Bagikan!

4 Cara Cek Oli Gardan Mobil agar Tidak Keliru

perbedaan oli transmisi dan oli gardan

Oli gardan menjadi pelumas kendaraan yang memiliki fungsi utama untuk mengurangi gesekan antar komponen pada transmisi mobil. Masih banyak diantara Bosque yang lalai tidak mengecek pelumas ini. Alasannya sih simpel, tidak tahu cara cek oli gardan mobil. Nah, cari tahu cara mudah ceknya di artikel ini!

Fungsi Oli Gardan Kenapa Harus Diganti?

Sebelum melangkah ke penjelasan tentang cara cek oli gardan mobil, Bosque wajib tahu terlebih dahulu tentang fungsi dari oli ini. Simak 3 fungsi utamanya di bawah ini!

1. Mengurangi Gesekan antar Komponen

Gesekan antar komponen termasuk salah satu sistem kerja pada mobil. Demi menjaga kinerja komponen, dibutuhkanlah pelumas atau oli gardan. Dengan begitu, gesekan transmisi tidak akan terlalu kasar hingga menyebabkan kerusakan.

Dengan kata lain, oli gardan akan mengurangi intensitas gesekan yang terjadi agar bisa lebih halus dan tidak memberikan efek berlebihan pada transmisi.

2. Mencegah Terjadinya Overheat

Overheat merupakan kondisi saat terjadi peningkatan suhu pada komponen kendaraan meningkat drastis. Kondisi ini gak boleh terjadi Bosque, karena bisa menyebabkan masalah yang serius pada kendaraan. 

Nah, disinilah oli gardan akan berperan untuk menjaga kestabilan suhu pada mesin agar tidak terlalu panas. 

3. Melumasi Komponen Transmisi

Kinerja mobil akan dipengaruhi oleh berbagai aspek. Salah satunya kualitas oli garden. Dalam sistem transmisi, ada yang namanya gear ratio dan perannya untuk menjaga sistem kendaraan bekerja.

Gear ratio ini tidak boleh sampai melemah dan rusak. Demi menghindari masalah tersebut, kendaraan butuh oli gardan yang berkualitas bagus.

Umumnya, setiap pabrik mobil akan memberikan jadwal tersendiri untuk melakukan penggantian oli gardan. Bosque wajib mentaatinya.

Oli Gardan Kenapa Harus Diganti?

Cara cek oli gardan mobil juga berhubungan dengan alasan khusus kenapa pelumas tersebut harus diganti tepat waktu, ini penjelasannya!

1. Muncul Getaran Berlebihan pada Kendaraan

Ketika mobil nyala dan digunakan, pasti ada getaran yang muncul. Tapi, kalau sampai oli gardan tidak diganti atau telat diganti, getaran itu akan muncul lebih intens. 

Laju kendaraan tidak akan mulus dan terkesan ngadat. Penyebabnya, terjadi gesekan antar komponen yang terlalu keras karena oli gardan tidak bekerja dengan baik.

2. Gear Ratio Akan Mengalami Kerusakan

Gear ratio menjadi bagian dari transmisi otomatis yang akan menggerakkan kinerja sistem kendaraan. Untuk menjaga gear ratio agar tidak mudah rusak, Bosque wajib melakukan penggantian terhadap oli gardan secara rutin.

Jika tidak, mobil pun terpaksa harus berhenti karena mengalami kerusakan bagian gear ratio.

3. Suara Mesin Akan Lebih Berisik

Dampak terakhir jika oli gardan tidak diganti suara mesin makin tambah berisik. Kondisi ini pasti bakal mengganggu saat Bosque mengendarai kendaraan tersebut. Sebab, terjadi gesekan pada semua komponen gear ratio dan mesin.

Jika tidak segera mendapatkan penanganan, masalah tersebut akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Alhasil, Bosque malah harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengatasinya.

Sekilas Tentang Oli Gardan

Bagi Bosque yang ingin tahu cara cek oli gardan mobil yang benar, bisa memperhatikan step by step di bawah ini ya!

1. Langkah 1

Cara yang pertama, persiapkan mobilnya. Pastikan kalau kendaraan Bosque dalam keadaan dingin. Kemudian, tempatkan mobil tersebut di atas dongkrak agar bisa mengakses oli gardan dengan mudah.

2. Langkah 2

Cara cek oli gardan mobil berikutnya, lepaskan baut oli gardan dan lihat kondisinya. Keluarkan sedikit untuk mengetahui. Kalau pelumas tersebut sudah tidak layak, biarkan oli mengalir ke dalam wadah penampung. 

Pastikan oli lama habis tak bersisa. Sebab, jika masih ada sisa, akan mempengaruhi kondisi oli baru.

3. Langkah 3 

Setelah oli lama habis, Bosque bisa memasang kembali bautnya dengan memakai kunci pass. Tujuannya untuk menghindari kebocoran oli ketika Bosque menuangkan oli baru. 

4. Langkah 4

Langkah terakhir, tambahkan oli gardan baru ke lubang pengisian memakai corong. Lokasi lubang ini tidak bisa dipastikan. Tergantung apa tipe mobil Bosque.

Umumnya, lubangnya berupa baut kecil dengan bagian atas berbentuk segi enam atau segi delapan.

Buka baut untuk mengisi oli gardan baru. Tuangkan demi sedikit sampai memenuhi ketentuan volume oli mobil. Cek buku panduan reparasinya agar bisa tepat. Jangan mengarang ya Bosque, karena itu bisa berdampak pada sistem kinerjanya.

Setelah pas, cek kembali ada kebocoran atau tidak. Kalau tidak ada, Bosque bisa lanjut pasang kembali bautnya dengan rapat agar tidak lepas ketika kendaraan jalan nanti.

cakra motor 11

Cara Cek Oli Gardan Mobil Mudahkan?

Oke, sampai sini saja penjelasan tentang 4 cara cek oli gardan mobil yang mudah. Untuk memperbaiki kualitas kinerja sistem mobil, Bosque harus memilih oli atau pelumas yang berkualitas dari Cakra Motor 11.

Bosque bisa memilih pelumas dengan berbagai merek dan harga. Ada paket best seller, Amsoil Signature Series 5W30 1 LT seharga Rp 260.000,00, Mobil Delvac 1 Diesel 5W30 3. 78LT seharga Rp1.000.000,00, dan lain sebagainya. Yuk, dapatkan pelumas terbaik dengan harga terjangkau di Cakra Motor 11!

Artikel Terbaru

Artikel Terkait