Bagikan!

6 Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil, Dijamin Efektif!

kerak oli pada mobil

Setiap mesin kendaraan mobil harus selalu diperhatikan, terutama dalam hal kebersihannya. Salah satu kondisi yang sering didapatkan dari kurangnya menjaga kebersihan mesin yaitu munculnya kerak-kerak oli. Jika Bosque mengalami masalah tersebut, berikut cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil dengan baik.

Penyebab Munculnya Kerak Oli pada Mesin

Perlu Bosque sekalian ketahui bahwa terdapat beberapa penyebab munculnya kerak oli pada mesin, antara lain:

1. Pemakaian Bahan Bakar yang Tidak Bersih

Penyebab pertama yaitu ketika Bosque menggunakan bahan bakar dengan kualitas buruk atau tidak bersih. Nantinya bahan bakar yang mengandung kotoran, jika digunakan secara terus-menerus akan menciptakan kerak pada sistem pembakaran.

Maka dari itu, Bosque sekalian harus memastikan untuk menggunakan bahan bakar berkualitas dan mengisinya di tempat yang terpercaya. Selain itu, bisa juga dengan rutin merawat sistem injeksi bahan bakar agar terjaga kebersihannya. 

2. Berlebihan saat Pemanasan

Penyebab selanjutnya yaitu ketika Bosque memanasi mesin mobil atau kondisi sekitar yang menyebabkan kondisi mesin sangat panas. Jika sering mengalami kondisi mesin seperti itu, lambat laun akan merubah sifat kimia oli, mempercepat oksidasi, dan terbentuklah kerak.

Sehingga Bosque yang menghiraukan kondisi tersebut, harus memahami betul cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil dengan baik dan benar. Namun, jika sadar akan hal itu, Bosque bisa mencegahnya dengan menghindari kemacetan atau membawa beban berat dan selalu mengecek sistem pendinginan mobil.

3. Adanya Pencemaran Kotoran dan Debu

Penyebab berikutnya yaitu mesin mobil yang terkontaminasi kotoran dan debu dalam waktu lama. Tentunya Bosque perlu memperhatikan penyebab satu ini, jika mengoperasikan mobil di lingkungan yang kotor seperti pertambangan, pabrik, dan konstruksi. 

4. Pemilihan Oli Kurang Tepat

Setiap kendaraan bermotor seperti mobil, untuk pemilihan olinya harus diperhatikan, jangan asal-asalan memilih. Biasanya dalam pemilihan oli, sudah ada rekomendasi dari pabrik dengan kualitas dan kecocokan pada mesin mobil. Sehingga, jika menggunakan oli dengan kualitas kurang baik, lebih rentan memunculkan kerak.

5. Jarang Mengganti Oli

Adapun penyebab munculnya kerak pada mesin mobil lainnya yaitu ketika Bosque sekalian jarang mengganti oli dalam jangka waktu berbulan-bulan. Sehingga perlu adanya pergantian oli secara teratur sesuai jadwal yang sudah ditentukan pihak bengkel. 

Baca juga; 61 Komponen Mesin Mobil: Fungsi dan Detail Lengkap

Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Setelah Bosque tahu penyebabnya, sekarang harus memahami cara membersihkan kerak oli yang ada di mesin mobil ketika sudah muncul kerak-kerak yang menumpuk. Supaya lebih paham, bisa mengikuti langkah-langkah membersihkan kerak oli di bawah ini.

1. Persiapan Alat Pembersih Mobil

Pertama-tama, Bosque sekalian harus mempersiapkan peralatan untuk membersihkan kerak-kerak mesin mobil. Adapun alat-alat yang perlu dipersiapkan, yakni sikat, spons, selang, ember, kuas, lap microfiber, lap plas chamois, dan air bersih. 

2. Menyediakan Cairan Khusus Pembersih 

Cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil yang ampuh bisa dibarengi dengan memberikan cairan khusus pembersih. Lalu, untuk cairan pembersih tersebut, memiliki beberapa pilihan, antara lain:

  • Engine Flush

Cairan pembersih khusus mesin ini akan membersihkan bagian karter mesin dan jalur oli. Selain itu, cairan ini bisa juga digunakan untuk membersihkan karbon dan gumpalan oli pada ring piston.

  • Grease Oil

Cairan yang berguna untuk membersihkan noda oli pada mesin. Sehingga mencegah timbulnya kerak-kerak yang membandel.

  • Engine Degreaser

Cairan pembersih ini berbahan dasar solvent dengan tekstur yang keras. Kemudian cairan ini akan berguna untuk melarutkan kerak oli atau kotoran yang menempel pada mesin mobil.

  • Engine Conditioner

Cairan pembersih ini berbentuk foam dan lembut tentunya jika dibandingkan cairan engine degreaser. Nantinya cairan ini akan membersihkan ruang pembakaran pada mesin dengan baik.

Baca juga; 4 Rekomendasi Oli Mesin Mobil yang Tahan Panas, Wajib Tahu!

3. Panaskan Mobil

Sebelum menerapkan cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil, sebelumnya Bosque harus memanaskan mesin terlebih dahulu. Nantinya panaskan mesin kurang lebih 15 menit agar proses pembersihan kerak oli dan kotoran lebih mudah. 

Setelah itu, matikan mesin dan diamkan kurang lebih 30 menit agar mesin dingin dan mengurangi arus listrik ketika dipanaskan. Kemudian, bersihkan permukaan mesin dengan kuas, sikat, dan kain lap. 

4. Melepaskan Aki Mobil

Selanjutnya jangan lupa untuk melepaskan aki mobil, dengan tujuan agar tidak ada arus listrik saat proses pembersihan berlangsung. Sehingga mencegah terjadinya kasus konsleting atau hal yang membahayakan.

5. Gunakan Cairan Pembersih

Berikutnya cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil yaitu menggunakan cairan pembersih seperti di atas. Jika menggunakan engine flush, masukkan cairan tersebut pada mesin sebelum mengganti oli atau masih terdapat oli sebelumnya. Kemudian panaskan mobil dan buang oli lama saat mesin masih panas.

Jika Bosque menggunakan engine conditioner, caranya dengan menyemprotkan cairan tersebut ke ruang pembakaran. Kemudian busa yang dihasilkan akan mempermudah pembersihan kerak mesin. 

6. Memasang Aki 

Cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil untuk langkah terakhirnya yaitu memasang kembali aki. Namun sebelum memasangnya, tunggu hingga mesin sudah kering dan bersih. Kemudian nyalakan mesin mobil untuk mengeringkan sisa-sisa air.

cakra motor 11

Sudah Tahu Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil?

Itulah beberapa penyebab munculnya kerak mesin mobil dan cara membersihkannya dengan benar. Jika Bosque ingin mencari oli mobil dengan kualitas yang standar pabrikan, bisa mengunjungi Cakra Motor 11. Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis aki dan oli dengan pelayanan yang terpercaya.

Di Cakra Motor 11, Anda bisa mendapatkan berbagai oli mobil yang sesuai kebutuhan karena mereka menjual berbagai merek oli. Selain produk oli mobil, terdapat juga aki mobil, air filter, dan lainnya.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait