tanda kipas radiator lemah

Cakramotor11.com, Tanda Kipas Radiator Lemah – Bosque tahu gak kalau ada komponen di mobil kita itu yang berfungsi sebagai peredam panas, biar gak marah-marah ya mesin kita dikasih alat biar adem. Alat atau komponen tersebut namanya radiator bosque, nah dia punya peran yang cukup krusial loh mencegah mesin menjadi overheat, dia akan menstabilkan suhu mesin dengan cara menyerap adanya suhu panas yang timbul dari mesin mobil.

Fungsi Dari Radiator Mobil:

Pada dasarnya mesin memiliki reaksi terhadap pembakaran dan menimbulkan suhu panas. Suhu mesin panas ini akan terus ada dan timbul selama mobil kita nyala dan dikendarai. Jadi semakin lama kita mengemudi, semakin tinggi pula suhu panas yang diakibatkan dari pembakaran mesin mobil. Disinilah butuh adanya sistem peredam panas atau pendingin untuk mencegah mesin overheat.

Cara kerjanya mengalirkan air radiator atau coolant ke saluran khsuus yang terpasang disisi keliling mesin, lalu akan menyerap suhu yang panas dan membawa pada ke radiator. Jadi radiator akan mendinginkan kembali coolant dan membuang suhu yang panas tadi ke udara, canggih kan?

Komponen Yang Ada Pada Radiator Mobil:

radiator mobil

Kalau kita udah tau radiator punya fungsi yang besar untuk mobil yaitu sebagai sistem pendinginan mesin, saatnya kita ketahui komponen-komponen pada radiator.

Komponen Radiator Core, komponen ini merupakan komponen inti yang menyerupai pipa berukuran kecil disertai lubang-lubang disekitarnya. Komponen ini memiliki tugas untuk menyalurkan panas dari air yang telah melewati mesin ke sisi luar (udara).

Komponen Reservoir Tank / Upper Tank, kalau komponen ini adalah tempat menaruh coolant yang menjadi pembawa suhu yang panas setelah mengelilingi mesin. Bentuk upper tank ini adalah panjang dan berada di bagian atas radiator.

Komponen Lower Tank, komponen ini merupakan tempat penampung setelah air mengalami proses pendinginan. Tempatnya berada tepat dibawah dari sisi radiator, air yang ada di lower tank ini bisa dialirkan menjadi saluran yang mengitari mesin untuk menyerap panas.

Kipas Radiator, kipas radiator memiliki fungsi mengaliri udara masuk ke mesin lewat kisi-kisi radiator. Udara yang mengalir ini punya peran penting untuk mesin mobil. Kipas radiator ini sekaligus menjaga coolant agar tetap pada suhu optimalnya.

Ciri Kipas Radiator Lemah:

  • AC Mobil Jadi Tidak Dingin.

Yang peling sering terasa jika ada masalah pada kipas radiator adalah AC jadi tidak dingin seperti biasanya. Padahal AC adalah alat utama kenyamanan para pengguna kendaraan roda empat agar kabin sejuk dan nyaman dalam perjalanan. Padahal ini merupakan tanda dari kipas radiator mobil lemah, dan bukan melulu pada freon AC yang habis, padahal freon AC itu tidak akan habis, jika tidak ada kebocoran.

Kipas radiator ini punya tugas jua untuk mendinginkan kondensor AC, kecepatan dari putaran kipas radiator ini mempengaruhi suhu freon setelah dingin. Jika hembusan dari kipas itu lemah, artinya kinerja freon tidak maksimal.

  • Mesin Sering Ngelitik.

Kipas radiator yang lemah memang merepotkan, cirinya bisa diketahui juga dari seringnya mobil ngelitik. Mesin yang ngelitik ini yang dalam Bahasa teknisnya adalah engine knocking terjadi karena adanya pre ignition. Kita bisa mendeteksi kipas radiator sudah tidak dalam performa terbaiknya dari gejala ini.

  • Mesin Yang Overheat.

Tanda atau ciri kipas radiator lemah salah satu penyebabnya adalah mesin yang terlalu panas atau overheat. Overheat ini terjadi karena sistem dari pendingin mesin tidak bisa bekerja sama sekali dan mengurangi suhu mesin yang tinggi.

 

Apa Kata Mereka Ganti Oli di Cakra Motor 11?

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait