Bagikan!

5 Rekomendasi Aki yang Baik untuk Mobilio, Awet dan Tahan Lama

aki yang bagus untuk mobilio

Apa aki yang bagus untuk Mobilio? Aki yang bagus untuk Honda Mobilio adalah aki yang memiliki kapasitas 12V yang setara dengan 35 Ampere. Aki yang dipakai pada Mobilio pun sudah berjenis MF atau yang biasa disebut dengan aki kering yang ramah perawatan. Selain itu, aki tersebut harus diganti setiap 18 bulan sekali. 

Ada beberapa merek aki untuk Mobilio yang dijual di pasaran jika Bosque hendak mengganti aki lama dengan yang baru. Nah, apa saja merek aki mobil yang baik untuk Mobilio? Simak rekomendasi dan cara merawatnya berikut ini.

5 Merek Aki Mobil yang Baik untuk Mobilio

Untuk mengganti aki dari mobil, pastikan jenis dari aki sebelumnya sesuai dengan aki yang akan kamu beli. Di sini akan ditampilkan 5 merek aki mobil yang baik untuk Mobilio.

1. Amaron NS40ZL

Amaron sendiri merupakan merek aki yang memiliki beragam kapasitas mulai dari 35Ah sampai 100 Ah. Untuk Mobilio, Bosque bisa pakai aki Amaron NS40ZL. Aki Amaron NS40ZL mempunyai rentang harga Rp850 ribuan dengan beberapa keunggulan sebagai berikut: 

  • Tanpa perawatan apapun karena merupakan jenis aki MF (maintenance free).
  • Toleransi terhadap panas sangat tinggi karena menggunakan senyawa kalsium yang tahan terhadap panas.
  • Memiliki garansi yang lama.

2. GS ASTRA NS40ZL

Pasti Bosque tidak asing dengan merek aki ini karena ada banyak orang memakainya. Aki jenis maintenance free atau aki kering ini sangat mudah perawatannya. Rentang harga dari merek ini yaitu sekitar Rp600 ribuan. Kelebihan dari aki ini antara lain:

  • Terkenal berkualitas.
  • Memiliki daya tahan yang lama alias air aki tidak cepat habis.
  • Harganya terjangkau.

3. Yuasa NS40ZL

Yuasa ini adalah salah satu merek aki yang bagus untuk Mobilio. Rentang harga dari Yuasa NS40ZL adalah Rp800 ribuan, sedangkan kelebihannya yaitu:

  • Material yang digunakan berkualitas.
  • Dirakit secara sistematis.
  • Memiliki sambungan plat yang presisi.

4. Incoe MF NS40ZL

Aki merek ini adalah aki kering yang memiliki tegangan 12 volt yang setara dengan 35 Ah. Merek aki ini adalah pembaruan dari aki sebelumnya yang tergolong aki basah. Rata-rata harga dari aki ini adalah sekitar Rp750 ribuan. Untuk Kelebihan dari merek aki ini adalah sebagai berikut:

  • Tahan lama karena tergolong aki kering.
  • Mudah dirawat.

5. Sail 55B19L

Aki jenis ini memiliki kapasitas 40 Ah atau setara dengan 12 volt, yang cocok untuk Mobilio apabila komponen mobilnya terdapat tambahan aksesoris yang membutuhkan banyak listrik. Sebagai informasi, meski aki bawaan Mobilio sebesar 35 Ah, Bosque tetap bisa menggunakan aki berkapasitas 40-45 Ah.

Aki Sail 55B19L ini memiliki harga jual sekitar Rp850 ribuan dengan keunggulan sebagai berikut:

  • Bebas perawatan.
  • Memiliki garansi yang lama.

Baca juga; 5 Daftar Oli Mobil Honda Mobilio Yang Paling Recommended

Tips Merawat Aki Mobil Mobilio

Setelah mengetahui beberapa aki yang bagus untuk Mobilio, terapkan juga 4 tips merawat aki pada mobil Mobilio.

1. Memeriksa Bagian Terminal pada Aki Mobil

Bagian dari terminal aki adalah penghubung antara kutub positif dan negatif. Nah karena ada banyak sekali kabel yang di terminal aki, tidak menutup kemungkinan jika ia mudah rusak karena bakteri atau debu. 

Bosque bisa saja membersihkannya sendiri tanpa harus memanggil montir, yaitu dengan cara menggosoknya dengan sikat gigi menggunakan air panas agar debu bisa hilang dengan cepat.

2. Sering Memanasi Mobil

Ketika Bosque membeli aki untuk mobil, itu artinya aki perlu diisi dayanya, yaitu dengan memanaskan mobil. Meskipun Bosque tidak sedang ingin bepergian, tetap perlu untuk rutin memanaskan mobil.

Sebaiknya, Bosque harus bisa melakukan itu setiap hari. Jika memang Bosque sibuk, Bosque bisa meminta tolong kepada orang lain untuk memanaskan mobilnya.

Baca juga; Oli Mobil Honda Mobilio HCF-2 3,5LT Jadikan Mesin Umur Panjang

3. Rajin Memeriksa Tegangan Aki 

Karena aki Honda Mobilio umumnya adalah aki kering, maka sering-seringlah untuk memeriksa tegangan dari aki ini. Kamu bisa melakukan charging apabila voltase dari aki sudah mulai turun.

4. Pilih Aki yang Sama dengan Spesifikasi Mobilio

Ketika membeli aki untuk Mobilio, Bosque harus tahu apakah aki tersebut aki yang baik untuk Mobilio atau tidak. Pastikan juga voltase aki yang digunakan untuk menghidupkan komponen pada mobil tidak melebihi batas.

Ketika sedang membeli aki, jangan tergiur dengan harga murah yang tidak masuk akal karena bisa jadi aki tersebut bekas. Aki bekas ini adalah aki yang biasanya telah rusak namun bisa diperbaiki kembali.

cakra motor 11

Pahamkah Bosque tentang Aki yang Baik untuk Mobilio

Sekian informasi mengenai aki mobil yang baik untuk Mobilio. Semoga artikel ini dapat membantu Bosque untuk mengetahui beberapa jenis dan merek dari aki yang pas untuk Mobilio.

Nah, dari semua merek aki Mobilio diatas, Amaron merupakan salah satu aki yang bisa jadi pilihan. Bosque bisa kunjungi laman Cakra Motor 11 jika ingin cari aki Amaron yang pas untuk Mobilio serta jangan ragu dengan kredibilitas dan kualitas aki dari cakramotor11.com.

Cakra Motor 11 adalah bengkel spesialis oli dan aki mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1990, cabang pertama Cakra Motor 11 berdiri di ITC fatmawati. Cakra Motor 11 telah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan setia kami.

#SejutaPersenOriginal

Artikel Terbaru

Artikel Terkait