Bagikan!

Gimana Caranya Jumper Aki Pada Mobil Terbaru 2023

gimana caranya jumper aki mobil

Cakramotor11.com, Gimana Caranya Jumper Aki Pada Mobil – Aki pada mobil adalah salah satu komponen yang penting untuk mobil. Karena banyak banget nih komponen di mobil yang membutuhkan suplai dari arus listrik, kalau gak ada aki, gimana dapetin sumber kelistrikan.

kendala aki mobil
Sumber: a-protectwarranty.com

Kalau kamu nih bosque jarang merawat aki dan mengecek kondisinya dalam periode tertentu, alhasil malah berbahaya kedepannya. Untuk menghindari kerusakan aki kita perlu sesekali melakukan pengecekan kondisinya, agar aki tidak rusak, karena aki mobil yang soak bisa membuat kerusakan pada komponen lainnya loh.

Kita sebagai pengguna harus tetap hati-hati dalam merawat kondisi aki mobil, jika kita malas dan abai, bukannya aki yang awet, melaikan gak sampai setahun aki juga udah jebol. Namun, jika sudah tetap melakukan perawatan dan rutin mengecek aki tetapi masih tetap terkendala, dan malah aki tiba-tiba mati, kita bahas aja yuk cara jumper aki mobil yang benar.

Persiapan jumper aki mobil:

kabel jumper aki
Kabel Jumper Aki
  1. Untuk mobil transmisi manual, pastikan posisi gear atau perseneling di posisi netral, kalau untuk matic, pastikan sudah masuk ke posisi gear “p”, dan aktifkan rem tangan.
  2. Harap matikan semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan pada mobil, serta mencabut kunci mobil serta aksesoris Bluetooth receiver dan cigarette lighter.
  3. Cari dimana posisi aki mobil terpasang, ketahui juga posisi terminal positif dan negatif.
  4. Ambil kaber jumper yang berkondisi baik dengan diameter minimal 10 mm, untuk menghindari risiko terbakar.
  5. Cari kendaraan atau aki mobil yang masih baik sebagai sumber listrik nantinya.

Cara jumper aki pada mobil:

  1. Mendekatkan posisi aki yang bagus ke mobil yang ingin dijumper.

proses jumper aki mobil

Dekatkan mobil atau juga aki mobil yang masih bagus pada mobil yang ingin dijumper, lalu juga membuka kap mobil dengan posisi berhadapan antara kedua mobilnya, yang menjadi sumber listrik dengan mobil penerima listrik.

  1. Sambung kedua kutub aki dengan kabel khusus jumper.
cara jumper aki mobil
Cara Jumper Aki Mobil

Bosque bisa langsung menyambungkan kedua kutub aki tadi dengan kabel jumper aki, perlu dicatat, sambungkan posisi kutub terminal positif dari sumber aki yang bagus dengan kutub terminal positif penerima. Begitu juga dengan kutub negatif dari kedua aki, ingat bosque, positif dengan positif, negatif dengan negatif. Serta pastikan juga bosque pakai sarung tangan, dan pastikan kembali capitan jumper masing-masing dari kutub tadi sudah kencang.

  1. Nyalakan mobil aki yang normal / bagus.

Bisa langsung menyalakan mobil yang berkondisi aki normal tadi sebagai pemberi atau pendonor arus listrik, tungulah beberapa menit, 1-2 menit, boleh menginjak gas kecil saja maksimal di 2.000 RPM, agar memberikan putaran mesin yang lebih baik. Jika sudah selesai, cobalah menghidupkan mesin mobil penerima listrik tadi, namun jika masih belum nyala, tunggu dulu sampai kurang lebih 3 menit lalu hidupkan mesinnya.

Jika sudah berhasil nyala lagi, tetap biarkan mesin menyala dengan waktu 5 menit diiringi injakan pedal gas di angka 2.000 RPM, barulah melepas kabel jumper yang digunakan.

Ingat..!!! Dimulai dari melepas kabel negatif pada aki yang soak barulah melepas kabel jumper negatif aki mobil yang normal, baru melepas kabel positif. Biarkan mobil nyala sampai 10 menitan pada posisi stabil, barulah bergerak ke bengkel aki mobil terdekat yaitu Cakra Motor 11.

 

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait