Oli Mobil Terbaik – Oli mobil menjadi hal paling penting yang harus diperhatikan ketika kamu udah punya kendaraan beroda empat ini nih. Biar kendaraan mobil bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, oli mobil wajib ada untuk melumasi berbagai jenis komponen di dalam mesin mobil. Nggak hanya itu aja, oli mobil juga penting untuk mencegah terjadinya benturan pada logam-logam dengan komponen mesin mobil sedikit mungkin. Oli mobil juga bermanfaat untuk mengurangi goresan atau keausan pada mesin.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi di bidang industri otomotif, jenis dan pilihan oli mobil makin beragam dengan keunggulan masing-masing. Sayangnya hal ini nggak dimengerti semua orang. Masih banyak orang awam yang kurang paham sama teknologi oli yang ditawarkan. Ujung-ujungnya, mereka asal dalam memilih oli untuk mobil, padahal belum tentu oli pilihan mereka ini sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil.  Kejadian kayak gini juga sering terjadi saat harus ganti oli mobil secara berkala. Kamu termasuk kayak gini nggak nih? Simak pembahasan oli mobil terbaik dibawah ini.

Oli Mobil Terbaik

Nah, biar kamu nggak bingung dan nggak salah pilih oli mobil terbaik untuk mobil kesayanganmu, kamu perlu tau beberapa hal seperti jenis oli, kekentalan (SAE), dan kualitas oli (API).

1. Oli Mineral

Oli Mobil Terbaik

Jenis oli pertama adalah oli mineral yang dibuat dengan bahan dasar yang diambil dari minyak bumi yang udah diolah dan ditambah zat-zat aditif. Penambahan zat ini berguna untuk meningkatkan kemampuan dan fungsi oli pada mobil.

Kalau kamu udah bertahun-tahun selalu pakai oli mineral, sebaiknya jangan langsung ganti ke oli sintetis karena oli sintetis biasanya mengikis sisa yang ditinggalkan oli mineral. Sehingga sisa tadi terangkat dari tempat aslinya dan bisa mengalir ke dalam celah-celah mesin. Akibatnya hal ini bisa mengganggu pemakaian mesin mobil nih.

 

2. Oli Sintetis

Oli Mobil Terbaik

Oli sintetis dibuat dari bahan minyak bumi yang udah diolah kembali sehingga sifat0sifat yang nggak diinginkan udah hilang. Oli sintetis jua bisa dibuat dari bahan lain selain minyak bumi.

Umumnya oli sintetis nggak mengandung bahan karbon reaktif atau kandungan yang nggak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan asam. Oli sintetis dirancang untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral. Nggak heran deh kalau oli sintetis itu lebih sering punya garansi proteksi dan jangka waktu pemakaian yang lebih lama, dan tentunya harga yang lebih mahal.

Walaupun demikian, bukan berarti oli sintetis cocok untuk semua jenis mobil ya. Oli sintetis sendiri punya nilai SAE yang rendah alias lebih encer. Dengan kata lain, oli sintetis kurang tepat digunakan oleh kendaraan mobil yang masih pakai mesin teknologi lama.

Nah, kalau kamu punya mobil baru yang teknologi mesinnya terbaru, kamu disarankan banget nih untuk pakai oli sintetis. Keunggulan oli sintetis yang cukup menguntungkan adalah mampu untuk membersihkan mesin dan menjadi pendingin mesin.

 

Baca Juga : Harga Aki Mobil Avanza Terbaru dan Cara Penanganannya

 

3. Kekentalan

Kekentalan atau sering disebut viskositas adalah salah satu unsur kandungan oli paling rawan karena berhubungan sama ketebalan oli atau besar resistensinya untuk mengalir. Kekentalan dalam oli nggak hanya berbicara soal konsistensi cairannya aja, tapi juga kemampuan oli dalam beradapatasi dengan temperatur, baik rendah maupun tinggi.

Viskositas ini berhubungan sama fungsi oli sebagai pelumas sekaligus pelindung benturan antar permukaan logam. Oli harus memiliki kekentalan yang tepat pada temperatur atau suhu tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan. Kamu bisa tau hal ini dari Society of Automotive Engineers atau SAE.

Nah, memperhatikan SAE itu juga penting loh biar oli mobilmu awet. Misalnya, kode SAE 5 W – 30 yang artinya oli punya kekentalan 5 pada temperatur dingin di musim dingin dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat Celcius.

Tetapi yang terbaik adalah mengikuti viskositas sesuai spesifikasi mesin. Biasanya, mobil sekarang punya kekentalan lebih rendah dari 5 W – 30, contoh 0 W – 16 dan 0 W – 20. Mesin mobil saat ini kebanyakan lebih sophisticated sehingga kerapatan antar komponen makin tipis dan juga banyak celah-celah kecil yang Cuma bisa dilewati oleh oli encer. Kamu nggak disarankan untuk pakai oli yang kental kayak 20 W – 50 pada mesin mobil sekarang karena bisa mengganggu debit aliran oli pada mesin.

Beda cerita nih kalau mesin mobilmu udah tua. Untuk mesin lebih tua, clearance bearing lebih besar sehingga kamu boleh pakai oli kental biar menjaga tekanan oli normal. Ada beberapa jenis viskositas dan temperatur dalam derajat celcius yang biasa digunakan sebagai standar oli di berbagai negara.

  • 0 W – 20 dan 5 W – 20 untuk iklim dingin seperti di kawasan Swedia.
  • 0 W – 30 dan 5 W – 30 untuk iklim sedang seperti di kawasan Inggris.
  • 0 W – 40 dan 5 W – 40 untuk iklim panas seperti di kawasan Indonesia.

Udah tau dong kode SAE yang tepat untuk mobil kesayanganmu?

 

4. Kualitas Oli

Selain memperhatikan kode SAE, kamu juga harus memperhatikan kode lain nih, yaitu American Petroleum Institute atau yang disingkat API. Spesifikasi API biasanya dijelaskan dari kode bahan bakar yang terdiri dari bahan bakar bensin dan bahan bakar diesel.

Kode S merujuk pada S – Service atau bisa juga diartikan Spark-plug ignition yang memakai busi dan biasa digunakan pada mobil MPV atau mobil yang berbahan bakar bensin. Misalnya ada SJ, SL, SM, dan SN.

Kalau dilihat dari urutan tahunnya, kualitas oli untuk mesin berbahan bakar bensin yang cukup populer adalah SN untuk tahun 2017, simbol SM untuk tahun 2014, dan simbol SL untuk tahun 2001.

Meski ada tiga jenis simbol yang berbeda ini, simbol makin baru masih tetap bisa digunakan untuk kategori sebelumnya. Contohnya oli bersimbol SM bisa digunakan oleh mobil-mobil dengan teknologi terbaru yang optimal walaupun berada dalam suhu tinggi sekalipun.

Sementara mobil berbahan bakar diesel akan bisa menggunakan kode C – Commercial yang bisa dipakai di dalam truk heavy duty. Contohnya adalah SD, CG, dan CF.

 

Baca Juga : 7 Toko Aki Mobil BSD Kota Tangerang Selatan Banten

 

Cara Mengetahui Kondisi Oli

Memeriksa kondisi oli mesin juga penting dilakukan nih biar kualitas olimu tetap baik. Pastikan kamu melakukan kegiatan ini rutin setiap minggunya, ya. Dari cairan oli yang dicek kamu bisa tau loh apakah kendaraan mobilmu layak digunakan atau nggak.

Lalu, bagaimana caranya ya?

Caranya gampang banget dan nggak makan waktu yang lama kok! Pertama, kamu harus mencabut tongkat pemeriksa ketinggian oli atau dipstick yang biasanya bisa terlihat jelas di mesin.

Dari oli mesin ini, kamu bisa mendeteksi atau memeriksa beberapa hal nih.

Misalnya, kalau warna oli nggak jauh berbeda dengan saat pertama diisi ke mesin, yang biasanya warna bening, ini artinya mesin mobilmu masih dalam kondisi prima dan mobilmu siap digunakan untuk mengantarmu pergi.

Nah, kalau warna oli berubah jadi warna hitam, ini artinya udah waktunya kamu ganti oli nih. Kalau kamu punya wadah atau botol penampung, kamu bisa melakukannya sendiri kok. Kalau kamu nggak ingin repot, langsung kunjungi aja bengkel favoritmu.

Selanjutnya, oli juga bisa berubah warna jadi putih atau seperti susu. Ini artinya oli dalam mesin mobilmu udah tercampur dengan air. Kalau air dan oli tercampur dalam mesin mobil, ini bisa menimbulkan efek atau membentuk lubang pada dinding pemisah di dalam mesin. Lubang juga bisa terbentuk di radiator pada kendaraan yang pakai jenis satu radiator untuk mendinginkan air dan oli.

Reaksi lain yang bisa kamu temukan saat ganti oli adalah muncul bau bensin. Kalau hal ini terjadi, ini artinya ada kemungkinan masalah pada komponen di dalam mesin. Hal seperti ini sebaiknya langsung kamu lapor atau bawa periksa ke bengkel terdekat yang kredibel. Masalah kayak gini harus langsung ditangani sama mekanik yang paham biar tau mana bagian komponen mana yang kemungkinan rusak.

Kamu melihat jumlah oli berkurang banyak? Tapi nggak ada oli yang menetes di permukaan lantai? Kejadian kayak gini bisa dibilang oli ikut terbakar bareng bensin yang ditandai muncul asap putih yang tebal dari knalpot kendaraanmu. Asap ini bisa muncul karena rusaknya cincin piston atau katup tempat campuran bahan bakar masuk ke ruang bakar. Kalau kamu mengalami kondisi ini, jangan dibiarkan ya. Hal ini bisa bikin mesin kendaraan akan cepat rusak.

Rekomendasi Produk Oli Terbaik untuk Mobilmu

Kalau kamu sudah tau dan paham apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih oli yang paling tepat untuk mobil serta cara perawatannya, kamu bisa langsung kunjungi bengkel terdekat untuk memilih oli mobil terbaik untuk kendaraanmu nih.

Hmm, masih bingung dan butuh rekomendasi? Tenang! Kami akan kasih beberapa produk rekomendasi oli terbaik yang bisa jadi untuk pilihanmu nih. Tapi, pastikan kamu memilih olinya sesuai dengan kebutuhan mobilmu, ya!

Nah, berikut ada beberapa rekomendasi produk oli yang bisa jadi referensi untuk mesin mobilmu:

1. Amsoil Signature Series 5w30

oli mobil terbaik

AMSOIL Signature Series Oli Motor Sintetis memberikan 75 persen lebih banyak perlindungan mesin terhadap kehilangan tenaga dan keausan daripada yang dianjurkan oleh standar industri, dan juga  memperpanjang usia komponen vital seperti pada piston dan cam.

AMSOIL Signature Series Oli Motor Sintetis memberikan perlindungan cadangan, memungkinkan Anda untuk bergerak lebih lama di antara penggantian oli jika Anda memilih hingga 40.000 mil (40.200 km), 700 jam operasi atau satu tahun, mana saja yang lebih dulu (lihat halaman belakang untuk detail). Formulasi sintetis dan sistem aditif saluran pembuangan panjang kami pada dasarnya stabil untuk menahan oksidasi dan menetralkan asam dalam periode yang lebih lama.

Seri Signature dirancang untuk memberikan perlindungan engine yang luar biasa, kebersihan, dan kinerja selama interval pembuangan yang diperpanjang, dijamin. Ini memberikan ketenangan pikiran sehingga Anda dapat menyesuaikan penggantian oli ke dalam jadwal Anda.

2. Motul Multi Power Plus 5w40

oli mobil terbaik

Motul Multipower Plus telah dikembangkan dan diuji sesuai dengan spesifikasi kinerja terbaru. Ini menggabungkan teknologi pelumas terbaru untuk memenuhi kinerja API SN saat ini. Aditif anti-aus yang berkinerja tinggi menghasilkan pengurangan gesekan internal engine dan meningkatkan daya tahan mesin dengan mengurangi keausan.

3. Shell Helix HX 7

oli mobil terbaikSiapa nih yang nggak kenal brand Helix? Brand Helix jenis HX 7 ini merupakan oli mesin mobil yang berguna untuk membersihkan dan menjaga mesin. Shell Helix HX 7 ini tergolong jenis oli sintetik yang sanggup menjaga suhu mesin dengan optimal dan melumasi mesin dengan sempurna. Shell juga menerapkan teknologi modern, flexi molecule, yang bisa membersihkan mesin dengan baik sampai ke sela-sela.

4. Fastron Gold SAE

oli mobil terbaikPerusahaan Pertamina juga memproduksi banyak jenis oli mobil, salah satu oli mobil terbaik dari Pertamina adalah Fastron Gold SAE. Oli mobil ini punya teknologi nano guard yang mampu melapisi dan melindungi mesin secara menyeluruh sampai bagian sudut kecil. Produk ini bisa digunakan oleh beragam jenis mobil loh, dari yang biasa sampai premium.

5. Total Quartz 9000

oli mobil terbaikKalau kamu suka atau sering melakukan perjalanan jauh untuk traveling, ada rekomendasi oli yang bisa kamu cobain nih, yaitu Total Quartz 9000. Tingkat kekentalan oli ini tergolong tinggi sehingga akan tetap berfungsi dengan baik meski temperatur atau suhu mesin lagi panas dan diberikan beban berat. Kinerja piston pun tetap lancar berkat perlindungan lapisan yang menyeluruh. Keunggulannya, oli ini mampu menjaga mesin agar terhindar dari penyumbatan pada mesin yang tingkat sensitivitasnya tinggi.

6. Castrol Magnatec

oli mobil terbaikSalah satu oli mobil terbaik lainnya adalah Castrol. Kamu bisa gunakan Castrol Magnatec yang punya kandungan molekul-molekul tinggi yang mampu membersihkan sisi mesin mobil secara menyeluruh sampai sudut-sudut yang sulit terjangkau. Oli Castrol Magnatec juga dilengkapi dengan bahan sintetik murni yang bisa menempel kuat pada permukaan mesin untuk membentuk lapisan ekstra yang dapat melindungi mesin mobil selama digunakan.

7. Federal Rextron

Sering khawatir mesin mobil kepanasan? Federal Rextron akan mengurangi keresehan kamu nih karena oli ini terbuat full sintetik dan berguna efektif menjaga mesin. Oli Federal Rextron ini dirancang  sempurna dengan menggunakan teknologi anti heat atau anti panas yang menjaga temperatur / suhu mobil menjadi lebih stabil. Dalam oli ini juga terdapat kandungan active polymer yang berfungsi untuk menghemat konsumen bahan bakar mesin. Oli ini tergolong fleksibel untuk digunakan karena bisa digunakan dengan efektif dan normal oleh mobil lama yang diproduksi tahun 2000-an. Hmm, apakah kamu tertarik untuk menggunakan oli mobil ini?

8. STP Synthetic Oil

Kebanyakan pemilik kendaraan mobil matic di Indonesia pasti banyak yang udah mengenal produk oli ini. Ya, karena oli ini dirancang untuk mobil yang dikendarai di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Salah satu kandungan yang ada dalam oli ini adalah tropical formula yang dirancang khusus sebagai perlindungan mesin. Pemakaian oli STP Synthetic secara berkala bisa melindungi mesin dan memperpanjang umur hidup si mesin loh. Salah satu keunggulan oli dari STP ini adalah mesin mobil akan lebih mudah dinyalakan di temperatur atau suhu udara dingin tarikan gasnya akan menjadi lebih ringan dan mulus.

Untuk kamu pemilik mobil matic yang masih bingung memilih oli untuk mesin mobilmu, STP Synthetic ini adalah pilihan terbaikmu. Take it!

9. Super 2000 5 W – 30

oli mobil terbaikOli mobil terbaik yang terakhir Produksi oli dari Super 2000 yang cukup baik adalah Super 2000 5 W – 20 yang bisa menjaga mesin agar tetap kuat dalam kondisi suhu yang dingin. Suhu mesin akan tetap optimal karena oli ini menggunakan bahan semi sintetik. Nggak hanya suhu aja nih, keunggulan oli ini adalah mampu membersihkan seluruh bagian mesin mobil untuk menekan resiko timbulnya mesin aus, panas, dan kinerja yang lambat.

Dengan volume produk oli sebanyak 4 liter, oli Super 2000 5 W – 30 ini bisa digunakan oleh mobil yang punya kapasitas besar, misalnya mobil yang kapisatasnya di atas 1500 cc.

Jadi, pemilihan oli mobil terbaik untuk mesin mobilmu bisa dilihat dari 3 hal, mulai dari jenis oli yang harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil, kekentalan oli yang ditentukan dari kode SAE (di Indonesia biasa menggunakan kode 0 W – 40 dan 5 W – 40  yang disesuaikan dengan iklim atau cuaca yang panas), dan kualitas oli yang bisa dilihat dari API.

Nah perlu diingat nih teman-teman, kalau mobilmu tergolong keluaran baru, kamu harus memilih oli encer yang berguna untuk melumasi gaya gesek mesin mobil yang masih rendah karena masih baru.

Kalau mobil kesayanganmu tergolong mobil keluaran lama, senggaknya lebih dari lima tahun, kamu baru butuh oli yang lebih kental yang berguna melumasi celah komponen mesin yang udah renggan dengan baik. Hal-hal kecil ini membantu banget loh untuk kamu dalam memilih oli mobil terbaik untuk si roda empat kesayanganmu.

Selain memahami 3 hal penting tadi, kamu juga harus rutih memeriksa kondisi oli mesin mobilmu nih. Kalau kamu udah menemukan ada yang nggak beres pada kinerja mesin mobilmu, langsung bawa ke bengkel resmi terdekat untuk segera ditangani, ya!

Cakra Motor 11, Pusatnya Oli Mobil Di Jakarta dan Sekitarnya

Untuk membeli oli mobil terbaik salah satu tempatnya yaitu di Cakra Motor 11, dengan jaringan bengkel yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, anda akan lebih mudah dalam bertransaksi dengan Cakra Motor 11. Dengan ribuan pelanggan setia Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indonesia.

Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.