Apa Penyebab Mobil Turun Mesin?

penyebab mobil turun mesin

Blog.cakramotor11.com/blog – Sebetulnya apa sih penyebab mobil turun mesin? Kita akan bahas lengkapnya disini. Kata yang paling dihindari dari dari para pemilik kendaraan roda empat maupun roda dua, yaitu “turun mesin”. Hal ini memang dihindari dan ditakuti, pasalnya jika sudah terjadi yang namanya turun mesin, mulai dari komponen mesin, hingga saku pun akan berbahaya. Turun mesin itu membuat dapur pacu kita bermasalah biasanya diakibatkan dengan berbagai macam faktor.

Penyebab Mobil Turun Mesin:

Sebutan turun mesin itu dibagi menjadi dua jenis, ada block dan cylinder head. Begitu kompleksnya penyebab turun mesin, mekanik pun tidak sembarangan dalam menanganinya. Contohnya saja ketika cylinder head berarti sisi atasnya yang di overhaul, dengan istilah turun mesin setengah.

Adapun komponen yang harus diganti seperti piston, lalu stang piston, dan lainnya, tergantung pada kerusakannya ya sobat. Ketika kalau memang Anda berada dalam posisi ini, pasti Anda bertanya berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi turun mesin ini?

Harga Service Turun Mesin Mobil:

Jika sobat bertanya pada kami, jujur tidak ada patokan harga khusus ya sobat, semua itu bergantung pada kerusakan yang ada hingga apa saja yang diganti. Tetapi kami berikan estimasinya untuk biaya service atau perbaikan turun mesin mobil mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 5 jutaan. Estimasi biaya perbaikan turun mesin mobil ini tetap berbeda dari setiap mobilnya ya sobat, kurang lebih rangenya seperti itu sobat. Range tersebut pastinya untuk mobil keluaran Jepang ya sobat, biasanya nih kalau mobil keluaran pabrik Eropa bisa lebih mahal lagi loh, selain komponen yang memang mahal, jasanya pun tidak murah sobat.

Lalu apa penyebab mobil turun mesin?

  • Mesin terlalu panas (overheat).

mesin mobil overheat

Penyebab Klasik Turun Mesin Adalah Overheat Pada Mesin

Ini yang menjadi problem paling sering, dimana mesin sudah terlalu panas, namun tetap dipaksakan untuk berjalan. Sebetulnya jika kita tidak begitu rutin melakukan pengecekan seperti pada radiator, hal ini bisa saja terjadi, hingga ke hal terkecil jika radiator bermasalah. Pemecahan dan artikel lengkapnya bisa Anda baca di artikel berikut ini “Penyebab Mobil Overheat”.

  • Pernah melewati banjir.

penyebab mobil turun mesin melewati banjir

Mobil Melewati Banjir atau Terendam Banjir Jadi Faktor Turun Mesin

Sadar atau tidak jika kita merasa mobil masih bisa melintasi banjir, disanalah pertaruhannya. Kenapa begitu, karna selain memaksakan melewati banjir dan tidak sengaja mobil jadi terendam, maka risiko dari turun mesin semakin besar. Hal yang jadi berbahaya adalah oli akan tercampur air kotor dari banjir yang memiliki racun dan timbal berbahaya bagi mesin.

>>> Baca Juga: Kapan Jadwal Ganti Aki Mobil?

  • Keluar asap putih.

penyebab mobil turun mesin

Asap Putih Jadi Faktor atau Penyebab Mobil Turun Mesin

Pernah melihat mobil yang mengeluarkan asap warna putih? Nah ini menjadi pertanda ada permasalahan dari sisi mesin mobil. Penyebabnya itu ada oli yang masuk ke ruang mesin dan busi yang juga bermasalah dan terbakar. Ini bisa akan menguras oli secara drastic, ada beberapa komponen yang harus diganti, seperti silinder, piston, hingga seal. Semua itu ada di dalam blok mesin, dan Anda sebagai pemilik diwajibkan mengganti point yang vital dari mesin-mesin ini.

Kesimpulan dari penyebab mobil turun mesin:

Beberapa penyebab mobil turun mesin ini menjadi pemahaman tersendiri bagi Anda. Semoga Anda sebagai owner tidak lalai akan gejala mobil yang akan turun mesin, salam dari admin.

>>> Baca Juga: Apa Itu Tune Up Mesin Mobil?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait