Bagikan!

Rekomendasi Oli Toyota Camry, Berkendara Semakin Enjoy!

toyota camry hitam

Bosque yang belum berpengalaman soal mobil mungkin sedang cari rekomendasi oli Toyota Camry yang bagus. Toyota memang jadi salah satu pabrikan mobil asal Jepang paling populer dan banyak penggunaannya di Indonesia. Nah, biar Bosque nggak sampai salah pilih oli dan merusak mesin, yuk simak rekomendasinya!

Rekomendasi Oli Toyota Camry

Ada beberapa rekomendasi oli untuk Toyota Camry yang memenuhi standar. Spesifikasi lengkap, manfaat, dan kisaran harga olinya bisa Bosque lihat di bawah ini!

1. Shell Helix Ultra 5W30

Rekomendasi pertama adalah Shell Helix Ultra 5W30 yang sudah memenuhi standar API SP, SN, SN Plus, hingga ILSAC GF-GA. Sebagai oli full synthetic, produk ini mampu menjaga kestabilan kekentalannya. Produk ini juga mampu melindungi mesin dari korosi, lumpur, dan oksidasi.

Waktu Bosque pakai oli satu ini, perjalanan akan terasa lebih nyaman dengan performa maksimal di setiap hentakan. Bahkan, oli bakal memberi perlindungan pada suhu tinggi di mesin. Harganya sendiri sekitar Rp520.000,00 untuk ukuran 4 liter.

2. Total Quartz 9000 Future

Rekomendasi oli Toyota Camry lainnya adalah Total Quartz 9000 Future. Produk ini sudah memenuhi standar SAE 53-30, ILSAC GF-GA, dan API SP. Oli ini cocok buat berbagai jenis dan tipe mobil, termasuk Toyota Camry. Kalau Bosque pakai produk ini, mesin akan terlindungi dari berbagai masalah kerusakan.

Lewat viskositas yang rendah starter kendaraan akan terasa lebih mudah bahkan di suhu rendah sekalipun. Oli ini juga akan menjaga mesin tetap awet dan tahan lama. Serta akan menghemat bahan bakar hingga 4%. Harga dari oli satu ini adalah sekitar Rp460.000,00 untuk ukuran 4 liter.

3. PTT Performa Synthetic Plus 

Berikutnya adalah oli yang juga nggak kalah bagus dari 2 tipe sebelumnya, yaitu PTT Performa Synthetic Plus. Oli ini sudah memenuhi kualifikasi SAE 5W-30, API SP, dan ILSAC GF-6A. Produk satu ini bisa melindungi mesin mobil kendaraaan dan membuatnya memiliki performa maksimal.

Apalagi, oli ini punya teknologi EVOTEC yang sangat ampuh dalam upaya perlindungan maksimal. Pelumasan bakal terjadi secara menyeluruh. Jadi, mobil akan terjaga dari gesekan dan panas. Harganya sendiri sekitar Rp260.000,00 untuk ukuran 4 liter.

4. Q8 Formula Special D1 5W-30

Oli Q8 Formula Special D1 5W-30 cukup kompatibel dengan Toyota Camry dan memenuhi spesifikasi ILSAC GF-5/6A dan API SN/SN Plus/SP. Pelumas mesin sintetis berkinerja tinggi ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

Oli ini juga bisa meningkatkan durasi pengurasan sekaligus menawarkan pencegahan korosi dan karat premium. Serta mampu meningkatkan kebersihan mesin dan memastikan operasi masih maksimal di suhu juga tekanan tinggi sekalipun.

5. Q8 Formula Spesial D1 FE 0W-20

Rekomendasi oli Toyota Camry berikutnya adalah Q8 Formula Special D1 FE 0W-20. Ini adalah oli mesin sintetis performa tinggi yang bisa menghemat bensin dan meningkatkan durasi pengurasan. Oli mesin ini telah memenuhi spesifikasi API SN/SN Plus/SP/SP-RC dan ILSAC GF-5/6A.

Q8 Formula Special D1 FE 0W-20 memiliki sistem pembersihan mesin canggih di kelasnya. Oli ini akan meningkatkan ketahanan mesin dan menghindari keausan mesin. Harganya sendiri sekitar Rp240.000,00 untuk ukuran 1 liter.

6. Pelumas TMO 5W-30 SN GF-5

Pelumas ini dibuat khusus buat kendaraan Toyota yang memiliki VVT-i. Serta punya teknologi Actifilm Technology Double Protection. Jadi, sangat ideal buat berbagai tipe mobil. Termasuk Toyota Agya, Calya, Avanza, Innova, juga Camry. TMO sendiri tersedia dengan harga mulai dari Rp80.000,00 hingga Rp170.000,00.

Baca juga; 5 Rekomendasi Oli Toyota Raize Terbaik untuk Mesin

Tips Mengganti Oli Toyota Camry

Nggak cukup cuma tahu rekomendasi oli Toyota Camry, Bosque juga harus paham gimana cara ganti oli yang benar. Biar nggak sampai salah langkah, yuk ikuti langkah-langkah berikut!

1. Siapkan Mobil

Periksa apakah Camry Bosque terparkir di permukaan tanah yang rata atau nggak. Lalu, pastikan mesin dalam keadaan dingin dan mesinnya memang sudah mati. Karena mengganti di keadaan panas bisa merusak komponen mesin lainnya.

2. Buka Kap Mobil

Selanjutnya, buka kap mobil depan dan kencangkan dengan pengait yang ada di samping kap mesin. Lalu, buka tutup pengisi oli mesin.

3. Tiriskan Oli

Tempatkan wadah penguras oli di bawah wadah yang sudah ada. Kemudian, gunakan kunci pas atau soket dan lepaskan tutup pembuangan dari bawah. Biarkan oli lama terkuras seluruhnya. Waktu oli sedang Bosque kuras, lepaskan filter oli menggunakan kunci pas.

4. Ganti Filter Oli

Oleskan sedikit oli ke gasket karet filter oli pengganti. Pasang filter oli baru hingga terpasang dengan benar, ya. Tapi, Bosque sebaiknya nggak kencangkan filter oli secara berlebihan.

5. Ganti Oli

Selanjutnya, kencangkan penyumbat pembuangan pakai kunci pas. Lepaskan tutup pengisian oli dari tempatnya. Lalu, isi lubang pengisi dengan salah satu rekomendasi oli Toyota Camry pilihan Bosque secukupnya. Bosque bisa pakai corong agar lebih mudah dan nggak tercecer.

6. Periksa Level Oli

Setelah selesai, tutup pengisi oli dan hidupkan mesin. Biarkan sampai dingin selama beberapa menit sebelum mematikannya dan memeriksa level oli pakai tongkat celup. Tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan untuk mendapatkan tingkat yang Bosque butuhkan.

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Filter Oli Mobil Bocor yang Wajib Diketahui

cakra motor 11

Mana Rekomendasi Oli Toyota Camry yang Bosque Pilih?

Umumnya, oli mesin bisa Bosque ganti setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali. Bisa juga setiap 10.000 km atau setahun sekali jika menggunakan oli berkualitas.  Ingat! Bosque harus hindari oli palsu dan beli produk bengkel di bengkel yang terpercaya. 

Salah satu rekomendasi bengkel berkualitas adalah Cakra Motor 11. Selain punya banyak banget jenis produk yang terjamin original, Cakra Motor 11 juga sudah punya banyak cabang. Termasuk di Gading Serpong hingga Bekasi. Bosque bahkan bisa beli lewat toko online. Tunggu apa lagi? Yuk, beli oli sekarang juga!

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Di tahun 2023 Cakra Motor 11 telah memiliki 7 cabang di Taman Surya, Jakarta Kota, Gading Serpong, Blok M Mall, Cinere Segar, ITC Fatmawati, dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait