Bagikan!

Tips Memperpanjang Umur Aki Mobil Anda Agar Tetap Awet

umur aki mobil

Umur Aki Mobil – Aki mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam menyuplai listrik ke semua komponen mesin kendaraan. Jika aki soak atau tekor, maka mesin kendaraan akan susah dinyalakan dan bisa berakibat mogok. Yang harus dipahami, seperti semua komponen kendaraan lainnya, aki juga memiliki masa pakai. Artinya suatu saat aki harus diganti dengan yang baru ketika kualitasnya sudah menurun dimakan waktu.

Sebenarnya tidak ada umur pasti aki. Terkadang aki bisa tahan sangat lama, tapi terkadang aki yang baru diganti sudah tekor dan minta diganti. Banyak faktor yang menentukan umur aki. Secara umum, aki basah maupun kering rata-rata bisa bertahan selama 1-2 tahun dengan asumsi pemakaian normal. Namun jika beban pemakaian berlebih, maka umur aki bisa menjadi lebih singkat. Lalai dalam melakukan perawatan juga bisa membuat aki cepat rusak. Bila aki sering dibiarkan kering, maka sel-sel dalam aki bisa rusak.

Ciri-ciri aki mobil perlu diganti

Setidaknya ada tiga gejala yang menunjukkan bahwa aki mobilmu soak dan perlu diganti. Berikut penjelasannya.

1. Mobil berbunyi ketika distarter, tapi tidak menyala

Menurut pakar kendaraan, 94% penyebab mobil hanya mengeluarkan suara “tret” dan mesin tidak bisa menyala ketika distarter adalah aki soak. Untuk memeriksanya, ambillah pengukur arus listrik. Aki umumnya memiliki ukuran aurs 12,6 volt atau lebih dan ketika mesin berjalan akan naik ke 13,7 sampai 14,7 volt. Jumper aki atau copot aki adalah solusi instan yang tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah sebab bila aki sudah soak, elemen di dalamnya sudah lemah.

2. Lampu dan klakson tidak berfungsi

Ciri yang mudah untuk mengenali tanda aki soak adalah dengan mengetes lampu dan klaksonnya. Bila aki soak, lampu akan redup dan klakson akan pelan dan parau suaranya. Jika kerusakan aki sudah parah, keduanya tidak akan bisa berfungsi. Aliran listrik dari aki ke semua komponen itu terhambat atau tidak ada samasekali.

3. Air aki keruh dan bodi menggembung

Ini berlaku untuk aki basah, bila air akinya keruh dan bodinya menggembung, itu tandanya aki sudah harus diganti baru. Caranya bukalah tutup akinya lalu sorot dengan senter. Bila elemen pengisian daya di aki sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bodi aki akan menggembung. Aliran listrik dari alternator tertahan dan berlebihan, memicu panas.

Bila Anda bingung untuk menentukan apakah aki Anda bermasalah atau tidak, bawalah kendaraan Anda ke bengkel terdekat atau telepon saja bengkel yang memiliki layanan pasang antar.

Memperhitungkan umur aki mobil

umur aki mobilSecara umum ada cara yang bisa dipakai untuk menghitung umur aki, jadi Anda bisa tahu kapan waktunya aki Anda harus diganti baru. Berikut uraian selengkapnya.

1. Catat waktu tanggal penggantian aki

Ketika Anda membeli aki baru, catatlah tanggal pembelian dan pemasangannya. Perhatikan pula tanggal produksi aki sebelum Anda membawanya pulang; jangan beli aki yang sudah terlalu tua alias stok lawas.

2. Sesuaikan beban listrik

Sebaiknya Anda memperhitungkan beban kelistrikan kendaraan Anda. Anda boleh memasang berbagai aksesoris tambahan, tapi jangan berlebihan karena itu bisa membuat aki Anda bekerja terlalu keras dan berakibat cepat tekor. Gunakan aksesoris mobil yang benar-benar Anda butuhkan saja.

3. Lakukan perawatan rutin

Perawatan dan pemeliharaan aki mobil sebenarnya tidak susah, Anda hanya perlu melakukan pengecekan rutin. Periksa aki, terminal aki, dan komponen aki lainnya. Bila Anda tak tahu bagaimana harus merawatnya, bawa saja mobil Anda ke bengkel terdekat.

 

Baca Juga : Spesifikasi Dan Penggunaan Aki Mobil Amaron Pro Din 84

 

Tips membeli aki yang baik

umur aki mobil

Memilih aki yang baik sebenarnya gampang-gampang susah, tapi Anda setidaknya harus punya pegangan bagaimana cara memilih aki yang benar. Di bawah ini kami berikan beberapa kiat untuk membeli aki berkualitas agar Anda tak salah pilih.

1. Pilih merk yang jelas

Di pasaran banyak beredar aki dari berbagai merk, dari merk internasional, lokal, sampai merk yang belum pernah terdengar. Untuk amannya, sebaiknya pilihlah aki dari brand-brand ternama yang sudah dipercaya jutaan orang. Jangan coba-coba aki yang belum jelas, pilihlah yang sudah punya reputasi.

2. Sesuaikan dengan spesifikasi mobil

Setelah Anda memilih brand yang baik, kini saatnya Anda memilih jenis aki yang sesuai dengan kendaraan Anda. Bila Anda menggunakan banyak aksesoris tambahan yang membutuhkan daya besar, pilihlah aki yang juga berdaya besar. Sebaliknya, jika mobil Anda tidak dimodif besar-besaran, aki standar saja sudah cukup. Pastikan untuk selalu memeriksa ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan aki mobil yang Anda incar. Bila Anda bingung, konsultasikan saja ke bengkel terdekat atau baca buku panduan mobil Anda.

3. Pilih aki basah/kering yang sesuai

Pemilihan jenis aki sebenarnya tergantung selera. Ada aki basah, kering, gel, dan sebagainya. Bila Anda adalah orang sibuk yang tak punya waktu untuk melakukan perawatan aki atau tak bisa melakukannya, maka pilihlah aki kering yang praktis dan zero maintenance.

4. Belilah dari tempat terpercaya

Di sekeliling Anda sudah pasti ada banyak bengkel atau toko aki yang menyediakan bermacam aki. Pilihlah bengkel terpercaya yang bisa memberikan pelayanan maksimal dan bisa memilihkan aki terbaik untuk kendaraan Anda. Mereka pasti hanya menjual aki orisinil bergaransi, bukan aki abal-abal dan palsu. Saat membeli aki, perhatikan pula masa garansi yang diberikan pabrik dan toko. Toko aki yang baik pasti akan memberikan garansi toko untuk para pelanggannya.

5. Hindari aki rekondisi

Jika ingin awet, jangan pernah membeli aki rekondisi alias aki bekas. Aki bekas tidak akan memperbaiki masalah sesungguhnya, hanya menunda masalah di kemudian hari. Aki ini memang murah, tapi sebaiknya jangan beli. Dan Anda harus waspada karena banyak penjual nakal yang melabeli aki rekondisi dengan aki baru.

Nah itulah tips-tips pemilihan aki yang baik. Anda bisa membeli aki orisinil berkualitas baik dengan harga terjangkau di Cakra Motor 11, yang kini sudah punya toko resmi di Tokopedia. Cakra Motor 11 adalah bengkel ternama yang berbasis di Jakarta, Tangerang, dan Depok, yang sudah dipercaya masyarakat selama lebih dari 30 tahun.

Jika Anda berbelanja spare part di Cakra Motor 11, Anda tak perlu khawatir karena setiap produk pasti ada garansinya dan kualitasnya dijamin sempurna. Urusan aki maupun oli, Cakra Motor 11 adalah ahlinya. So bila Anda bingung harus ganti aki atau oli, bawa saja mobil Anda ke bengkel Cakra Motor 11 atau telepon saja mereka untuk layanan pesan antar.

Pertimbangkan juga saat membeli mobil bekas, pastikan jika kondisi aki sudah menurun lebih baik membeli yang baru, beli di Cakra Motor 11 untuk dapat aki mobil terbaik dan bergaransi.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait