Bagikan!

Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

cara menyalakan ac mobil yang benar

cara menyalakan ac mobil yang benar

Memahami cara menyalakan AC mobil yang benar bisa bantu pendingin bertahan lebih lama dan nggak membebani kinerja mesin. Seperti yang Bosque tahu, kalau mesin bekerja lebih keras dari biasanya, maka bakal mempercepat keausan dan ketegangan pada komponen otomotif lainnya.

Nah, karena keberadaan AC di mobil sangat penting agar si pengendara dan penumpang lebih nyaman. Maka, sebagai pemilik mobil, Bosque juga harus tahu gimana cara pakai AC biar tetap awet dan bekerja maksimal. Yuk, cari tahu di sini!

Kesalahan Cara Menyalakan AC Mobil

Kesalahan paling umum yang biasa pengemudi lakukan saat menyalakan AC adalah langsung menyetel ke suhu paling dingin saat memasuki mobil. Cara paling efektif untuk mendinginkan mobil adalah dengan membuka pintu dan jendela terlebih dulu selama kurang lebih 1 menit agar semua sistem mobil bisa terhubung. 

Setelah 1 menit, tutup semua pintu dan jendela dan nyalakan AC pada suhu paling dingin. Cara menyalakan AC mobil yang benar ini bisa Bosque gunakan kalau mobil punya pengaturan AC otomatis. Waktu pakai sistem Auto, kabin akan bakal tetap sejuk dan sirkulasi udara dari luar tetap berjalan sehingga kaca tidak berkabut.

Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar

Biar bisa menjaga AC mobil tetap awet, Bosque harus memahami cara menjalankannya dengan benar. Berikut langkah-langkah lengkap yang bisa Bosque ikuti.

1. Hidupkan Mesin Mobil Dulu

Berhati-hatilah saat menghidupkan mesin mobil sebelum menyalakan AC. Waktu mesin mobil hidup, jangan langsung nyalakan AC karena bisa menurunkan performa mesin.

Kok bisa? Sebab, kopling magnet bekerja lebih keras saat putaran mesin rendah. Sehingga akan akan membebani kinerja mesin. Bosque harus tunggu sekitar 10 sampai 15 detik sampai mesin mobil sudah selesai pemanasan. Setelah, itu baru Bosque bisa nyalakan AC.

2. Nyalakan AC

Menyalakan AC tanpa membiarkan suhu mesin naik lebih dulu atau menyalakan AC pada putaran mesin tinggi akan berdampak buruk pada gesekan kopling magnet. Sehingga jadi kasar atau keras.

Karena itu, setelah Bosque menyalakan mesin mobil, cara menyalakan AC mobil yang benar adalah dengan memastikan kecepatan mesin sedang. Lalu, tunggu sampai suhu mesin naik secara bertahap. Hal tersebut bertujuan buat menghindari kerja kopling magnet yang berlebihan waktu RPM mesin rendah.

3. Ubah Suhu dan Putaran Kipas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Bosque perlu buka jendela mobil selama 20 detik – 1 menit untuk mengurangi suhu di dalam kabin yang terlalu panas. Kalau sudah memastikan jendela mobil terbuka, nyalakan blower AC selama kurang lebih 15 detik.

Langkah ini bisa buat kabin yang terlalu panas jadi dingin hingga mencapai suhu ruangan. Hasilnya, AC akan bekerja lebih efisien dan tahan lama. Waktu suhu kabin sudah sudah tidak terlalu panas, tutup jendela mobil dan nyalakan kompresor AC.

4. Jangan Buka Jendela

Cara menyalakan AC mobil yang benar adalah jangan buka jendela. Bosque harus tutup rapat kaca jendela mobil waktu menyalakan AC untuk memastikan suhu yang AC keluarkan bisa menyebar secara merata. 

Selain itu, menutup kaca mobil juga bisa mencegah masuknya debu dan polusi ke dalam kabin mobil yang bisa merusak sistem AC karena penyumbatan. Polusi udara juga berpotensi mengganggu kesehatan. Jadi, untuk kesehatan mobil dan tubuh Bosque sendiri, hindari membuka jendela.

5. Jangan Nyalakan AC Saat Mobil dalam Keadaan Mati

Sebaiknya, Bosque nggak menyalakan AC waktu mobil dalam keadaan mati agar bisa bertahan selama mungkin. Kenapa begitu? Karena hal itu bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih cepat pada kompresor AC.

Apa yang menyebabkan kerusakan ini terjadi? Sebab, mobil akan menganggap suhu di dalam kabin terlalu tinggi. Jadi, kompresor AC bakal mendapat perintah untuk bekerja lebih keras.

6. Hindari Mengarahkan Kisi-Kisi AC ke Arah Pengemudi

Cara menyalakan AC mobil yang benar berikutnya adalah jangan mengarahkan kisi-kisinya ke arah pengemudi secara langsung agar mendapatkan suhu yang sejuk. Soalnya, cara ini justru bakal mempersulit pendinginan suhu panas di dalam mobil.

Akan jauh lebih ideal kalau Bosque mengarahkan kisi-kisi ke arah atap. Tujuannya untuk memastikan udara mendingin dengan cepat dan merata di seluruh kabin mobil.

7. Jangan Nyalakan AC Saat Kecepatan Mobil Tinggi

Terakhir, Bosque sebaiknya nggak menyalakan AC saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Kenapa begitu? Karena saat mobil melaju kencang, putaran mesin juga ikut kencang.

Sedangkan kompresor AC dalam keadaan mati dan saat AC hidup kompresor harus bekerja sesuai dengan putaran mesin yang cepat tersebut. Akibatnya, kompresor AC akan lebih cepat mengalami aus.

Sudah Tahu Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar?

Intinya menyalakan AC mobil bukan hal yang rumit. Cukup nyalakan mesin, geser tuas AC ke posisi ‘ON’, kemudian atur suhu dan kipas sesuai keinginan. Namun, jangan langsung set suhu AC ke paling dingin karena akan terjadi pembekuan di dalam. Lebih baik mulai dari suhu yang standar dan tingkatkan pelan-pelan.

Jadi, perjalanan akan terasa lebih adem dan Bosque bisa nyaman di dalam mobil. Hal yang nggak kalah penting adalah merawat semua komponen AC. Jangan pernah meremehkan pentingnya perawatan AC mobil. 

Bosque harus melakukan pengecekkan pada AC secara berkala. Sebaiknya setiap 10.000 kilometer untuk pemeliharaan kecil. Serta setiap 20.000 hingga 40.000 kilometer untuk pemeliharaan besar. Lakukan juga pembersihan filter dan segera pergi ke tempat servis jika AC mengalami penurunan fungsi.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait