Bagikan!

Apakah Ban Mobil Bisa Kadaluarsa? Cek Faktanya

apakah ban mobil bisa kadaluarsa

Cakramotor11.com – Ban merupakan komponen paling luar dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan aspal. Baik motor dan juga mobil sering digunakan sehari-hari, apalagi mobil, dengan bobot yang besar dan berat itu rasanya butuh ban yang baik dan sehat. Bosque tahu gak kalau ban mobil itu punya spesifikasi khusus dan ada beberapa jenisnya, ya memang kita bisa konsultasi dan tanya langsung ke penjual ban saat membeli ban, dan langsung dikasih tahu mana ban yang cocok untuk kita.

Pada dasarnya ban mobil punya spesfikasi seperti ketebalan ban, jenis ban, kode produksi, sampai kita juga bisa mengetahui melihat kode produksi ban itu sendiri. Jadi kita bisa tahu nih dengan spek dan kode tertentu itu berarti ban ini ban baru atau tidak, jadi secara tidak langsung kita tahu kondisi ban yang akan kita beli nantinya.

Tapi kita sebagai pengguna mobil juga perlu tahu nih sedikit tentang spesifikasi ban mobil itu sendiri, dan tahu kah kamu bosque, kalau ban itu ada batas umurnya loh, dan apakah ban mobil bisa kadaluarsa?

Cara membaca kode spesifikasi ban mobil:

kode spesifikasi ban mobil
Sumber: RAC.CO

Tidak perlu menjadi expert seperti penjual ban mobil dan ban motor, tetapi kita bakalan kasih tahu cara baca kode spesifikasi ban mobil. Biar kita tahu tentang ukuran tekanan angin ban, kapan ban tersebut diproduksi, sampai tahun produksi dan juga beban maksimal dan kecepatan maksimalnya.

Cara baca kode ban mobil:

Contoh kita pakai kode 205/65R15 95H, nah di tiga awal kode ban ini merupakan angka ketebalan dari dinding ban mobil yang akan kita beli. Lalu untuk angka selanjutnya setelah garis “/” merupakan rasio dari ban itu sendiri, artinya persentase tinggi ban terhadap ketebalan ban.

Huruf “R” merupakan kode dari Radial yang merupakan kode konstruksi ban. Serta angka setelah huruf “R” tadi adalah lebar dari diameter velg ban mobil dalam hitungan inch. Lalu yang terakhir adalah kode angka kembali yaitu “95” yang memiliki arti batas maksimal yang bisa ditopang masing-masing ban. Kalau di contoh ini 95, artinya adalah masing-masing ban bisa menahan beban sampai 95 kg yang ditotal mobil keseluruhan dengan angka tersebut adalah 690 kg.

Kode terakhir berupa huruf “H” memiliki arti speed rating atau batas kecepatan. Kode H itu memiliki batas kecepatan 210 km/jam. Adapun beberapa kode lainnya seperti Q, J, S, T, U, V, W serta Y. Dan untuk batas kecepatan paling rendah adalah “J” dengan hanya maksimal 100 km/jam, serta yang paling tinggi adalah kode “Y” dengan maksimal 300 km/jam.

Bang ori, apakah ban mobil bisa kadaluarsa?

Sumber: Motorplus

Nah gini bosque, sejalan dengan point-point yang tadi sudah dijabarkan, ada salah satu kode lain yang memiliki arti dari masa kadaluarsa ban mobil. Kenapa begitu, karena selain kita bisa melihat kondisi ban, kita juga bisa melihat umur ban mobil dari kode yang tertera.

Contoh pada ban tertera 4017, ini memiliki arti minggu pembuatan dari ban (dua angka depan yaitu 40) serta tahun pembuatan (dua angka belakang yaitu 2017). Nah jadi jika kita lihat 4 kode produksi ini bisa menjadi acuan umur ban mobil yang hendak dibeli tadi. 4017 memiliki arti sebagai berikut, ban ini dibuat pada minggu ke 40 pada tahun 2017. Jadi semakin muda umurnya, boleh dibilang semakin bagus ya bosque.

 

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait