Bagikan!

9 Jenis Ban Mobil Terbaik serta Harganya, Wajib Tahu!

Jenis ban mobil

Ban mobil adalah salah satu komponen terpenting kendaraan yang sayangnya sering kurang dapat perhatian. Padahal bisa pilih jenis ban mobil yang tepat nggak cuma akan meningkatkan kenyamanan berkendara, tapi juga punya peran signifikan buat jaga keselamatan di jalan raya. 

Tapi, kebanyakan orang mungkin kebingungan buat pilih ban karena ada banyak banget jenis ban mobil dan harganya pun beragam. Nah, daripada bingung-bingung mending simak ulasan ini biar tahu jenis ban terbaik dan fungsinya!

9 Jenis Ban Mobil Terbaik

Memilih ban memang nggak boleh sembarangan karena ban bisa memengaruhi performa mobil secara keseluruhan. Nah, berikut rekomendasi jenis ban terbaik yang wajib kamu tahu!

1. Ban Bias

Ban bias adalah jenis ban mobil paling umum dan banyak orang pakai. Struktur ban bias terdiri dari banyak lapisan kain yang membentuk rangka ban, biasanya juga ada lapisan karet yang tahan lama. Ban bias akan sangat cocok buat berkendara di medan yang sulit.

Salah satu karakteristik dari ban bias adalah lapisannya menumpuk secara diagonal yang bakal buat panas terpusat pada bagian tengah ban. Ini terjadi karena ban tertekan ke depan dan belakang waktu bersentuhan dengan permukaan jalan. Nah, harga ban bias sendiri sekitar Rp500.000,00, tergantung merk.

2. Performance Tire

Kalau mau merasakan sensasi berkendara cepat dan gesit, performance tire bisa jadi pilihan tepat. Ban ini dirancang khusus buat mobil sport bahkan balap yang punya performa tinggi. Jadi, kualitas pun lebih baik ketimbang ban reguler. Material juga juga lebih ringan dan responsif.

Lewat daya cengkram luar biasa pada kecepatan tinggi dan respons tajam saat melintasi tikungan, performance tire bakal buat pengalaman berkendara lebih superior. Tapi ban jenis ini kurang cocok buat dipakai di waktu hujan karena alurnya sedikit. Harganya sendiri bisa mulai dari Rp400.000,00 sampai Rp700.000,00.

Baca juga; 8 Rekomendasi Ban Mobil Paling Senyap Terbaik & Harganya

3. Tubeless

Tubeless adalah jenis ban mobil untuk muatan berat. Ban ini memang dirancang buat menahan udara tanpa perlu ban dalam. Lapisan khususnya juga bisa cegah kebocoran udara. Selain itu, tubeless tahan akan tekanan tinggi. Jadi, sangat cocok untuk kendaraan muatan berat.

Di sisi lain, ban ini lebih ringan dan bisa tingkatkan efisiensi bahan bakar, serta mengurangi keausan suspensi kendaraan. Karena keunggulannya sangat banyak, ban ini banyak orang sukai dan pakai. Harga tubeless pun beragam dan tergantung merk. Nah, kisarannya adalah sekitar Rp495.000,00.

4. All Terrain 

Ban satu ini dikenal sebagai roda dari segala medan. Uniknya, ban ini memang dirancang buat memberi performa optimal di jalan beraspal maupun di medan off-road. All terrain biasanya dipasang ke kendaraan Jeep atau SUV yang punya spesifikasi 4WD. 

Kalau digunakan di medan off-road, ban ini bakal menunjukkan ketangguhan luar biasa. Sementara saat melaju di jalanan beraspal, all terrain nggak akan menimbulkan suara bising. Jadi, berkendara juga terasa lebih nyaman. Tapi, ban ini cukup mahal,bahkan bisa capai harga Rp5.000.000,00.

5. Eco

Jenis ban mobil terbaik lainnya adalah ban eco. Ban ini dirancang agar bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jeni eco ini juga punya lapisan silika yang berguna untuk meningkatkan cengkraman di permukaan jalan. Lapisan ini juga berperan buat mengurangi rolling resistance

Tapi, ban eco biasanya nggak cocok buat penggunaan ekstrem. Ban ini lebih cocok untuk keperluan kendaraan sehari-hari dengan intensitas pemakaian yang normal. Harganya pun cukup beragam, mulai dari Rp400.000,00.

Baca juga; 10 Rekomendasi Merek Ban Mobil Terbaik di Indonesia

6. Radial

Ban radial punya struktur casing atau lapisan utama yang tersusun secara melintang atau radial. Biasanya, jenis ban ini banyak orang pakai untuk truk ringan atau kendaraan yang memuat penumpang. 

Nah, komponen casing pada ban radial sendiri terdiri dari kawat yang terbuat dari baja. Ban radial umumnya juga punya empat lapis belt. Seluruh strukturnya berlapis dengan karet pada bagian terluar tapak ban. Tentu saja, strukturnya akan buat meningkatkan durabilitas. Harga ban ini pun beragam, sekitar Rp500.000,00.

7.  Run Flat Tire

Run Flat Tire atau RFT adalah jenis ban mobil yang dirancang agar tetap bisa dipakai meski tekanan anginnya turun sampai angka nol. Artinya, meski ban bocor atau kempes, perjalanan bisa tetap berlanjut dengan aman tanpa risiko ban hancur yang biasanya bisa terjadi pada ban lainnya.

Bahkan, pengendara bisa tetap berkendara dengan kecepatan hingga 80 km/jam meskipun ban tidak terisi angin. Karena itu, ban ini bakal memberi keamanan tambahan dan ketenangan pikiran saat berkendara. Harganya sendiri cukup tinggi, bisa mencapai Rp5.000.000,00.

8. Comfort Tire

Sesuai namanya, comfort tire bakal menawarkan kenyamanan saat berkendara. Ban ini terbuat dari karet tebal dengan celah alur yang rapat ketimbang ban jenis lain agar pengalaman berkendara terasa lebih nyaman.

Keunggulan lain dari comfort tire adalah kemampuannya dalam mempercepat aliran udara di atas permukaan ban, sehingga bisa bantu mengelola panas dan efisiensi bahan bakar. Ban ini juga mampu meredam getaran dan guncangan dari permukaan jalan. Harganya sendiri mulai dari Rp700.000,00.

Baca juga; Daftar Tekanan Ban Mobil Ring 13, 14, 15, 16, 17, dan 18

9. Highway Terrain

Rekomendasi jenis ban mobil terakhir adalah highway terrain. Ban ini dirancang khusus untuk dipakai di jalan raya beraspal. Highway terrain biasanya ada pada kendaraan city car, hatchback, MPV, atau sedan yang sering digunakan di lingkungan perkotaan. 

Tapi, ban ini juga kerap dipakai untuk beberapa mobil balap karena punya performa yang optimal di permukaan jalan rata dan halus. Ban ini juga tidak bising saat dipakai. Kisaran harga ban mobil bisa mencapai Rp1.000.000,00.

Sudah Tahu Apa Saja Ragam Jenis Ban Mobil?

Memilih jenis ban mobil yang tepat memang sangat penting untuk memastikan performa dan keselamatan berkendara. Kalau sudah tahu karakteristik dan harga dari berbagai jenis ban, Bosque bisa mulai tentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. 

Bosque juga harus pastikan kalau ban yang dipilih sudah sesuai dengan medan, cuaca, sampai intensitas pemakaian biar berkendara lebih nyaman. Nah, kalau masing bingung cari toko untuk dapat barang otomotif terbaik dan original, Bosque bisa kunjungi website Cakramotor11.com!

Selain menawarkan harga produk yang bersahabat, layanan di Cakra Motor 11 juga cepat, tepat, dan akurat. Bosque juga bisa konsultasi dengan ahlinya biar tidak salah waktu beli produk. Yuk, beli produk di Cakra Motor 11 sekarang biar lebih puas dan pas!

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait