Catat Bosque Berapa Lama Umur Aki Mobil Bisa Digunakan

berapa lama umur aki mobil

Cakramotor11.com – Aki merupakan pemicu dari semua komponen kelistrikan yang ada di mobil kita, dengan adanya aki pada mobil, komponen lampu sampai audio bisa digunakan. Aki ini juga sebagai penyimpanan daya listrik lalu ia bisa mengaliri ke seluruh komponen di mobil.

Tetapi gini bosque, aki juga punya umur penggunaan. Dari umur panjang dan pendeknya penggunaan aki mobil itu tergantung dari si pengguna mobil itu sendiri. Pastikan juga komponen aki ini tidak bermasalah ya bosque, supaya mobil tetap bisa bekerja dengan baik dan tidak mogok di tengah jalan.

mobil mogok

Setidaknya ada dua penyebab nih bosque yang membuat aki itu memiliki batas penggunaan yang panjang, seperti cara pemakaian harian mobil serta juga cuaca. Kalau pemakaian aki mobil yang sehat setiap hari contohnya tidak lupa mematikan ac dan audio mobil sebelum mematikan mesin dan turun dari kendaraan, ini juga berlaku untuk pengguna aki kering dan aki basah, karena pada prinsipnya semua aki sama.

Berapa lama umur aki mobil itu?

Umur pemakaian aki mobil itu bisa 1 sampai 3 tahun, penggunaan ini adalah rata-rata jika pengguna mobil cukup baik merawat akinya seperti sering cek kondisi aki, ini perlu dilakukan supaya daya listrik untuk mobil bekerja dengan baik. Usia pakai aki ini bisa jadi lebih singkat kalau pemilik mobil menambahkan beban seperti aksesoris elektronik yang terlalu besar. Alhasil aki cepat berkurang kualitasnya, serta umur aki jadi lebih pendek, disarankan membeli aku updgrade di bengkel spesialis aki seperti Cakra Motor 11 jika ingin menambahkan komponen kelistrikan pada mobil

Tanda aki sudah harus diganti:

  • Usia pakai aki.

mengecas aki mobil

Seperti yang sudah kita bahas di awal bosque, aki mobil itu ada usianya sama seperti komponen mobil yang lainnya. Dari awal beli aki sebetulnya bengkel sudah mencatat tanggal dan bulan serta tahun pembelian, jadi kita bisa dengan mudah melakukan cek aki serta usia aki itu sendiri. Ingat ya maksimal penggantian aki mobil itu di 3 tahun, jika ingin yang lebih baik, maksimalkan penggunaan aki di 2 tahunan lebih dikit saja. Hal ini juga perlu diimbangi dengan penggunaan dan perawatan mobil yang baik karena aki itu tidak murah bosque.

  • Mobil susah nyala.

Kita tahu ya bosque, aki menjadi salah satu komponen yang berpengaruh pada mesin mobil, terutama aki kering. Salah satu ciri aki perlu diganti adalah ketika mesin mobil susah dinyalakan. Jika mesin ini tidak bisa nyala saat kita starter, kemungkinan aki sudah mulai bermasalah. Kemungkinan yang terjadi adalah aki tidak bisa mengalirkan daya listrik ke starter mobil, apalagi jika aki mobil sudah digunakan cukup lama dan mendekati waktu rekomendasi penggantian.

  • Teganan aki menurun.

Tanda yang ke 3 yang biasanya terjadi adalah menurunnya tegangan pada aki mobil. Mengecek tegangan aki ini bisa digunakan di bengkel spesialis aki Cakra Motor 11 dengan menggunakan load tester atau crangking. Nanti akan terlihat jika tegangan melemah akan menunjukkan angka di bawah 10 volt, nantinya bengkel akan menyarankan ganti aki mobil sesegera mungkin.

Pastikan cek aki berkala dan ganti aki di spesialis aki mobil Cakra Motor 11. Hubungi bengkel aki Cakra Motor 11 sekarang atau langsung kunjungi Cakra Motor 11 terdekat dari rumah Anda.

 

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait