Bagikan!

rekomendasi mobil listrik di Indonesia

3 REKOMENDASI MOBIL LISTRIK di INDONESIA PALING COCOK UNTUK JALANAN JABODETABEK, Cakramotor11.com- Dunia otomotif Indonesia kini makin berwarna setelah tahun 2020 lalu mobil listrik mulai diperkenalkan di Indonesia. Awalnya para produsen memang ragu untuk memasarkan mobil listrik di Indonesia.

Hal ini karena regulasi untuk mobil listrik di Indonesia belum ada. Akan tetapi hal tersebut berubah total setelah pada tahun 2021 peraturan untuk mobil listrik Indonesia dibuat.

Maka pada tahun itu produsen mobil berlomba untuk memasarkan mobil listrik terbaik mereka di Indonesia. Deretan nama seperti Hyundai, Nissan, Toyota, dan juga Lexus mulai meramaikan pasar mobil listrik Indonesia.

Deretan nama tersebut masih akan terus bertambah. Beberapa pameran otomotif yang diadakan tahun ini menjadi ajang pamer para produsen mobil untuk memperkenalkan mobil listrik maupun mobil hybrid milik mereka. Bahkan kabarnya Toyota akan merilis mobil listrik baru pada event GIIAS 2022 yang akan diselenggarakan di ICE BSD bulan Agustus ini. Dengan harga tiket giias 2022 yang terjangkau membuat masyarakat bisa melihat mobil listrik dengan mudah.

Ini tentunya menjadi kabar gembira bagi anda apalagi jika Anda berencana membeli mobil listrik. Banyak pilihan mobil listrik yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Namun jika anda bingung untuk menentukan mobil listrik mana yang akan dibeli, maka anda perlu membaca artikel ini hingga akhir karena di bawah ini akan dibahas 3 rekomendasi mobil listrik yang bisa anda beli. Tentunya rekomendasi mobil listrik berikut akan sangat cocok untuk jalanan Jabodetabek.

  1. Hyundai Kona EV

Sejak diperkenalkan pertama kali, Hyundai Kona mampu menorehkan angka penjualan yang sangat tinggi. Secara global, penjualan mobil ini melebihi angka 100.000 unit, sedangkan di Indonesia sendiri penjualan mobil listrik ini mencapai angka 360 unit pada tahun 2021.

mobil listrik kona evTingginya angka tersebut tentu saja bukan tanpa sebab. Mobil asal Korea Selatan ini memiliki keunggulan di berbagai aspek, salah satunya yaitu baterai. Hyundai Kona menggunakan baterai lithium ion polymer dengan kapasitas 64 kWh dan 39,2 kWh.

Hyundai Kona dengan kapasitas baterai 24 kWh mampu mengeluarkan tenaga hingga 201 hp dan torsi 394 Nm. Dengan kapasitas baterai ini, mobil bisa menempuh jarak hingga 482 KM. Sedangkan jenis lainnya, yaitu Hyundai Kona yang dibekali dengan baterai 39,2 kWh dapat mengeluarkan tenaga hingga 134 hp dan torsi 394 Nm. Kapasitas baterai ini mampu menempuh jarak hingga 312 KM.

Sebagai gambaran, jarak Jakarta-Bandung jika ditempuh lewat tol sejauh 150 KM. Maka jika mobil ini dikemudikan di jalanan Jakarta tentunya baterai akan cukup awet.

  1. Hyundai Ioniq EV

Kemunculan Hyundai Ioniq EV di pasar Indonesia berbarengan dengan Hyundai Kona EV. Jika dilihat sekilas, Hyundai Ioniq EV memiliki bentuk menyerupai sedan dengan bagian belakang berbentuk hatchback. Bentuk mobil seperti disebut liftback, yaitu variasi hatchback yang memiliki pintu bagasi dengan sudut kemiringan yang landai.

rekomendasi mobil listrik di Indonesia

Pada tahun 2021, mobil Hyundai Ioniq EV juga mencatat penjualan yang cukup tinggi. Mobil ini terjual sebanyak 228 unit. Menggunakan mesin motor listrik bermagnet permanen, mobil listrik ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 134 hp dengan torsi 295 Nm. Dengan baterai lithium ion 38,3 kWh, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 373 KM dengan akselerasi kecepatan dari 0 sampai 100 km/jam dalam 9,9 detik.

Selain mesinnya yang unggul, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur segudang yang membuat pengalaman berkendara semakin aman dan menyenangkan. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah Electronic Stability Control, Blind Spot Monitoring Assist, dan sistem pengereman Autonomous Emergency Breaking.

  1. All New Nissan Leaf

Rekomendasi mobil listrik selanjutnya yaitu All New Nissan Leaf. Mobil ini sudah menggunakan e-pedal, ini memungkinkan pengemudi untuk memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti total hanya dengan menginjak satu pedal. All New Nissan Leaf emang dirancang untuk mudah digunakan.

mobil listrik nissan leaf ev

Dengan baterai lithium ion 40 kWh membuat All New Nissan Leaf mampu menempuh jarak sejauh 311 KM dalam satu kali pengisian daya. Ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 KM per minggu. Dengan begitu mobil ini tentunya sangat cocok untuk dikendarai di jalanan Jabodetabek.

Mobil listrik ini juga dilengkapi dengan banyak sekali fitur keamanan dan keselamatan yang canggih. Sebut saja Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Breaking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), dll. Fitur-fitur tersebut tentunya akan memberikan pengalaman berkendara yang aman.

Itu dia rekomendasi mobil listrik di Indonesia yang bisa anda dapatkan di pasaran otomotif Indonesia saat ini. Deretan mobil listrik masih akan terus bertambah jumlahnya di tahun-tahun berikutnya. Maka memilih untuk beralih menggunakan mobil listrik bisa jadi pilihan terbaik karena environment berkendara di jalanan indonesia pun akan perlahan berubah.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait