Bagikan!

Tiga Jenis Oli Mobil Pertamina Yang Beredar Dipasaran

oli mobil pertamina

Oli Mobil Pertamina – Peran pelumas atau oli emang penting banget buat semua jenis kendaraan, termasuk untuk mobil kesayangan kita. Kalau mesin mobil kita dibiarkan bekerja tanpa oli dan saling bergesekan, ini bisa bikin mesin mobil cepat rusak. Biar hal ini nggak terjadi, kamu harus memilih oli yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobilmu.

Kalau tertarik dengan produk lokal alias asli Indonesia, kamu bisa mencoba oli yang diproduksi oleh Pertamina, perusahaan bangsa yang mengolah minyak bumi jadi bahan bakar dan produk lainnya, salah satunya oli.

Pertamina sendiri mengeluarkan tiga jenis produk oli, mulai dari oli mesin, oli transmisi automatic, dan oli gardan. Kali ini kamu akan mendapatkan informasi lebih banyak soal oli mesin untuk mobilmu nih.

Umumnya, oli mesin mobil berguna untuk melumasi bagian logam-logam pada mesin mobil, menggerakan sekumpulan gigi-gigi dan menyalurkan ke batang gardan yang tersambung dengan roda. Oli mesin produksi Pertamina pun terbagi menjadi tiga jenis, seperti oli mineral, oli semi sintetis, dan oli full sintetis.

1. Oli Mobil Pertamina Mineral

oli mobil pertamina

Oli mineral terbentuk dari bahan alami minyak mentah yang diambil langsung dari perut bumi kemudian diolah. Oli jenis ini punya kekentalan yang cukup tinggi nih. Nggak heran kalau oli mineral lebih dominan atau lebih sering dipakai pada mesin diesel dan juga mesin bensin yang diciptakan pada tahun 2000-an ke bawah alias mobil tua.

Produk Pertamina dengan jenis oli mineral ini bisa kamu temukan pada produk berlabel Mesran SAE 10 W hingga 50 W, Mesran Super SAE 20 W – 50, Prima XP SAE 20 W – 50, Prima X’Treme 10 W – 30m dan Meditran SX.

Salah satu produk yang cukup populer adalah Mesran Super SAE 20 W – 50. Oli ini dibuat dari bahan dasar oli minyak berkualitas tinggi dan punya kandungan aditif detergent dispersant, anti oksidasi, anti aus, dan punya sifat untuk melindungi dan memelihara kebersihan torak, mencegah terbentukanya endapan lumpur pada mesin, dan mampu mengurangi keausan pada bagian katup / klep.

 

2. Oli Mobil Pertamina Semi Sintetis

oli mobil pertamina

Pada dasarnya oli jenis semi sintetis terbuat dari oli mineral yang udah ditambah bahan aditif. Oli ini cocok dan tepat digunakan untuk mesin yang berkinerja sedang kayak mobil penumpang. Contohnya Fastron yang berbahan dasar semi sintetis berkualitas tinggi dengan kekentalan ganda (multigrade) sehingga olinya mudah bekerja pada suhu rendah dan memberikan perlindungan maksimal pada keausan komponen mesin di suhu dan kecepatan yang tinggi.

Beberapa produk oli Pertamina jenis semi sintetis ini adalah Pertamin Enduro 4T SAE 10 W – 40 dan Fastron Semi Sintetis SAE 20 W – 50 yang direkomendasikan untuk kendaraan mesin bensin modern yang lengkap dengan sistem Direct Injection dan multikatup. Selain itu, oli Fastro SAE 20 W – 50 juga direkomendasikan untuk kendaraan mesin diesel tugas sedang, Kamu nggak perlu ragu untuk memilih oli ini karena kekentalannya stabil baik di suhu rendah dan tinggi, memberikan perlindungan efektif pada piston, melindungi mesin dari keausan, dan punya stabilitas oksidasi yang baik.

 

Baca Juga : Pahami Fungsi Oli Mobil dan Penggunaannya

 

3. Oli Mobil Pertamina Full Sintetis

oli mobil pertamina

Sesuai namanya, oli ini terbuat dari sintetis bahan buatan. Beda dengan oli mineral, oli full sintetis punya ciri khas yaitu lebih encer dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Hal ini membuat oli full sintetis cocok banget dipakai sama mobil modern saat ini dan mobil sport.

Kalau kamu tertarik dengan oli full sintetis, Pertamina menawarkan beberapa produk andalannya seperti seri Fastron Techno, seri Fastron Gold, dan seri Fastron Platinum.

Untuk mobil injeksi standar kamu bisa memilih Fastron Techno sebagai oli mesin mobilmu. Selain itu, pastikan kamu menggunakan oli Fastron Techno yang punya kode API SN. Kode ini menandakan kalau di dalamnya ada kandungan zat aditif yang mampu mengurangi wear karena gesekan pada mesin-mesin berteknologi tinggi. Oli yang berkode SN pun biasanya udah full sintetis yang artinya 100 persen menggunakan bahan sintetis.

Nah, untuk mobil sekelas Mercedes Benz, BMW, Porsche, dan sederet mobil mewah lainnya, kamu bisa memilih dan gunakan seri oli Fastron Gold yang sesuai dengan mobil teknologi lebih tinggi.

Sementara Fastron Platinum tepat digunakan untuk mobil sport karena dirancang sebagai oli racing. Oli ini bisa dipakai untuk mobil Lamborghini Squadra Corsa.

Kalau kamu memang lebih tertarik dengan produk lokal, kamu nggak salah deh kalau memilih produk oli dari Pertamina. Selain mendukung karya anak bangsa, oli Pertamina juga dirancang tepat sesuai dengan kondisi mobil kebanyakan yang digunakan di Indonesia.

Eits, tapi pastikan kamu memilih oli Pertamina sesuai dengan spesifikasi dan jenis mesin mobilmu ya. Mulai dari mineral, semi sintetis, dan full sintetis, mana jenis oli yang menjadi pilihanmu?

Cakra Motor 11, Pusatnya Oli Mobil Di Jakarta dan Sekitarnya

Untuk membeli Oli Mobil Pertamina salah satu tempat terbaiknya yaitu di Cakra Motor 11, dengan jaringan bengkel yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, anda akan lebih mudah dalam bertransaksi dengan Cakra Motor 11. Dengan ribuan pelanggan setia Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indonesia.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait