Adakah Dampak Pakai Ban Tahun Produksi Lama?

dampak pakai ban tahun lama

Cakramotor11.com, Dampak Pakai Ban Tahun Produksi Lama – Berbicara tentang penggunaan ban, perlu juga kita cermati nih bosque. Terutama jika kamu baru mau beli atau ganti ban, dimana ban merupakan komponen terluar mobil yang butuh perawatan serta perlu di cek dalam beberapa waktu. Ketika misalnya salah satu atau kedua ban belakang sudah mulai banyak tambalan, lebih dari 3 tambalan disarankan kamu mengganti bannya, karena sudah tidak bisa bekerja dengan baik dengan adanya 3 tambalan tadi.

Bagi temen-temen atau bosque yang awam nih, kalau mau beli ban mobil sendiri diluaran, perlu kamu ketahui dan pastikan cari ban mobil dengan umur produksi yang masih muda. Sebelum pada pengambilan keputusan akan membeli ban mobil yang mana, kamu perlu tahu kalau ada cara membaca kode produksi, dimana dengan tahu cara bacanya, kita bisa mengambil keputusan ban mana yang perlu kita beli.

Arti kode produksi pada ban mobil:

Contoh pada kode 2021 yang tertera pada kode produksi dengan empat angka yang terlihat, ini artinya ban mobil ini diproduksi pada minggu ke 20 tahun 2021. Jadi jika sekarang adalah bulan Juni tahun 2023, kurang lebih ban tersebut sudah masuk tahun ke 2. Jadi kalau mau beli ban ini masih oke banget, karena disarankan beli ban mobil stok lama itu maksimal 3 tahunan, supaya kekuatan dan kualitas karet dari ban masih tetap bagus.

Adakah resiko menggunakan ban tua atau produksi tahun lama?

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa ban mobil ini terbuat dari karet terbaik dengan tingkat elastisitas yang sempurnya dan akan kehilangan kelenturannya seiring berjalannya waktu. Semakin lama usia ban mobil itu, spesifikasi dari karet ban, semakin tidak elastis lagi, atau menjadi getas serta tidak lentur.

Sebetulnya ban seperti ini masih bisa dipakai kok, tapi akan terasa tidak terlalu nyaman ketika dipakai. Karena sudah adanya perubahan struktur dari ban, serta yang menjadi kekhawatiran adalah ban bisa jadi cepat pecah dengan kondisi seperti ini.

Apa kata mereka ganti oli di Cakra Motor 11?

Artikel Terbaru

Artikel Terkait