Bagikan!

Cara Memasang Aki Mobil Pada Semua Jenis Mobil

CARA MEMASANG AKI MOBIL PADA SEMUA JENIS MOBIL

Cara Memasang Aki Mobil Pada Semua Jenis Mobil – Aki merupakan sumber listrik utama pada mobil. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan yang rutin, aki biasanya akan menjadi tekor dan perlu diganti. Daya tahan sebuah aki mboil tergantung dari merek yang digunakan. Terdapat aki yang dapat bertahan hingga beberapa tahun tanpa diganti. Akan tetapi, ada juga aki rekondisi yang perlu secara rutin diganti.

CARA MEMASANG AKI MOBIL PADA SEMUA JENIS MOBILGejala yang muncul ketika aki mobil yang mulai tekor adalah performa kendaraan yang mulai menurun secara signifikan. Mobil yang mulai susah distarter juga merupakan salah satu gejala aki yang tekor. Apabila AC pada mobil Anda sudah mulai tidak terasa sejuk seperti biasanya, maka sudah saatnya Anda mengganti aki pada mobil Anda.

Cara Memasang Aki Pada Semua Jenis Mobil

Terlepas dari seberapa lama daya tahan aki pada mobil Anda, penggantian aki mobil merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi. Berikut ini adalah lima langkah mudah dalam memasang aki pada mobil:

  1. Melepas aki lama

Langkah pertama dalam pemasangan aki mobil adalah dengan melepas aki yang lama. Pertama, lepas kabel yang terkait pada aki lama mobil Anda. Pastikan Anda melepas klem dengan hati-hati. 

Hal yang harus diperhatikan ketika melepas kabel dan klem pada aki adalah dengan memulainya dengan kutub negatif terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya konsleting. Setelah kabel dan klem pada kutub negatif berhasil Anda lepas, saatnya melepas kabel dan klem pada kutub positif.

Setelah semua kabel dan klem pada aki berhasil Anda lepas, Anda dapat mengeluarkan aki lama dari mesin mobil Anda. Apabila Anda menggunakan aki basah, pastikan untuk mengangkat aki secara tegak lurus. Hal ini dimaksudkan agar cairan yang berada di dalam aki tidak tumpah.

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, Anda mungkin ingin membersihkan kabel dan klem untuk aki mobil Anda. Terkadang kabel dan klem mengalami proses oksidasi. Oksidasi ini akan menghalangi penyaluran arus listrik dari aki ke mobil Anda.

  1. Menempatkan posisi aki dengan benar

Kini saatnya Anda memasukkan Aki yang baru. Hal yang perlu diperhatikan dalam memasang aki yang baru adalah penempatannya. Pada mesin mobil, Anda akan melihat tempat khusus yang dialokasikan untuk meletakkan aki mobil. Apabila Anda menggunakan aki basah, pastikan Anda menempatkan aki yang baru secara tegak lurus. 

  1. Memasang kabel pada aki

Setelah aki yang baru ditempatkan dengan benar, sekarang saatnya Anda memasangkan kabel pada aki yang baru. Ketika memasang kabel, mulailah dengan memasang kabel pada kutub positif aki terlebih dahulu. Pemasangan kabel pada kutub negatif dapat Anda lakukan setelah kabel pada kutub positif terpasang dengan benar. Urutan pemasangan ini berbeda dengan urutan pelepasan kabel. Tujuannya urutan pemasangan ini sebenarnya pada dasarnya adalah sama, yaitu untuk mencegah terjadinya konsleting pada aki yang baru.

  1. Mengecek klem dan kabel 

Langkah yang tidak kalah pentingnya dalam pemasangan aki mobil adalah pengecekan klem dan kabel pada aki. Hal ini dimaksudkan agar listrik dari aki mobil yang baru dapat berfungsi secara maksimal dan tidak terjadi masalah ketika mobil dinyalakan.

  1. Menyalakan mobil

Langkah terakhir dalam pemasangan aki mobil adalah dengan menyalakan mobil. Apabila aki mobil yang baru sudah dipasang dengan benar, seharusnya mobil dapat menyala tanpa masalah. Namun apabila mobil masih susah untuk dinyalakan, maka Anda perlu mengecek apakah klem dan kabel sudah terpasang dengan benar.

Pemasangan aki pada mobil sebenarnya bukanlah hal yang susah. Akan tetapi, sering kali pemilik mobil tidak memiliki waktu atau tidak mau direpotkan oleh hal tersebut. Apabila Anda mengalami hal yang serupa, Anda dapat menghubungi bengkel yang memberikan layanan pemasangan aki mobil. Biasanya, bengkel semacam ini juga menjual aki untuk mobil.

Cakra Motor 11, Spesialis Oli dan Aki Mobil

Cakra Motor 11 merupakan pusat oli dan aki mobil yang memiliki cabang di Jakarta dan sekitarnya. Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Cakra Motor 11. Selain mengganti aki pada mobil Anda, Cakra Motor 11 juga menjual berbagai jenis aki untuk segala jenis kendaraan. Jadi, Anda dapat membeli aki dan memasangnya di tempat yang sama.

Bagi Anda yang ingin membeli aki mobil baru tapi berada di luar Jakarta, maka Anda dapat mengunjungi official store Cakra Motor di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Aki yang ditawarkan memiliki harga yang tidak kalah dibandingkan dengan toko lain. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan gratis ongkos kirim ke seluruh penjuru Indonesia. Layanan antar dan pasang aki mobil juga bisa Anda dapatkan apabila Anda berada di kawasan Jabodetabek. Untuk menanyakan produk-produk lain atau berkonsultasi, silakan saja hubungi nomor WA Cakra Motor 11 di 087777796334.

Baca: 7 REKOMENDASI BENGKEL AKI MOBIL JAKARTA TERBAIK

Review Toko Aki Terbaik di Jakarta 

Berikut alamat bengkel resmi Cakra Motor 11 yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya:

  • Cakra Motor 11 Jakarta Barat

Untuk lokasinya berada di Jl. Taman Surya Boulevard No. 3, RT. 13 / RW. 03, Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11830, nomor telepon/WhatsApp 087877708891.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Kota

Untuk lokasinya berada di Jl. Ratu Kemuning No.26, RT. 09 / RW.13, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520, nomor telepon/WhatsApp 087877708892.

  • Cakra Motor 11 Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Jl. Sultan Hasanudin Blok B Nomor 9, RT. 03 / RW. 01, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160, nomor telepon/WhatsApp 087877708893.

  • Cakra Motor 11 Cinere, Depok

Untuk lokasinya berada di Pasar Segar Ruko AutoPart Blok ROA No.3, RT 01,RW 08, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514, nomor telepon/WhatsApp 087777796335.

  • Cakra Motor 11 Gading Serpong, Tangerang

Untuk lokasinya berada di Jl. Raya Kelapa Puan Blok AD14 no 16&17, Pakulonan Bar., Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810, nomor telepon/WhatsApp 087777796334.

  • Cakra Motor 11 ITC Fatmawati, Jakarta Selatan

Untuk lokasinya berada di Ruko ITC Fatmawati (Sebelah MOR) Blok B1 No 6 Cipete Utara – Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, nomer telepon/whatsapp 0878-7770-8893

Bagi yang berada di luar Jabodetabek Anda dapat mengunjunginya di Tokopedia Official Store Cakra Motor 11 (https://www.tokopedia.com/cakramotor11). Barang yang dijual 100%  pasti original, selalu ready stock, dan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Jadi percayakan segala keperluan mobil Anda pada Cakra Motor 11. Bila Anda ragu, Anda bisa menghubungi Cakra Motor 11 di nomor WhatsApp 081912857711 untuk menanyakan produk atau berkonsultasi tentang keluhan kendaraan Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait