Bagikan!

7 Perbedaan Aki Hybrid dan Premium yang Perlu Bosque Ketahui

aki gs astra hybrid

Apa Bosque sudah tahu perbedaan aki hybrid dan premium? Sumber energi listrik untuk menghidupkan mesin berasal dari aki. Karena itu, Bosque mesti tahu jenis aki yang sesuai buat kendaraan kesayangan. Simak pembahasan berikut ini agar tahu kapan waktunya ganti aki.

Apa Saja Perbedaan Aki Hybrid dan Premium?

Secara umum, aki terbagi menjadi dua jenis, yakni aki basah dan aki kering. Aki premium disebut juga sebagai aki konvensional atau aki basah. Sementara, aki hybrid adalah gabungan aki basah dan kering. Inilah perbedaan aki hybrid dan aki premium, Bosque!

1. Kapasitas Aki

Kapasitas aki hybrid seringkali lebih rendah dari aki premium. Kira-kira aki hybrid memiliki kapasitas antara 40 sampai 100 ampere-jam. Desain aki hybrid yang kecil dan enteng mempengaruhi perbedaan tersebut. Meski begitu, aki hybrid tetap kompatibel buat mobilitas sehari-hari kok, Bosque.

2. Performa

Perbedaan aki hybrid dan premium selanjutnya yaitu performa. Aki hybrid mantap buat kendaraan harian. Tetapi, aki premium juga menawarkan performa oke bagi kendaraan yang butuh listrik tinggi. Misalnya, mobil dengan perangkat elektronik tambahan, seperti TV dan kursi pijat. Aki premium bakal lebih memuaskan Bosque selama perjalanan.

3. Daya Tahan Pemakaian

Adakalanya umur aki hybrid lebih pendek daripada aki premium. Penyebabnya yaitu bahan baku dan teknologi produksi yang berbeda. Nilai plus aki hybrid sudah termasuk dengan jaminan dari produsen langsung. Selain lebih panjang umur, ternyata aki premium juga udah include jaminan. Pilih mana nih, Bosque?

4. Keandalan

Mengingat aki merupakan sumber energi kendaraan, Bosque mesti paham soal keandalannya. Meskipun aki hybrid oke buat perjalanan sehari-hari, tapi aki premium lebih handal. Terutama pas cuaca lagi ekstrim atau kondisi operasional yang berat, seperti tanjakan dan jalan berbatu. Pilih sesuai kebutuhan ya, Bosque!

5. Keamanan

Kelebihan aki premium lainnya yaitu telah dilengkapi tambahan fitur keamanan. Contohnya, sistem mencegah konsleting dan kebocoran aki. Teknologi tersebut membuat perbedaan aki hybrid dan premium terlihat signifikan.

Semisal Bosque tinggal di daerah bercuaca ekstrim, aki premium udah paling cocok deh! Ditambah kalau sering pakai kendaraan buat aktivitas berat, keandalan dan keamanan aki premium nggak perlu diragukan lagi.

6. Dampak Lingkungan

Sekarang ini, banyak campaign kesehatan lingkungan bermunculan di media sosial. Dalam proses pembuatan komponen elektronik, pasti memberikan dampak bagi lingkungan sekitar. Salah satu kelebihan dari aki hybrid adalah lebih hemat energi dan ramah lingkungan, lho Bosque.

Konsumen pun semakin aware terhadap isu lingkungan dan keberlanjutan daya guna barang, termasuk dalam memilih aki. Ternyata, produsen aki premium juga berpartisipasi dalam upaya tersebut. Beberapa aki premium telah menggunakan bahan daur ulang dan proses produksinya lebih ramah lingkungan.

7. Ketersediaan

Ketersediaan dan pemeliharaan aki juga menjadi poin utama, nih Bosque. Aki hybrid lebih gampang ditemukan, sudah pasti tersedia di toko suku cadang. Sedangkan buat beli aki premium mesti effort dikit. Kemungkinan Bosque perlu memesan khusus. Tapi, kalau beruntung bisa langsung membelinya di dealer resmi.

Sebelum membeli aki, Bosque butuh mempertimbangkan cara pemeliharaannya. Faktanya, perawatan aki hybrid lebih mudah dibandingkan aki premium. Jadi, jika Bosque nggak mau ribet, aki hybrid bisa menjadi opsi terbaik.

8. Harga

Perbedaan aki hybrid dan premium yang terakhir yaitu pada harganya. Aki hybrid seringkali lebih terjangkau daripada aki premium. Bukan berarti kualitas aki hybrid lebih rendah ya, Bosque. 

Kenyataannya, performa aki hybrid ngga kaleng-kaleng. Banyak juga kok yang pakai aki hybrid sehari-hari. Pokoknya, pemilihan aki tergantung seberapa berat aktivitas kendaraan, Bosque. 

Baca juga; Masa Pakai Aki Mobil: Apakah Penting untuk Diketahui?

5 Tanda-Tanda Aki Harus Ganti

Gimana Bosque, sudah paham perbedaan aki hybrid dan premium, kan? Nah, sekarang mari kita bahas beberapa patokan tanda kapan harus mengganti aki.

1. Starter Kendaraan Susah Nyantol

Apakah Bosque sering kesusahan buat nyalain mesin? Apalagi kalau kendaraan lama nangkring di rumah. Starter yang susah nyantol menjadi ciri paling gampang dikenali bahwa sudah waktunya ganti aki.

Aki yang lemah gak bakal kuat menyuplai tenaga untuk menghidupkan mesin. Memang sih, kalau motor bisa diengkol. Mobil juga masih bisa jalan normal. Tapi, kalau tiba-tiba mati di tengah jalan, mobil gak akan bisa nyala kalau akinya habis.

2. Lampu Kendaraan Redup, bahkan Mati

Cahaya lampu kendaraan redup, bisa jadi tanda aki melemah. Kondisi tersebut mengisyaratkan telah tiba saatnya mengganti aki. Jika terus menunda, dapat membahayakan nyawa lho, Bosque. Apalagi saat berkendara malam hari, hujan lebat, dan tidak ada lampu jalan.

3. Suara Klakson Mengecil dan Berderit

Meski ada perbedaan aki hybrid dan premium, tapi tanda kedua aki tersebut perlu diganti sama. Suara klakson yang pelan dan berderit menjadi salah satu patokan daya aki menurun. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko kecelakaan bagi pengendara maupun pengguna jalan. Bosque wajib segera bertindak jika melihat tanda tersebut.

4. Usia Aki Lebih dari 2 Tahun

Pada umumnya, aki berfungsi optimal selama dua hingga tiga tahun. Lebih dari itu, bisa jadi energi aki telah melemah, tapi belum menunjukkan tanda yang kentara. Daya aki dipengaruhi oleh kualitas aki, pemakaian, perawatan, dan cuaca. Mesin kendaraan menghasilkan panas, apabila ditambah teriknya cuaca, aki akan bekerja lebih berat.

5. Lampu Indikator Aki Menyala

Saat ini, semua kendaran telah dilengkapi lampu indikator aki. Ketika tegangan aki menurun, lampu indikator akan sering berkedip. Sedangkan, jika lampu indikator terus menyala artinya sudah saatnya segera mengganti aki, Bosque. 

cakra motor 11

Ganti Aki Hybrid dan Aki Premium, Ini Tempatnya!

Ternyata meskipun sama-sama aki basah, perbedaan aki hybrid dan premium ada banyak ya! Kalau soal ganti aki, jangan sembarangan datang ke bengkel. Jadi, Bosque bisa percayakan Cakra Motor 11 sebagai spesialis aki dan oli terpercaya. Di Cakra Motor 11, Bosque bisa mendapatkan aki original dengan harga yang terjangkau.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait