Oli sebagai pelumas sebuah kendaraan wajib diganti secara berkala. Kendaraan apapun yang Anda pakai, termasuk mobil-mobil Daihatsu, membutuhkan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan tingkat kekentalan yang tepat. Informasi ini bisa Anda baca dari buku manual masing-masing mobil.

Daihatsu sendiri membagikan beberapa tips penggantian oli di situs resminya daihatsu.co.id. Panduan tersebut ditujukan untuk membantu para pemilik berbagai jenis mobil Daihatsu mulai dari Xenia sampai Sigra dalam menentukan oli yang tepat dan kapan waktunya ganti oli.

Kapan Sebaiknya Oli Daihatsu Diganti?

oli mobil daihatsu

Bagi orang yang sudah berpengalaman, dengan melakukan pemeriksaan oli sendiri di rumah, mereka sudah bisa menentukan apakah olinya sudah harus diganti atau belum. Tapi bagi mereka yang belum ahli, cara termudah adalah membawa mobilnya ke bengkel terdekat. Satu hal yang pasti, jangan memaksakan memakai oli yang sudah terlalu tua alias lama tak diganti karena itu pada akhirnya justru akan merusak mesin kendaraan Anda sendiri.

1. Ganti Oli dengan Acuan Jarak Tempuh

Banyak anggapan bahwa jarak tempuh atau kilometer bisa dijadikan acuan untuk mengganti oli mobil. Sebenarnya, ada faktor-faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan, misalnya kondisi jalanan (perkotaan atau off-road) di mana mesin harus bekerja keras di medan yang menantang dan kemacetan di mana mesin harus tetap menyala meski kendaraan sedang berhenti. Maka sebagian orang menjadikan running hours sebagai acuan yang pasti.

Secara umum, Anda disarankan untuk mengganti oli mesin saat mobil sudah menempuh jarak 10.000 km. Untuk pemakaian normal seperti dalam perkotaan dengan medan standar, jarak tempuh 10.000 km rata-raya akan tercapai dalam waktu 6 bulan.

Namun harus dicatat bahwa waktu penggantian oli berdasarkan jarak tempuh 10.000 km akan dicapai bila Anda menggunakan oli berjenis full sintetik. Bila oli yang Anda gunakan adalah semi sintetik atau bercampur mineral, maka oli harus diganti ketika sudah menempuh jarak 5000 km. Sebagai catatan, jika mobil Anda sering melalui medan-medan berat seperti tanjakan dan jalanan yang Anda lalui seringkali macet, maka sebaiknya waktu penggantian harus dipercepat.

Selain mengacu pada jarak tempuh, Anda bisa menggunakan acuan lainnya untuk mengganti oli. Tanda-tanda oli harus diganti adalah sebagai berikut:

2. Kualitas Oli Menurun

Kualitas atau kondisi oli bisa Anda jadikan acuan untuk ganti oli. Oli yang masih baru memiliki tekstur yang lebih licin, lengket, dan berwarna jernih. Di sisi ain, oli yang sudah lama dipakai tanpa diganti akan berubah warna menjadi coklat hitam keruh.

Perubahan warna oli ini disebabkan oli disirkulasikan untuk membersihkan bagian permukaan pada dinding silinder. Dinding silinder mudah terkena kerak dan karbon akibat proses oksidasi sehingga oli pun berubah warna menjadi hitam. Oli juga bisa menghitam bila kendaraan sering bekerja keras di medan-medan berat. Jadi warna saja tidak cukup untuk dijadikan patokan, harus ada patokan lainnya untuk menentukan kapan saatnya ganti oli.

3. Akselerasi Mesin Terasa Berat

Bila akselerasi kendaraan Anda terasa berat dan ngos-ngosan, berarti saatnya oli mesin Anda diganti. Ketika kualitas oli sudah mulai menurun, gesekan antar komponen mesin menjadi semakin tinggi dan kasar, membuat kinerja mesin secara keseluruhan terasa semakin berat. Perubahan pada kinerja mesin ini paling terasa ketika Anda menginjak pedal gas; Anda sudah menginjaknya dalam tapi akselerasi mobil terasa lambat.

4. Getaran Mesin Lebih Terasa

Saat mesin berada dalam kondisi idle, terasa getaran yang sangat berat pada mesin. Getaran ini akan semakin terasa kuat bila kondisi oli sudah menurun karena lama tak diganti, karena itu Anda harus lebih peka lagi merasakan getaran mesin mobil Anda.

5. Suara Mesin Sangat Kasar

Sejalan dengan getaran yang lebih terasa, suara mesin mobil yang terdengar kasar ketika dihidupkan juga menjadi tanda oli harus diganti atau tidak. Perbedaannya akan sangat terasa ketika Anda baru mengganti oli, suara mesin menjadi halus dan getaran tidak terasa. Jadi getaran dan suara bisa Anda jadikan patokan juga untuk mengganti oli mobil.

 

Baca Juga : Toko Oli Mobil Permata Hijau Paling Recommended

 

Oli Mobil Daihatsu

Kembali ke soal oli Daihatsu, Daihatsu beberapa tahun lalu sudah merilis oli resmi mereka sendiri yang dinamakan Daihatsu Genuine Oil (DGO) 5W-30 dan 10W-40. Kedua jenis oli ini dirancang untuk melindungi komponen mesin saat mobil bergerak dalam kecepatan normal, jalanan macet, maupun perjalanan lainnya. Daihatsu Genuine Oil adalah hasil kerjasama antara Daihatsu dengan PT Pertamina Lubricants dalam mewujudkan komitmen Daihatsu untuk berikan performa mobil terbaik kepada para pelanggannya.

“Kami berinisiatif untuk meluncurkan oli, karena melihat populasi kendaraan kami yang sudah sangat banyak di jalanan. Serta membantu konsumen agar tidak salah pilih pelumas untuk mesin, karena namanya genuine oil itu sudah pasti kualitasnya,” ungkap Ahmad Syaufi, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor, sebagaimana dikutip dari Viva.

Rilis dua jenis oli genuine dari Daihatsu ini semakin memperkuat deretan line-up oli mereka setelah Daiahtsu merilis dua produk Daihatsu Genuine Oil lainnya di tahun sebelumnya, yaitu DGO 0W-20 API SN/GF-5, Manual Transmisison Fluid SAE 80W API GL-4, dan Differential Gear Oil SAE 90API GL-5.

Oli Daihatsu Genuine Oil (DGO) bisa didapatkan di bengkel resmi Daihatsu atau bengkel umum lainnya yang menjual produk dan part orisinil di seluruh Indonesia. Salah satu sentra oli yang terpercaya di Indonesia adalah Cakra Motor 11.

Beli Oli? Ke Cakra Motor 11 Saja

Cakra Motor 11 adalah spesialis aki dan oli selama lebih dari 30 tahun yang berbasis di tiga daerah, Jakarta, Depok, dan Tangerang, di mana mereka membuka lima cabang di sana. Cakra Motor 11 juga membuka toko online di Tokopedia yang memberikan fasilitas gratis ongkir ke seluruh Indonesia untuk setiap pembelian produk mereka. Ada pula program promosi yang menarik.

Pilihan oli yang disediakan Cakra Motor 11 sangat beragam dan bisa menjangkau semua merk dan tipe mobil. Anda bisa berkonsultasi dengan mereka langsung sebelum memilih oli yang pas. Jangan khawatir karena Cakra Motor 11 selalu memberikan pelayanan maksimal bagi para pelanggan dan selalu memberikan penawaran yang menguntungkan.

Bila Anda tinggal di Jabodetabek, Anda bisa langsung bergegas ke bengkel-bengkel Cakra Motor 11 yang alamatnya masing-masing ada di bawah situs ini. Bila Anda tinggal jauh dari sana, Anda bisa memesan oli yang Anda butuhkan di toko resmi Cakra Motor 11 di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Yang pasti, oli dari Cakra Motor 11 adalah oli orisinil dengan harga yang tak bakal bikin kantong Anda jebol!. Untuk informasi lengkap tentang produk atau bagi anda yang ingin berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Tags: , ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.