Bagikan!

10 Cara Merawat Mobil Sedan yang Benar agar Tidak Cepat Rusak

merawat mobil sedan putih

Sejak puluhan tahun yang lalu, sedan masih jadi pilihan mobil terpopuler yang ingin dibeli berbagai kalangan. Walau desain elegan dan performa yang serbaguna, sebenarnya cara merawat mobil sedan dari merek apa pun bisa dikatakan cukup menantang.

Sebab, harga perawatan dan suku cadang mobil sedan biasanya relatif tinggi dan berbeda dari jenis mobil lainnya. Makanya, Bosque jangan langsung overthinking soal perawatannya, karena artikel ini bakal kasih tips dan trik mudah buat merawat mobil sedan.

10 Cara Merawat Mobil Sedan

Saat beli mobil sedan, Bosque nggak cuma sekadar beli tampilan dan performa kendaraan roda empat yang minimalis. Tapi, Bosque juga membayar semua kebutuhan mobil sedan agar awet dan nggak cepat rusak. Makanya, cara merawat mobil sedan ini harus Bosque pahami dan lakukan. 

1. Meremajakan Mobil Sedan

Maksud dari meremajakan mobil adalah Bosque segera ganti komponen mesin atau tampilan mobil yang rusak. Sebelum itu, Bosque harus cek masing-masing komponen yang ada di mobil secara berkala. Cara ini efektif banget buat mempertahankan keawetan mobil sedan.

Biasanya, Anda bisa cek lalu ganti komponen kaki, mesin, sistem pendingin, cairan rem, dan komponen lain yang mungkin rusak. Kalau Bosque rutin melakukan tahap ini, nanti kerusakan mobil masih dalam batas wajar.

2. Jaga Mobil dari Cuaca Ekstrem

Paparan sinar UV dari matahari langsung juga termasuk bentuk cuaca ekstrem. Kalau mobil sedan terlalu sering atau terlalu lama kena sinar matahari, bisa saja cat mobil bakal terkelupas. Selain itu, komponen mobil lainnya yang terbuat dari bahan karet, plastik, dan lainnya juga bisa rusak.

Maka dari itu, cara merawat mobil sedan yang paling gampang adalah jangan sampai mobil sedan terlalu lama terkena panas matahari langsung, khususnya pas Bosque nggak memakainya. Bosque bisa kasih penutup atau memindahkannya ke tempat yang teduh.

3. Ganti Mesin dan Oli Secara Berkala

Cara merawat mobil sedan selanjutnya adalah dengan cek ketersediaan oli secara rutin. Tapi, Bosque harus ingat bahwa oli itu nggak hanya ada di mesin, tapi juga ada oli transmisi, oli gardan, dan lainnya.

Kalau Bosque baru saja beli mobil, Bosque bisa mulai mengganti oli saat jarak tempuh mobil mencapai 2.500 km. Uniknya, kalau mobil sedan Bosque tergolong mobil tua, sebaiknya Bosque ganti oli yang punya kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W ke mesin mobil.

4. Periksa Bahan Bakar Mesin

Nggak jauh berbeda dengan oli, Bosque juga harus perhatiin pemakaian bahan bakar. Jangan sampai Bosque mengisi bensin saat tangki bensin sudah kosong. Kalau sampai Bosque melakukannya, nantinya tangki bensin jadi gampang keropos dan berkarat.

Tipsnya, pastikan Bosque mengisi bensin saat tangki masih setengah penuh atau lebih. Cara ini juga bisa bantu mencegah partikel-partikel kotoran yang mungkin mengendap di dasar tangki bensin masuk ke sistem bahan bakar.

5. Periksa Radiator

Bosque, jangan lupa juga buat periksa radiator pada mobil. Kalau Bosque mengabaikan langkah ini, maka mesin mobil akan cepat panas. Bahkan, nantinya mobil akan overheat saat digunakan buat perjalanan jauh. Jadi, cara merawat radiator mobil sedan yang terbaik adalah rutin mengisi radiator dengan air biasa.

Baca juga; 5 Mobil Sedan Diesel Idaman Pria dan Keunggulan Utamanya

6. Bersihkan Jalur Bensin

Nggak cuma tangki bahan bakar yang Bosque cek secara rutin, jalur bensin atau selang bahan bakar juga harus dicek secara menyeluruh. Bersihkan jalur bensin agar mesin nggak gampang mogok atau mati. Kalau perlu, Bosque bisa ganti selang bensin, membersihkan karburator, dan ganti filter bensin.

7. Ganti Suku Cadang yang Rusak

Kalau Bosque melihat ada suku cadang mobil yang rusak, segera lakukan penggantian. Sebab, kalau Bosque menunda penggantian atau bahkan membiarkannya, bisa-bisa mesin mobil rusak parah. Jangan tunggu sampai suku cadang jadi aus agar Bosque nggak habis banyak uang buat kebutuhan servis.

8. Ganti Timing Belt

Timing belt juga jadi faktor penting dalam perawatan mobil sedan. Singkatnya, timing belt adalah komponen mesin yang berguna buat mengatur dan menyinkronkan gerakan poros engkol (crankshaft) dengan poros nok (camshaft) dalam mesin.

Karena kalau timing belt terputus, maka mobil sedan Bosque nggak bakal bisa dapat dipakai. Tipsnya adalah ganti timing belt kalau mobil Bosque sudah mencapai jarak lebih dari 50.000 sampai 80.000 km.

9. Kontrol Pengecekan Ban

Cara merawat mobil sedan lainnya adalah mengecek performa ban. Sebagai pemilik mobil sedan, Bosque harus cek ukuran tekanan angin ban secara berkala, normalnya adalah dikisaran 28-30 Psi. Sebab, ban adalah bagian mobil yang menentukan keamanan dan kenyamanan pengguna.  

10. Tune Up Mobil Secara Rutin

Cara terakhir adalah tune up pada mobil yang mana berarti menyesuaikan pemakaian onderdil mobil dengan kebutuhan mobil sehari-hari. Tentu saja buat meningkatkan kinerja mesin, efisiensi bahan bakar, dan memastikan fungsi mobil berjalan baik.

Beberapa komponen dalam mobil yang harus dipantau dalam proses tune up adalah busi, filter bahan bakar, dan oli. Kalau Bosque nggak yakin bisa melakukan tune up sendiri di rumah, segera datangi bengkel mobil terdekat yang punya mekanik profesional.

Baca juga; 6 Rekomendasi Oli Honda Civic: Bikin Mesin Lebih Power!

Yuk, Ikuti Cara Merawat Mobil Sedan Terampuh Ini!

Sebenarnya, tips dan trik terampuh dalam cara merawat mobil sedan adalah dengan sering mengendarai mobil sedan itu sendiri. Mobil yang sering digunakan dan mobil yang tidak pernah digunakan punya kualitas mesin berbeda.

Bahkan, ada manfaatnya kalau Bosque pakai mobilnya setiap hari. Mulai dari alternator mobil tetap terjaga, ban mobil tetap lentur, AC dan sistem pendingin mobil bekerja maksimal. Supaya mobil sedan Bosque mendapat perawatan terbaik, Bosque bisa rutin service langsung ke cabang Cakra Motor 11 terdekat.

Cakra Motor 11 punya banyak mekanik berpengalaman yang siap mengganti dan memasang berbagai produk treatment dan aksesoris sesuai kebutuhan mobil, misalnya aki, oli, cooler, filter AC, minyak rem, dan lain-lain. Tentu saja semua produk Cakra Motor 11 selalu ready dan original.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait