Ganti Aki Mobil

Jadwal Ganti Aki Mobil – Aki adalah salah satu komponen mobil yang penting dalam kendaraan roda empat. Dengan Aki, mobil dapat memiliki arus listrik, denan arus listrik itu, komponen kelistrikan bisa berjalan dengan baik sobat. Kali ini Cakra Motor 11 kasih pembahasan seputar Aki mobil, dan kira-kira waktu yang tepat untuk ganti aki mobil itu kapan sih, mari kita simak artikel kapan ganti aki mobil dan tipsnya berikut ini.

Akan menjadi merepotkan sobat jika mobil tiba-tiba menjadi mogok ditengah jalan, tetapi tidak perlu takut sobat, kami dari Cakra Motor 11 kasih pencegahannya nih, simak dengan baik yuk.  Aki dalam mobil menjadi komponen vital, karena AC, menyalakan mesin, mendengar audio dan lampu, itu pun dari aki.

Salah satu cara terbaik saat ini adalah melakukan pengecekan rutin kesehatan aki mobil kita, bahkan kalau mobil jarang dipakai, mobil yang jarang dipakai memiliki arus yang cenderung tidak stabil, apalagi jika mesin mobil tidak rutin dipanaskan, masa pakai aki serta daya listriknya bisa berkurang.

Jadwal Ganti Aki Mobil

Direkomendasikan menggunakan dan mengganti aki mobil itu satu sampai dua tahun saja ya sobat, dan jika sudah lewat, kita harus lebih rajin lagi mengecek kondisi aki. Aki mobil yang sehat enjadi salah satu indikator awetnya mobil ketika digunakan.

Waktu ganti aki mobil

Pemakaian aki mobil menginjak 2-2,5 tahun sudah perlu adanya pergantian dengan kondisi tertentu, karena dengan pemakaian pengguna, seperti mesin menyala lebih banyak dengan aksesoris tidak perlu, minimnya pencekan aki sampai faktor cuaca.

Umur aki mobil yang sehat antara maksimal 2,5 tahun dengan kondisi yang terus dimaintenance. Pemakaian kendaraan, sampai pengecekan aki rutin menjadi salah satu fokus penting bagi pemilik mobil.

Cek dulu yuk kondisi aki mobil kita sekarang, cek beberapa hal ini:

  • Cek kondisinya.

Aki kering dan Aki Basah Mobil
Aki kering dan Aki Basah Mobil

Pengecekan kondisi ini akan berpengaruh pada kapan aki mobil kita harus diganti. Jika aki mobil Anda adalah tipe basah, cek pada batas atas dan bawah di cairan elektrolit. Jika batas cairan itu mendekat batas bawah, harus ditambah ya sobat.

Untuk menggunakan aki mobil dengan benar itu wajib hukumnya. Seperti menguras aki untuk aki basah, jenis aki basah dan kering perlu bosque pahami, tinggal konsultasikan ke Cakra Motor 11 untuk rekomendasi aki mobil.

Lalu jika aki mobil Anda kering itu lebih santai dalam maintenance, namun ada juga nih indicator warna kemampuan dari aki. Jika biru masih aman, dan jika sudah berwarna putih harus segera di setrum, namun jika merah, ganti dulu yuk di bengkel aki Cakra Motor 11 terdeket dari rumah Anda.

  • Pakai alat bantu.

Tester Aki Mobil
Tester Aki Mobil

Alat bantu yang dimaksud adalah alat test aki, ini digunakan untuk melihat voltase kenormalan aki itu. Dalam keadaan mesin mati, voltase normal di angka 12,45 volt. Namun ketika mesin menyala, normalnya di angka 13-14 volt. Jika dibawah angka itu, aki kita sedang tidak normal dan harus diganti di bengkel Cakra Motor 11 ya.

>>>>>> Baca Juga : Cara Memasang Aki Pada Semua Jenis Mobil

  • Cek kebersihan air akinya.

Jika aki dalam masalah, biasanya juga tercermin dari air akinya yang kotor. Jika kotor akan menjadi keruh dan malah berakibat tidak baik jika bercampur pada kotoran-kotoran. Segera ganti oli Anda jika sudah tidak memberikan performa yang baik bagi kondisi mobil. Jika lokasi Anda di Jakarta Selatan, maka bisa mengganti aki mobil di  10 Pusat Aki Mobil Jakarta Selatan ini.

  • Pengecekan lanjutan yang teliti.

Jika sudah melakukan pengecekan beberapa point di atas, Anda bisa mengecek juga pada kondisi aki jika lampu mobil sudah mulai meredup dan jika menyalakan mesin menjadi lebih lambat.  Dan ketika starter malah terhambat, berarti kelistrikan yang mengalir pada starter tidak memiliki energi yang penuh, dan waktunya memaintenance atau menggantinya.

  • Kurangi aksesoris yang tidak perlu.

Nah hal ini sering banget ditambahkan para pemilik kendaraan, jika tidak penting-penting banget, tidak perlu menambah aksesosir yang malah memakan konsumsi listrik berlebih. Selain menguras listrik jadi lebih banyak, hal ini malah membuat usia pakai aki mobil jadi lebih pendek.

Review Toko Aki Terbaik di Jakarta 

Berikut alamat bengkel resmi Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya:

  • Cakra Motor 11 Jakarta Barat

Untuk lokasinya berada di Jl. Taman Surya Boulevard No. 3, RT. 13 / RW. 03, Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11830, nomor telepon/WhatsApp 087877708891.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Kota

Untuk lokasinya berada di Jl. Ratu Kemuning No.26, RT. 09 / RW.13, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520, nomor telepon/WhatsApp 087877708892.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Jl. Sultan Hasanudin Blok B Nomor 9, RT. 03 / RW. 01, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160, nomor telepon/WhatsApp 087877708893.

  • Cakra Motor 11 Cinere, Depok

Untuk lokasinya berada di Pasar Segar Ruko AutoPart Blok ROA No.3, RT 01,RW 08, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514, nomor telepon/WhatsApp 087777796335.

  • Cakra Motor 11 Gading Serpong, Tangerang

Untuk lokasinya berada di Jl. Raya Kelapa Puan Blok AD14 no 16&17, Pakulonan Bar., Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810, nomor telepon/WhatsApp 087777796334.

  • Cakra Motor 11 ITC Fatmawati, Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Ruko ITC Fatmawati (Sebelah MOR) Blok B1 No 6 Cipete Utara – Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, nomer telepon/whatsapp 0878-7770-8893

Bagi yang berada di luar Jabodetabek Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100%  pasti original, selalu ready stock, dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Jadi percayakan segala keperluan mobil Anda pada Cakra Motor 11. Bila Anda ragu, Anda bisa menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711 untuk menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan kendaraan Anda.

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait