Cari Tahu Tips Merawat Mobil Manual Yang Benar Terbaru 2023

Tips Merawat Mobil Manual

Cakramotor11.com, Tips Merawat Mobil Manual – Bosque lebih pilih mobil dengan transmisi manual atau dengan transmisi matic nih? Kalau bang ori tetap manual ya bosque, meskipun bang ori pernah punya mobil matic sebelumnya. Semua bukan karena mobil manual punya banyak kelebihan, tetapi lebih kepada selera dan juga kenyamanan pribadi aja ya.

Tetapi buat kamu nih yang punya mobil manual, atau yang baru punya mobil manual dan juga buat bosque yang ingin atau berencana membeli mobil manual, bisa cek artikel tips dari bang ori mengenai cara perawatan mobil manual. Merawat mobil secara rutin seperti ganti oli mesin di Cakra Motor 11 udah jadi sebagian perawatan terbaik, tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk melengkapi perawatan untuk mobil manual.

  • Ganti oli mobil secara berkala.

kenapa wajib ganti oli mobil sebelum mudik

Mengganti oli mobil rutin dalam kurun waktu tertentu adalah salah satu proses perawatan mobil kita bosque. Bang ori menyarankan agar hasil terbaik nih, biar mesin gak overheat, gak ngelitik dan juga gak nyusahin ditengah jalan, ganti oli mobil sebelum 10.000 km atau sebelum 6 bulan bosque.

Rekomendasi ini bukan tanpa alasan, Bang Ori mau kasih penjelasan kalau km mobil belum sampai 10.000 pun kamu boleh dan disarankan ganti oli. Mesin itu selalu bekerja bahkan sekedar kamu memanaskan mobil saja sampai sering melewati kemacetan. Bahkan dalam macet yang panjang dan jalannya sedikit-sedikit kayak keong itu mesin mobil bekerja, jadi jangan terlalu berpatokan pada km saja.

Pada kondisi macet panjang yang bergerak sedikit-sedikit itu memang tidak menambah km, namun inget mesin tetap bekerja, buruan ke Cakra Motor 11 untuk ganti oli kalau udah mendekati 10.000 km yah.

  • Menggunakan kopling dengan bijak.

kopling mobil

Cara merawat mobil manual kita perlu menggunakan kopling mobil dengan baik dan benar. Ada beberapa treatment perawatan mobil dari sisi kopling yang terlihat sepele namun cukup punya dampak. Kopling mobil bisa dengan cepat aus jika kaki terus-terusan berada atau menempel di pedal kopling. Kebiasaan ini bisa mempercepat usia penggunaan kampas kopling mobil itu sendiri.

Lakukan juga setting kopling dengan pas sesuai dengan kaki dan posisi duduk gaya berkendara kamu. Biasanya saat membeli mobil bekas, kita akan melakukan setting kopling sesuai dengan kenyamanan berkendara, ini penting karena dengan kopling yang nyaman saat digunakan akan membuat perpindahan gigi sempurna.

  • Pengecekan cairan radiator dan timing belt.

isi air radiator

Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima dan sehat, kita perlu sesekali mengecek cairan radiatornya. Cairan radiator ini bisa membuat mobil suhunya jadi netral dan tidak terlalu panas dari sisi mesin. Pastikan juga untuk menggunakan air radiator yang direkomendasikan dan tidak asal.

Selain itu perlu juga melakukan cek timing belt, komponen ini punya fungsi untuk meneruskan putaran dari roda gigi pada internal mesin. Jika muncul suara-suara aneh saat mesin hidup, bisa cek timing belt, jangan-jangan ada kerusakan disana.

  • Rutin juga lakukan tune up.

tune up mesin mobil

Tune up bisa membuat kondisi mesin kembali pada kondisi semula seperti baru. Tune up ini bisa dilakukan di bengkel resmi maupun bengkel yang tidak dalam cakupan aftersales pabrikan. Dengan rutin tune up bisa bikin kondisi mesin lebih awet, dengan treatment semua komponen-komponen mesin vital mobil oleh mekanik yang kompeten.

  • Jangan ragu penuhkan tanki bensin.

isi tangki mobil penuh

Hal kecil lainnya yang berdampak pada perawatan mobil terutama mobil manual adalah tidak mengisi bensin dengan full. Mengisi tanki sampai penuh akan berdampak baik, berbanding terbalik jika sering tidak mengisi tanki sampai penuh akan berdampak pada bahan bakar  yang tercampur dengan kotoran serta debu dan kerak. Biarkan mengisi dengan penuh agar bagian atas tangki mobil terlumuri bensin dan tidak kering dan menimbulkan kotoran dan juga kerak.

 

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait