Bagikan!

kenapa wajib ganti oli mobil sebelum mudik

Hallo bosque, siapa yang bakal mudik ke kampung halaman pada lebaran kali ini? Udah di prediksi loh kalau mudik di tahun 2023 ini bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya. Meskipun prediksi dari Kemenhub 80 juta orang akan melakukan perjalanan mudik, itu tidak akan mengurungkan niat mudik.

Dirut Operasional PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Fitri Wiyanti mengatakan prediksi volume lalu lintas pada mudik nanti akan naik bosque, terutama di 4 Gerbang Tol Utama, diperkirakan mencapai 2,21 juta kendaraan akan memadati 4 ruas tol utama ini. Salah satu titik kepadatan aka nada di ruas tol Jakarta-Cikampek di KM 47 sampai KM 66 serta juga KM 70 sampai KM 72 nih bosque.

Udah kebayang belom kalau berkendara dengan mobil pribadi nanti akan melewati beberapa ruas yang padat ini. Meskipun Bang Ori gak mengharapkan bosque semua kena macet panjang, namun ada baiknya tetap kuatkan fisik dan juga kuatkan kondisi mobil terutama dengan mengganti oli mobil kamu sebelum dan sesudah mudik nanti.

Perlukah ganti oli mobil sebelum dan sesudah mudik?

kenapa wajib ganti oli mobil sebelum mudik

Begini bosque, sebetulnya kita disarankan untuk memilih, sebelum atau sesudah mudik baru ganti oli mobil. Seperti yang disarankan, kalau KM mobil belum menyentuh angka 10.000, nampaknya belum perlu dilakukan pergantian oli mobil.

Baca Juga: Oli Mobil Terbaik 

Katakanlah kita memilih untuk mengganti oli mobilnya sebelum mudik, ini sangat disarankan, meskipun jarak ke angka 10.000 km masih cukup jauh misalnya masih sekitar 3.000 KM lagi. Kita tetap mengganti oli, karena pada saat perjalanan jauh, terlebih lagi saat macet, km mobil tidak bergerak, namun mesin tetap menyala dalam kepadatan.

Jadi kalau mau tetap fit, mobil perlu dilakukan pergantian oli dulu sebelum mudik. Atau jika, baru saja melakukan penggantian oli mobil, tidak perlu mengganti oli mobil sebelum mudik. Disarankan ketika sudah selesai mudik, ambil jarak 2-3 hari baru melakukan penggantian oli mobilnya.

Manfaatnya mengganti oli mobil sebelum atau sesudah mudik:

  • Mobil tidak akan bekerja ekstra.

Maksudnya begini bosque, ketika kita memilih untuk mengganti oli mobil di sebelum keberangkatan. Artinya kita sudah membekali mesin dengan oli yang baru dan fresh, meskipun mesin mobil menyala lebih sering daripada biasanya karena perjalanan jauh dan macet, mesin tetap prima.

Baca Juga: Fungsi Oli Mobil

Karena oli yang baru ini, mesin jadi lebih cekatan, bukan karena olinya yang jelek, namun kalau oli sudah terlalu lama belum diganti dan mobil dibawa jalan jauh serta macet, oli tersebut sudah cenderung kental dan menguap.

  • Mesin mobil minim dari risiko overheat.

Selain itu, kalau mengganti oli mobil sebelum mudik nanti, bisa meminimalisir mobil overheat. Tentu ini diimabangi dengan coolant yang cukup dan berkualitas baik tentunya. Bosque bisa dengan tenang kalau menggunakan oli terbaik dan asli dari Cakra Motor 11 dan juga melakukan pengisian juga coolant agar mesin tetap dikondisi stabil dan tidak over.

bengkel oli mobil cakra motor 11
Klik Whatsapp Untuk Beli

Artikel Terbaru

Artikel Terkait