Bagikan!

Penyebab dan Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi Berdecit

fan belt mobil

Pernahkah mobil Bosque terdengar bising atau bersuara decitan saat dikendarai? Kalau pernah, bisa saja suara itu muncul karena fan belt rusak. Bosque harus tahu cara mengatasi fan belt mobil bunyi yang tepat agar tidak malah bikin beberapa mesin mobil yang saling terhubung tidak bisa digunakan. 

Tapi, Bosque juga penasaran apa penyebab bunyi bising pada fan belt? Tenang saja, artikel ini bakal bahas semua kemungkinan penyebab dan cara mengatasi fan belt mobil bunyi secara singkat tapi lengkap khusus Bosque. Baca sampai selesai, ya!

4 Penyebab Fan Belt Mobil Bunyi

Ada beberapa penyebab yang bikin fan belt atau yang biasa disebut tali kipas ini selalu memiliki umur yang singkat. Salah satunya adalah karena fan belt terletak di tempat yang terbuka dan sering kali terkena cipratan atau genangan air. Tapi, secara spesifik berikut ini adalah penyebab fan belt pada mobil bunyi.

1. Kondisi Fan Belt yang Kotor

Fan belt yang kotor akan mudah mengalami kerusakan. Kotoran dalam bentuk debu, pasir, dan tanah yang menempel di sekitar fan belt bisa bikin kinerjanya terganggu. Misalnya menyebabkan gesekan berlebihan dan keausan pada permukaan fan belt serta menghambat pergerakan pulley dan tensioner dalam sistem penggerak belt.

2. Perawatan yang Salah

Penyebab kedua adalah perawatan yang salah, di mana biasanya orang awam membersihkan fan belt dengan sabun cuci piring. Padahal, penggunaan sabun akan menyulitkan proses cara mengatasi fan belt mobil bunyi. Sabun bisa bikin fan belt getas atau putus.

3. Usia Pemakaian

Meskipun memiliki umur simpan yang pendek, jika Bosque bisa merawat fan belt dengan benar, maka fan belt akan awet. Namun, seiring berjalannya waktu, fan belt tetap akan mengalami keausan dan getas. Bunyi decitan tetap akan terdengar pada kendaraan Bosque.

4. Adanya Beban dan Pulley yang Seret

Penyebab terakhir yang membuat fan belt berbunyi decitan sampai akhirnya putus adalah beban terlalu berat dan bukaan pulley yang seret. Jika Bosque membiarkan kondisi ini dalam waktu lama, maka fan belt akan cepat aus.

Sedangkan faktor yang menyebabkan pulley seret adalah bukaan pada pulley yang terlalu kering. Jadi, usahakan Bosque untuk sering mengecek apakah fan belt masih awet atau tidak agar Bosque tidak terkena kendala saat memakai mobil kesayangan di jalan.

Baca juga; 61 Komponen Mesin Mobil: Fungsi dan Detail Lengkap

3 Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi

Setelah tahu beberapa penyebabnya, cara yang paling ampuh untuk mengatasi bunyi decitan pada tali kipas adalah dengan mengganti komponennya. Tetapi, ada beberapa cara mengatasi fan belt mobil bunyi yang bisa Bosque lakukan. Berikut ini tips dan trik ampuhnya!

1. Memberikan Air Sabun Khusus Mesin

Jika Bosque sudah mendengar decitan pada fan belt, maka Bosque bisa menyemprotkan air sabun khusus mesin ke area kipas fan belt. Sebab, air sabun dapat meredam suara decitan sehingga nggak bakal mengganggu pengalaman berkendara Bosque.

2. Mengoleskan Pelumas atau Oli

Selain dengan air sabun, cara supaya fan belt licin adalah mengoleskan pelumas atau oli pada sekitar fan belt. Tapi, Bosque juga harus memperhatikan jumlah oli yang dioleskannya, di mana kami tidak menyarankan untuk mengoleskan oli secara berlebihan. Karena nantinya bisa bikin fan belt selip dan malah berbunyi lagi.

3. Rutin Melakukan Pengecekan dan Penggantian

Cara mengatasi fan belt mobil bunyi yang ketiga adalah Bosque harus sering melakukan pengecekan. Jika fan belt sudah punya tanda-tanda akan aus, Bosque harus segera menggantinya dengan yang baru. Dengan sering mengecek, Bosque bisa memberi perawatan mobil lebih lanjut sebelum mengalami keausan.

Berhubung umur simpan fan belt memang relatif singkat, maka Bosque jangan lupa untuk mengganti fan belt jika sudah terlalu kering. Biasanya, penggantian fan belt dilakukan saat mobil sudah mencapai 2.000 sampai 4.000 km. Selain itu, jika Bosque akan mengganti tali kipas tersebut, usahakan ganti di bengkel resmi, ya!

Baca juga; Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

4 Cara Mencegah Fan Belt Mobil Bunyi

Nggak cuma harus paham dengan cara mengatasi fan belt mobil bunyi, Bosque juga perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan juga, lho. Sebelum masalah terjadi, ada baiknya Bosque menjaga supaya mobil tetap aman tanpa suara bising. Berikut ini tips merawat fan belt mobil:

  • Perhatikan kilometer mobil yang Bosque miliki. Lakukan penggantian setiap 2.000 sampai 4.000 km sekali.
  • Rutin memberikan pelumas atau oli maupun dressing ke area fan belt.
  • Sebisa mungkin hindari jalanan becek atau tergenang air sehingga bisa meminimalisir kerusakan. Sebab, kerusakan biasa terjadi akibat fan belt terlalu sering terkena cipratan air.
  • Jika Bosque terpaksa melewati genangan air, maka pelankan laju mobilnya. Cara tersebut membuat mobil tidak terjadi benturan terlalu keras dengan air.

Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi yang Mudah dengan Cakra Motor 11!

Dari penjelasan poin-poin di atas, sekarang Bosque jadi tahu cara mengatasi fan belt mobil bunyi, bukan? Kalau nggak mau repot, Bosque bisa kunjungi tempat service Cakra Motor 11 yang juga punya banyak produk onderdil mobil dan motor.

Bosque bisa mendapatkan berbagai paket oli dengan harga yang terjangkau. Cakra Motor 11 punya stok oli yang lengkap dan berkualitas, seperti Paket Oli Honda 500 dan Grease. Jadi, Bosque bisa memperbaiki masalah permesinan sendiri di rumah kapan pun!

Artikel Terbaru

Kemitraan Bengkel

Artikel Terkait