Bagikan!

5 Rekomendasi Oli Toyota Raize Terbaik untuk Mesin

toyota raize warna kuning

Buat Bosque yang punya Toyota Raize, tentunya ingin dong mesin mobilnya tetap sehat. Salah satu rahasia biar mesin tetap awet yaitu ketepatan dalam pemilihan oli. Sudah tahu rekomendasi oli Toyota Raize? Yuk, mari simak pembahasan lengkapnya dan dapatkan tips merawat mesin Toyota Raize supaya selalu prima!

5 Rekomendasi Oli Toyota Raize

Demi menjaga performa mesin Toyota Raize tetap prima, Bosque mesti menggunakan oli sesuai dengan saran buku panduan. Penggunaan oli yang benar membuat lubrikasi mesin mobil bekerja secara efektif. Dengan begitu, setiap komponen akan mendapatkan perlindungan maksimal. Berikut lima saran pelumas terbaik Toyota Raize.

1. Total Quartz Oil SAE 0W-20

Produk pelumas terbaik untuk Toyota Raize yang pertama datang dari merk Total, Bosque. Dengan viskositas 0W-20, oli Total Quartz ini mampu bertahan baik pada suhu rendah maupun tinggi. Plus, oli ini telah mengantongi standar API Service SN dan lulus uji coba ILSAC GF-5. Jadi, sudah pasti mesin mobil akan terlindungi secara optimal. 

Nah, standar tersebut merupakan jaminan bahwa Total Oil Quartz SAE 0W-20 akan melindungi mesin sesuai dengan kebutuhan. Lebih kerennya lagi, proses pembuatannya menggunakan teknologi Total Fuel Economy Homologated. Sehingga, bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pokoknya, bikin nyaman pas perjalanan.

2. Toyota Motor Oil (TMO) Full Synthetic 5W-30

Toyota Raize hadir dalam dua pilihan mesin nih, Bosque. Ada yang 1.200 cc 3 silinder naturally dan yang 1.000 cc 3 silinder turbo. Buat rekomendasi oli Toyota Raize Turbo, Astra Toyota menyarankan oli TMO Full Synthetic 5W-30. Alasannya karena oli berbahan sintetis umumnya lebih tahan lama ketimbang jenis oli lainnya.

Kelebihannya, pelumas ini punya viskositas 5W-30. Maksud dari 5W yaitu TMO Full Synthetic bakal tetap cair meskipun berada pada suhu dingin. Sementara arti dari 30, menunjukkan tingkat kekentalan oli ketika mesin sedang menyala. Dengan kemampuan tersebut, mesin Toyota Raize bakalan aman beroperasi saat dingin maupun panas.

3. Toyota Motor Oil (TMO) 0W-16 SN GF-5

Setiap pabrik pasti memproduksi oli terbaik untuk mobil mereka kan, Bosque. Nah, Toyota Motor Oil (TMO) 0W-16 SN GF-5 merupakan oli terbaru dari PT Toyota Astra Motor. Formulanya khusus buat ngejaga mesin Toyota Raize dan mobil Toyota lainnya biar gak cepet rusak dan tetap tampil maksimal.

Oli TMO 0W-16 SN GF-5 punya spesifikasi paling update, yaitu ILSAC GF-6. Terlebih lagi, oli ini cocok untuk mesin yang butuh viskositas 0W-16 dan spesifikasi SP GF-6. Jadi, mesin Toyota Raize akan terlindungi dengan baik apabila menggunakan TMO 0W-16 SN GF-5.

Baca juga; 6 Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil, Dijamin Efektif!

4. Toyota Motor Oil (TMO) Eco Power 0W-20

Masih dari pabrikan yang sama, Toyota Raize juga cocok menggunakan TMO Eco Power 0W-20. Dengan teknologi synergetic addictive dan viscosity modifier, oli ini mampu meningkatkan perlindungan dan performa mesin. Terlebih lagi, produk ini sudah memenuhi standar global dan spesifikasi Toyota, Bosque.

Astra Toyota telah melakukan penelitian menyeluruh dan menyesuaikan formula TMO Eco Power 0W-20 dengan kondisi cuaca Indonesia. Pelumas ini juga sesuai dengan teknologi mesin mobil Toyota terbaru, seperti Dual VVT-i mesin bensin dan Variable Nozzle Turbo (VNT) mesin diesel.

5. ENEOS X PRIME SP/GF-6B 0W-16 dan SP/GF-6A 5W-30

Rekomendasi oli Toyota Raize berikutnya adalah produk premium dari ENEOS. Dua varian ini punya viskositas yang pas buat mobil Hybrid dan Turbo asal Jepang atau Eropa. ENEOS X PRIME SP/GF-6B 0W-16 juga tepat bagi kendaraan yang butuh oli SAE 0W-20. Misalnya, Toyota Raize, Toyota Camry, Toyota Innova Zenix.

Keunggulan dari ENEOS X PRIME yaitu telah berstandar ILSAC G-6, Bosque. Jadi, bisa menghemat bahan bakar sampai 2%, menghindari keausan rantai, dan mencegah Low-Speed Pre-Ignition (LSPI). Mantap deh kalau suka nyetir ke sana kemari, karena oli ini bisa tahan sampai 10.000 km, lho.

Tips Merawat Mesin Toyota Raize

Sudah tahu rekomendasi oli Toyota Raize, kan? Bosque perlu tahu bahwa menggunakan oli yang tepat tanpa melakukan perawatan, hasilnya akan percuma. Inilah tiga tips singkat merawat mesin Toyota Raize.

1. Ketepatan dalam Memilih Bahan Bakar

Bosque mesti teliti dalam memilih bahan bakar mobil, lho. Toyota Raize Turbo membutuhkan bahan bakar yang oktan-nya tinggi sepadan dengan rasio kompresi pembakarannya. Kalau nilai oktan lebih rendah, tenaga mesin akan hilang sehingga menyebabkan knocking. Apabila terjadi terus-menerus, mesin akan cepat rusak.

2. Memperhatikan Kondisi Oli Mesin

Tugas mesin turbo lebih berat dari mesin biasanya, sehingga membutuhkan oli berkualitas unggul. Pilihlah produk pelumas sesuai daftar rekomendasi oli Toyota Raize di atas. Kalau Bosque ingin gampang, pakai oli TMO bawaan pabrik. Soalnya, kualitas oli sangat berpengaruh pada keawetan mesin turbo.

3. Rutin Mengganti Filter Udara dan Filter Oli

Selain kualitas oli, Bosque harus rajin mengecek kondisi filter udara  dan filter oli. Mengingat fungsi dari komponen filter adalah menyaring kotoran dan debu. Apabila filter udara dan oli terlalu kotor, sebaiknya segera diganti agar tidak menghambat aliran udara dan oli. Pilihlah sesuai rekomendasi pabrik supaya kinerja mesin tetap optimal.

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Filter Oli Mobil Bocor yang Wajib Diketahui

cakra motor 11

Beli Oli Toyota Raize, Ini Tempatnya!

Hati-hati dalam memilih oli mobil ya, Bosque. Jangan pernah coba-coba untuk membelinya sembarangan karena bisa mendapatkan produk palsu. Cakra Motor 11 menyediakan beragam rekomendasi oli Toyota Raize berkualitas. Semua produknya original dan bergaransi. Langsung saja ke Cakra Motor 11 untuk melihat detailnya!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait