika mesin kembali menyala, tugas untuk menyuplai listrik diambil alih oleh alternator (sistem pengisian).

Baca juga; Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

5 Cara Menjaga Voltase Aki Mobil

Sebagai bentuk tanggung jawab agar mobil tetap sehat dan terawat, Bosque harus tahu cara menjaga voltase aki mobil yang benar agar performa mesin mobil tetap terjaga. Berikut menjaga voltase aki mobil yang bisa Bosque lakukan.

1. Memanaskan Mobil Secara Rutin

Pertama-tama, Bosque bisa rutin memanaskan mobil sebelum memakainya. Hal ini membantu meningkatkan kondisi aki serta dapat mengecas daya yang sudah berkurang karena mobil tidak dipakai. 

Cukup beberapa menit dipanaskan agar listrik mobil tetap stabil dan saat sedang berjalan maka mesinnya tidak berhenti di tengah jalan.

2. Cek Kondisi Aki

Jangan lupa untuk mengecek kondisi aki secara berkala. Jika ketersediaan daya listrik aki kurang, maka segeralah mengisinya. Jika Bosque masih menggunakan aki basah, maka jangan sampai kondisi air di batas lower. Jika terjadi hal itu, Bosque bisa segera menambahkan air agar performa aki tetap maksimal.

3. Membersihkan Aki Secara Rutin

Untuk menjaga voltase aki mobil, Bosque juga wajib menjaga kebersihan aki. Sebelum membersihkannya, pastikan aki mobil dalam kondisi mati. Lalu lepaskan terminal negatif baru terminal positifnya.

Pakailah sikat berbulu lembut yang sebelumnya direndam dalam campuran baking soda untuk membersihkan karat, korosi, dan kotoran pada aki. Kemudian, bilas dengan air bersih dan keringkan.

4. Memeriksa Ketinggian Cairan Aki

Ketinggian air aki perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala. Karena jika air aki terlalu rendah akan memengaruhi performa aki. 

Namun untuk menghindari kesalahan karena butuh perhatian khusus, lebih aman jika Bosque membawanya ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya seperti Cakra Motor 11 untuk menghindari kerusakan.

5. Menggunakan Aki Sesuai Kebutuhan

Terakhir, dalam menjaga voltase aki mobil agar tetap stabil, Bosque perlu memperhatikan penggunaan aki apakah sudah sesuai kebutuhan atau belum. 

Hal ini menjadi faktor yang sangat penting dalam merawat aki. Karena menggunakan aki dalam kapasitas yang berlebihan akan membuat aki cepat rusak karena dipaksa kerja keras.

Dengan menggunakan aki sesuai kebutuhan, aki akan awet dan tidak mudah soak. Misalnya dengan tidak menyalakan AC dan sistem hiburan ketika mesin tidak menyala, dan menghindari pemakaian aksesoris tambahan.

Baca juga; 7 Perbedaan Aki Hybrid dan Premium yang Perlu Bosque Ketahui

cakra motor 11

Cari Produk Aki Berkualitas di Cakra Motor 11!

Selain harus menjaga voltase aki mobil agar selalu stabil, Bosque juga perlu cari produk aki yang berkualitas di toko terpercaya. Nah, Cakra Motor 11 sudah menjadi spesialis aki di Indonesia dan saat ini sudah memiliki lima cabang yang berbasis di tiga daerah yaitu Jakarta, Depok, dan Tangerang.

Ada beragam pilihan dan rekomendasi aki berkualitas yang bisa Bosque tanyakan atau bisa langsung transaksi secara online dengan mengunjungi toko online Cakra Motor 11.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Jakarta Barat. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait