Fungsi Oli Mobil – Sadar nggak sih kalau saat ini penjualan kendaraan bermotor kian memudahkan siapa saja untuk memiliki kendaraan impiannya, misalnya mobil. Tentunya sebelum memiliki kendaraan tersebut, sudah sepatutnya kamu mengenal elemen yang ada di dalam mobil yang perlu diperhatikan perawatan dan penggunaannya, salah satunya adalah pelumas atau oli mobil.

Fungsi Oli Mobil

 

Fungsi Oli Mobil

Berikut ini adalah beberapa fungsi oli mobil, antara lain :

1. Oli sebagai pelumas

Peran oli penting banget untuk menjalankan sebuah kendaraan bermotor seperti mobil. Oli mobil berfungsi mengurangi gesekan antara komponen di dalam mesin. Kalau nggak dikurangi atau dilumasi dengan oli, maka komponen mesin akan cepat habis atau kerap kita sebut ‘aus’.

2. Oli sebagai pelindung

Agar mesin mobil bekerja lebih maksimal, maka mesin harus bebas karat. Hal ini bisa diatasi oleh oli mobil yang menjadi pelindung atau pencegah munculnya karat. Oli mobil punya zat yang bisa mereduksi kimia pada mesin yang berpotensi menimbulkan karat.

3. Oli sebagai pendingin mesin

Oli mobil berguna untuk mendinginkan panas mesin karena sejatinya gesekan antar komponen mesin akan menimbulkan panas. Untuk meredam panas mesin, panas akan dibawa oleh oli ke dinding mesin sehingga bisa disalurkan atau ditransfer keluar dengan cara konduksi. Hal ini akan membuat mesin tetap dingin.

4. Oli sebagai pembersih mesin

Selain itu, oli juga berfungsi untuk membersihkan mesin dari kotoran dengan cara melarutkannya. Sebenarnya dari mana asal kotoran yang ada di dalam mesin mobil? Biasanya kotoran ini timbul dari debu yang masuk lewat seal yang bocor. Ada pula penyebab lainnya seperti gesekan antar komponen mesin. Kotoran ini membentuk serpihan-serpihan metal yang ukurannya sangat kecil. Kotoran juga dapat berasal dari proses pembakaran mesin yang menghasilkan residu. Serpihan metal dan kotoran sisa pembakaran tadi dibawa oleh oli mobil agar bagian dalam mesin tetap bersih dari kotoran atau sisa pembakaran tersebut.

Namun, semakin sering pemakaian mobil, maka kamu sebagai pemilik mobil wajib mengganti oli mobil secara berkala agar mesin kendaraan berumur lebih panjang. Oleh karena itu, kamu perlu memahami produk oli mobil yang dipilih dan cara penggunaannya.

 

Baca Juga : Daftar Harga Aki Mobil Ayla 2020 Terlengkap

 

Arti Kode SAE dan Pemakaiannya.

Oli Mobil
Umumnya produk oli mobil punya kode internasional yang digunakan pada setiap produsen oli, yaitu Society of Automotive Engineers. SAE merupakan badan internasional yang menerangkan tentang kekentalan oli. Kode pada SAE menunjukkan kemampuan oli dalam menjaga stabilitas kekentalan terhadap pengaruh suhu mesin dan lingkungan saat panas maupun dingin.

Biasanya pada oli mobil akan tertera huruf W yang merupakan pengertian dari winter (musim dingin) yang menandakan penggunaan oli bisa mencapai -20 derajat celcius, misalnya SAE 5W, SAE 10W, atau SAE 20W. Semakin kecil indeks SAE, maka tingkat kekentalan oli mobil akan semakin cair. Ini menandakan kemungkinan oli mobil untuk membeku atau mengeras pada suhu rendah semakin kecil. Kondisi ini berguna untuk mobil yang dinyalakan pada suhu dingin, misalnya saat musim salju.

Saat ini banyak oli mobil yang digunakan tergolong multigrade yang tingkat kekentalannya disesuaikan pada rentang temperatur mesin yang bisa dilihat dari angka yang tertera di belakang. Misalnya, SAE 5W-20 yang artinya suhu terendah oli mobil berada di tingkat kekentalan 5, sedangkan suhu maksimum panasnya berada pada tingkat kekentalan 40.

Kalau udara di luar rendah (musim dingin), maka mobil membutuhkan oli yang lebih cair dengan kode 0W – 5W. Nah, kalau kamu tinggal di lingkungan yang udaranya panas, misalnya di Indonesia, pastikan oli yang mengisi mesin mobilmu memiliki tingkat kekentalan lebih tinggi seperti 15W-30.

Memakai oli mobil yang nggak sesuai dengan suhu tempat tinggal dapat menyebabkan kinerja oli yang nggak maksimal. Misalnya di Indonesia yang merupakan negara tropis dan kamu memilih oli mobil 5W – 40. Hal ini membuat oli mobil sangat cair dan oli akan sulit melakukan lubrikasi (mengurangi gesekan atau keausan) dengan baik pada mesin. Selain suhu lingkungan, hal lain yang perlu diingat saat memilih oli mobil adalah tahun produksi mesin. Mobil-mobil baru sebaiknya menggunakan oli yang cair karena akan bekerja lebih maksimal.

Perhatikan Oli Mobil yang Belum Dipakai

Memahami arti dan kode SAE pada label produk oli saja belum cukup. Kamu juga harus paham pemakaian oli mobil. Kalau kamu memiliki oli mesin mobil yang belum digunakan, produk ini nggak akan kadaluarsa selama diletakan di kondisi yang aman, nggak terkontaminasi, dan nggak terkena panas terlalu lama.

Faktor yang merusak oli mobil dengan cepat adalah oksigen, debu, dan air. Oleh karena itu, pastikan oli mobil baik yang tengah digunakan maupun belum digunakan tertutup rapat agar bisa digunakan kapan saja. Oksigen mampu menyebabkan oksidasi (penggabungan suatu zat dengan oksigen dan menimbulkan karat) di dalam oli mobil kalau nggak tertutup rapat.

Sementara debu mampu membuat oli terkontaminasi. Debu yang masuk ke dalam oli yang mengandung silika dapat menimbulkan baret pada piston. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini bisa membuat aus bagian mesin. Sama halnya dengan debu, air juga membuat oli terkontaminasi. Oli yang telah tercampur air sudah dapat dipastikan oli tersebut rusak . Hal ini diakibatkan karena air menyebabkan emulsi (pengumpalan cairan) di dalam oli.

Secara garis besar, fungsi oli mobil adalah untuk menjaga agar mesin kendaraan terjaga dan berumur panjang. Nah, biar oli mobil bisa bekerja maksimal, kamu harus tahu betul jenis oli mobil dan kode SAE yang tepat untuk kamu pakai di wilayah kamu akan berkendara.

Cakra Motor 11, Pusatnya Oli Mobil Di Jakarta dan Sekitarnya

Dengan mengetahui fungsi oli mobil maka Anda harus tahu dimana membeli oli mobil yang asli. Untuk membeli Oli  Mobil salah satu tempat terbaiknya yaitu di Cakra Motor 11, dengan jaringan bengkel yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, anda akan lebih mudah dalam bertransaksi dengan Cakra Motor 11. Dengan ribuan pelanggan setia Cakra Motor 11 menjadi salah satu solusi tempat membeli oli mobil terbaik.

Kini Cakra Motor 11 juga memberikan layanan online bagi para pelanggan mereka yang berada di luar kota untuk membeli aki, oli, maupun spare part mobil lainnya. Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100% Pasti Original, Selalu Ready Stock dan dapatkan juga layanan Gratis Ongkos Kirim dari Cakra Motor 11 ke seluruh pelosok Indonesia.

Tags: ,

0 Comments

Leave a Comment

Open chat
1
Beli Oli & Aki Mobil? Klik Disini
Hallo, kami bengkel oli mobil Jakarta terbaik, silakan order dan konsultasi disini.